Resep Kue Mangkok Tepung Terigu, Jajanan Tradisonal Super Lembut dan Mekar yang Menggugah Selera

Reporter : Arifina
Jumat, 24 Mei 2024 09:17
Resep Kue Mangkok Tepung Terigu, Jajanan Tradisonal Super Lembut dan Mekar yang Menggugah Selera
Membuat kue mangkok mekar dan lezat ternyata mudah lho! Selain bahan Utama tepung beras, tambahan tepung terigu akan menambah kelezatan rasa.

Resep kue mangkok tepung terigu bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bila ingin menikmati sajian kue super lembut. Kue berbentuk seperti bunga mekar aneka warna ini kerap mencuri perhatian karena tampilannya yang menarik juga rasanya yang lezat.

Kue mangkok adalah salah satu jajanan tradisional yang cukup populer. Biasanya, kue ini dengan mudah ditemui di pasaran Bersama kue-kue basah.

Selain untuk camilan sehari-hari, kue mangkok juga sering dijadikan hidangan untuk acara-acara tertentu. Rasanya yang manis, dengan tekstur super lembut dan tampilan warna-warninya membuat sajian kue satu ini digemari banyak orang.

Pembuatan kue mangkok umumnya menggunakan bahan Utama tepung beras. Namun, kamu juga bisa menambahkan tepung terigu untuk hasil olahan kue yang lebih lezat.

 

1 dari 6 halaman

Siapa Pencipta Kue Mangkok?

Resep Kue Mangkok Tepung Terigu

Meski menjadi salah satu kue tradisional Indonesia, ternyata kue mangkok justru datang dari China Selatan sekitar abad ke-17. Kue warna-warni ni dibawa oleh para pedagang China yang memang melakukan bisnis ke wilayah Indonesia.

Jika di Indonesia dikenal sebagai kue mangkok, namun di China disebut sebagai kue fak kaw. Bentuknya benar-benar serupa, namun berbeda rasa.

Sebab, kue mangkok telah mengalami proses indigenisasi atau penyesuaian dengan cita rasa lokal. Biasnya, hidangan kue ini rutin ditemui saat momen perayaan Imlek.

Nah, penasaran cara buatnya? Simak resepnya berikut!

 

2 dari 6 halaman

Resep Kue Mangkok Tepung Terigu

Penambahan tepung terigu untuk ampuran tepung beras pada bahan pembuatan kue mangkok ini tentunya akan membuat cita rasa semakin lezat. Jika tidak ada tepung beras, kamu bisa mengganti bahan dengan nasi lho!

Tambahkan juga pasta warna makanan agar tampilan kue berwarna-warni dan cantik. Pembuatannya memang mudah, tapi cukup memakan waktu.

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram tepung beras/nasi
  • 1 butir telur
  • 225 ml santan
  • 180 gram gula pasir
  • 1 sdt ragi instan
  • 1/2 sdt garam
  • 50 ml minyak goreng
  • 3 sdm air
  • Pasta pandan (pasta pewarna makan lainnya)

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Mangkok Tepung Terigu

Resep Kue Mangkok Tepung Terigu

Campurkan tepung terigu, tepung beras, gula, ragi instan, telur, minyak goreng, dan santan. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah ampai tinggi selama 5 menit.

Jika adonan terasa berat tambahkan 3 sendok makan air. Kemudian, pisahkan adonan ke beberapa wadah lalu beri pasta pewarna makanan, misalnya pasta pandan, pasta merah, kuning dan lainnya sesuai selera.

Jika menggunakan nasi, maka campurkan nasi, garam, dan santan terlebih dahulu. Lalu blender hingga benar-benar halus, baru masukkan ke campuran adonan tepung terigu ya.

 

4 dari 6 halaman

Selanjutnya, diamkan adonan terlebih dahulu kurang lebih selama 45 menit. Jangan diaduk-aduk, cukup ditutup saja.

Siapkan cetakan, lalu ambil adonan dari bagian paling atas lalu tuang ke masing-masing cetakan. Lakukan hingga adonan habis, sambal panaskan kukusan terlebih dahulu.

Letakkan adonan kue mangkok yang sudah dicetak ke dalam kukusan. Lalu, kukus selama 10 menit dengan api besar, tutup kukusan.

Jangan buka tutup panic selama proses pengukusan. Setelah 10 menit, angkat kue dan keluarkan dari cetakan.

 

5 dari 6 halaman

Resep Kue Mangkok Tepung Terigu

Nah, kue mangkok warna-warni siap disajikan sebagai teman minum teh hangat atau kopi nih!

Selain aneka warna, kamu juga bisa membuat sajian kue dengan menambahkan beberapa topping lho!Misalnya saja, menambahkan topping kacang lmond, kismis, keju, dan yang lainnya untuk memperkaya rasa.

Mudah bukan cara buatnya? Itulah resep kue mangkok tepung terigu yang bisa kamu recook di rumah untuk menu camilan keluarga. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar