Resep Dendeng Ragi, Dagingnya Empuk dengan Gurih dan Wangi Serundeng yang Menggugah Selera

Reporter : Arifina
Rabu, 15 Mei 2024 17:00
Resep Dendeng Ragi, Dagingnya Empuk dengan Gurih dan Wangi Serundeng yang Menggugah Selera
Lezat, empuk, gurih untuk menu makan siang nih!

Ingin masak olahan daging sapi? Resep dendeng ragi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dendeng ragi adalah salah satu hidangan khas dari Jawa Timur yang kaya akan cita rasa dan aroma rempah. Makanan ini terbuat dari daging sapi, kemudian diolah dengan bumbu khas serta kelapa parut yang diolah menjadi serundeng.

Dendeng ragi dikenal sebagai salah satu masakan khas dari Jawa Timur. Tekstur daging yang empuk yang berpadu dengan gurih, manis, dan sedikit rasa pedas dari campuran serundeng kelapa ini begitu lezat dinikmati bersama nasi hangat.

Penampilan dari dendeng ragi sekilas tampak seperti empal gepuk khas Jawa Barat. Namun, yang membedakan adalah pada tambahan topping serundeng khas gurihnya ini.

 

1 dari 6 halaman

Resep Dendeng Ragi

Perpaduan cita rasa yang dihasilkan dari dendeng ragi didapatkan dari proses marinasi daging sapi dengan bumbu rempah-rempah dan ragi. Dendeng ragi dapat dijadikan sebagai olahan masakan untuk hidangan acara-acara besar ataupun sekedar menu makan buat keluarga sehari-hari.

Nah, untuk membuat dendeng ragi ini tidaklah sulit. Hanya saja, memang cukup membutuhkan waktu karena adanya proses fermentasi daging yang menjadi kunci kelembutan dan kelezatan dendeng ragi.

Bahan ragi membantu memecah serat daging, sehingga teksturnya menjadi lebih empuk dan mudah dikunyah. Selain itu, ragi juga memberikan rasa khas yang tidak dimiliki oleh dendeng biasa. Yuk, simak langsung resepnya berikut!

 

2 dari 6 halaman

Resep Dendeng Ragi

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat dendeng ragi ini sebenarnya sangat sederhana. Namun, guna mendapati cita rasa yang lezat kamu harus memperhatikan proses marinasi daging ya.

Saat proses marinasi tersebut, maka rendam daging Bersama daging dan remas-remas hingga bagian sela-selanya terlumuri sempurna. Baru kemudian diolah menjadi masakan.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging sapi (iris-iris tipis)
  • 1 butir kelapa setengah tua (parut)
  • 200 ml air kelapa
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam

Bahan Bumbu Halus:

  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 200 gram gula merah (sisir)
  • 1 cm jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • 3 sdm air asam Jawa
  • 1 sdt jintan
  • 1 sdm ragi instan

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Dendeng Ragi

Resep Dendeng Ragi

Siapkan semua bahan bumbu halus, lalu blender atau ulek hingga benar-benar tercampur sempurna. Kemudian, siapkan daging, cuci bersih dan potong-potong tipis.

Masukkan potongan daging ke dalam bumbu halus. Remas-remas dengan semua bahan hingga tercampur rata.

Siapkan wajan, masukkan campuran daging dan bumbu halus. Lalu, tuangi dengan air kelapa dan santan.

 

4 dari 6 halaman

Masak daging dengan api sedang. Sesekali buka tutup wajan, dan aduk-aduk daging agar bumbu benar-benar meresap sempurna dan berubah warna.

Tambahkan parutan kelapa, daun jeruk, serai, gula pasir, dan garam. Aduk-aduk daging hingga tercampur rata.

Masak terus sampai kelapa berubah warna kuning kecoklatan dan kuahnya benar-benar mengering. Lalu, angkat untuk disajikan.

 

5 dari 6 halaman

Resep Dendeng Ragi

Tata daging di atas piring saji, dan taburi dengan serundeng yang banyak. Dendeng ragi siap disantap dengan nasi hangat.

Kamu bisa berkreasi untuk membuat hidangan dendeng ragi lebih lezat lho! Bila ingin rasa yang sedikit lebih pedas, bisa ditambahkan cabe rawit dan cabe merah sesuai selera dalam bahan bumbu halus sebelum dimasak.

Kamu juga dapat menyajikan olahan daging ini dengan menu pendamping lainnya. Misalnya, nasi uduk, tempe tahu orek, sayuran urap, dan yang lainnya.

Itulah resep dendeng ragi yang bisa kamu recook untuk menu makanan keluarga di rumah nih! Selamat mencoba ya!

Beri Komentar