Resep Ikan Mujair Bakar, Gurih dan Lezatnya Bikin Nagih

Reporter : Arifina
Selasa, 21 Mei 2024 10:00
Resep Ikan Mujair Bakar, Gurih dan Lezatnya Bikin Nagih
Simple dan mudah nih dibuatnya!

Resep ikan mujair bakar bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyajikan menu makanan keluarga yang praktis. Rasanya yang gurih, teksturnya yang lembut, dan aroma bakaran yang khas membuatnya digemari banyak orang.

Selain dibakar dengan berbagai bumbu ang lezat, ikan mujair juga dapat dinikmati dengan digoreng dan disantap bersama sambal dan lalapan. Nah, olahan ikan mujair bakar ini salah satu yang banyak dicari karena bisa dinikmati dengan aneka bumbu bakaran yang lezat.

Umumnya, bumbu untuk olahan ikan bakar satu ini adalah bumbu sambal kecap. Namun, kamu juga dapat mengkreasikannya dengan aneka bumbu lainnya, seperti sambal matah, sambal rujak, barbeque, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya lezat, ikan mujair juga banyak mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh. Di antaranya, kaya protein dan omega-3 yang baik untuk Kesehatan lho!

 

1 dari 7 halaman

Apa Saja Kandungan dalam Ikan Mujair?

Resep Ikan Mujair Bakar

Dilansir dari hellosehat.com, selain protein dan omega-3, dalam ikan mujair juga mengandung berbagai utrisi ainnya. Protein dan omega-3 sendiri baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Ikan mujair juga mengandung vitamin B12 yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Terdapat juga mineral yang disebut selenium, kandungan ni berfungsi untuk mendukung erbagai fungsi organ tubuh.

 

2 dari 7 halaman

Dalam ikan mujair juga terdapat sumber kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Mengandung fosfor yang penting untuk kesehatan gigi dan metabolisme tubuh.

Termasuk, kaya akan zat besi yang penting untuk mencegah anemia. Sehingga mengonsumsi ikan mujair akan banyak bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Nah, salah satu masakan yang bisa kamu olah adalah ikan mujair bakar nih! Cara buatnya mudah dan cepat. Simak resepnya berikut!

 

3 dari 7 halaman

Resep Ikan Mujair Bakar

Resep Ikan Mujair Bakar

Pastikan selalu memilih ikan mujair yang masih segar ya. Hal ini nantinya akan mempengaruhi hasil olahan agar lebih gurih dan nikmat.

Untuk resep di bawah ini, ikan mujair bakar bumbu kecap yang lezat untuk menu harian di rumah.

Bahan-Bahan:

  • 1 ekor (500 gram) ikan mujair
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm air perasan jeruk lemon
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdm air asam Jawa

Bahan Bumbu Halus:

  • 4 buah cabai eriting
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 sdt ketumbar sangrai
  • Garam
  • Minyak goreng

Bahan Sambal Kecap:

  • 5 buah cabai rawit (iris tipis)
  • 2 buah tomat (potong dadu kecil)
  • 2 siung bawang merah (iris tipis)
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm air jeruk lemon

 

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Ikan Mujair Bakar

Siapkan ikan mujair, cuci bersih. Kerat-kerat bagian tubuhnya, lalu lumuri dengan air jeruk lemon dan garam. Diamkan selama 10 menit di dalam kulkas.

Sembari menunggu ikan, siapkan bumbu-bumbu bakaran. Haluskan cabai. bawang merah, bawang putih. jahe, ketumbar, dan garam menggunakan lender atau diulek.

Kemudian, panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan air asam Jawa, aduk-aduk hingga merata. Matikan api.

 

5 dari 7 halaman

Resep Ikan Mujair Bakar

Tambahkan kecap manis, aduk-aduk sampai semuanya tercampur sempurna. Sisihkan terlebih dahulu.

Oleskan ikan dengan bumbu tumisan ke seluruh badan ikan. Pastikan bumbu terlumuri di badan ikan dengan merata.

Panaskan pangganagan, bakaran, atau bisa menggunakan teflon anti lengket. Olesi minyak sedikit saja pada permukaannya, lalu bakar ikan mujair dengan api sedang. 

Balik ikan setiap beberapa menit agar matang merata dan tidak gosong. Sesekali oleskan sisa bumbu marinasi pada ikan saat dibakar untuk menambah cita rasa. Angkat.

 

6 dari 7 halaman

Siapkan bahan sambal kecap, campurkan cabai rawit, tomat, bawang merah, kecap manis, dan air jeruk lemon dalam sebuah mangkuk. Aduk-aduk rata.

Sajikan olahan ikan satu ini dengan cocolan sambal kecap bersama nasi hangat. Kamu juga bisa menambahkan lalapan sayuran agar lebih nikmat lho!

Mudah dan simple bukan cara buatnya? Itulah resep ikan mujair bakar yang bisa kamu recook di rumah untuk menu masakan harian buat keluarga. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar