Resep Cimplung Singkong, Kudapan Jadul yang Legit, Empuk, dan Menggugah Selera

Reporter : Arifina
Sabtu, 11 Mei 2024 14:17
Resep Cimplung Singkong, Kudapan Jadul yang Legit, Empuk, dan Menggugah Selera
Sudah pernah coba belum? Rasanya begitu lembut dan legit lho!

Resep cimplung singkong bisa menjadi pilihan menarik untuk membuat dessert yang lezat. Ya, cimplung adalah salah satu kudapan tradisional yang terkenal dengan kelezatannya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Cimplung terbuat dari singkong rebus, kemudian disajikan dengan saus gula merah kental yang manis. Kudapan jadul satu ini cocok dinikmati sebagai hidangan penutup.

Meski umumnya terbuat dari singkong, namun olahan cimplung ini cukup beragam dan bisa dibuat dari umbi-umbian lainnya. Selain singkong, cimplung bisa dibuat dari bahan ketela, sukun, ubi jalar talas, atau umbi lainnya hingga pisang yang direbus dan diberi saus gula merah yang lezat.

 

1 dari 7 halaman

Resep Cimplung Singkong

Cimplung umumnya banyak dijumpai di wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Keunikan rasanya ini menjadikan cimplung anyak iburu Ketika berkunjung ke wilayah wisata tersebut.

Tak hanya lezat, cimplung singkong juga kaya akan nutrisi. Bahan Utama singkong sendiri kaya akan karbohirat, mengandung itamin A, C, dan B6, serta mineral, kalium, magnesium, dan zat besi yang baik untuk tubuh.

 

2 dari 7 halaman

Sederhananya, cimplung cukup disajikan dengan saus gula merah saja. Namun, jika ingin berkreasi kamu bisa menambahkan aneka topping lezat lainnya lho!

Misalnya, menambahkan taburan kelapa parut, keju parut, chrumbs oreo, dan chocochips, dan lainnya ke olahan singkong satu ini. Tertarik mencoba? Simak resepnya berikut yuk!

 

3 dari 7 halaman

Resep Cimplung Singkong

Resep Cimplung Singkong

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat cimplung ini tidak banyak. Cukup siapkan singkong dan gula merah saja sebagai yang Utama.

Hanya saja, proses pembuatan cimplung memang cukup memakan waktu. Pasalnya, dalam mengolahnya kamu perlu merebus singkong cukup lama agar mendapati tekstur rasa yang benar-benar empuk sempurna.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram singkong
  • 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 4 sdm gula merah
  • 2 sdm gula pasir (secukupnya)
  • 1/2 sdt garam
  • Air

 

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Cimplung Singkong

Langkah awal, siapkan singkong, kupas kulitnya hingga bersih. Kemudian, cuci sampai bersih dan potong-potong kotak, sisihkan.

Siapkan panci, beri air secukupnya dan didihkan. Masukkan singkong, daun pandan, dan beri sedikit garam. Rebus hingga singkong terlihat setengah matang.

Kemudian, sisir gula merah, lalu masukkan ke dalam rebusan singkong. Aduk-aduk, tambahkan gula pasir, dan masak dengan api kecil saja hingga singkong empuk dan gula meresap sempurna.

 

5 dari 7 halaman

Resep Cimplung Singkong

Pastikan kamu melanjutkan memasaknya hingga kuahnya mengental dan menyusut. Matikan api, dan angkat.

Nah, cimplung singkong siap dipindahkan ke piring saji dan disajikan selagi hangat. Kamu bisa menambahkan santan ental manis sebagai pelengkapnya agar lebih gurih lho!

 

6 dari 7 halaman

Kamu bisa membuat kreasi cimplung singkong dengan berbagai tambahan topping atau rasa menarik lainnya. Misalnya, menambahkan taburan keju parut, kacang tanah cincang, kacang almond, chrumbs, chocochips, ataupun menambah rasa durian hingga susu.

Begitu mudah bukan cara buatnya? Itulah resep cimplung singkong yang bisa kamu recook untuk sajian dessert di rumah yang mengenyangkan dan lezat. Selamat mencoba!

Beri Komentar