Resep Kue Pie Buah Enak yang Bisa Dibuat di Rumah

Reporter : Mila
Jumat, 27 Desember 2019 11:09
Resep Kue Pie Buah Enak yang Bisa Dibuat di Rumah
pie buah enak buatan sendiri tanpa perlu ribet.

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan hidangan satu ini, yang sering menjadi hidangan di berbagai acara. Ya, kue pie buah memang kudapan populer karena bentuknya yang cantik dan mungil. Tak heran jika kue pie buah selalu bisa mengundang selera orang yang melihatnya.

Membuat kue pie buah tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat vla dan kue, hingga potongan buah. Selanjutnya, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah dengan baik, kamu sudah bisa mendapatkan kue pie buah sesuai keinginan.

1 dari 3 halaman

Resep Kue Pie Buah

Cara membuat kue pie buah bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Cukup dengan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, kamu sudah bisa menikmati pie buah yang enak. Kamu bisa memilih cara membuat kue pie buah menggunakan oven ataupun tanpa menggunakan oven.

Bahan-bahan kue pie:

  • 300 gr tepung terigu
  • 150 gr margarin
  • 2 butir kuning telur
  • 70 gr gula halus
  • 1 sdm susu bubuk

Bahan-bahan vla:

  • 300 ml susu cair (boleh kemasan boleh murni)
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm margarin
  • 3 sdm tepung maizena
  • 2 butir kuning telur
  • 60 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Bahan-bahan topping buah:

  • Strawberry secukupnya
  • Buah jeruk kalengan 
  • Buah kiwi secukupnya

2 dari 3 halaman

Resep Kue Pie Buah dengan Oven

Cara membuat kue pie buah yang sering digunkan adalah menggunakan bantuan oven. Berikut cara membuat kue pie buah dengan oven yang harus kamu ikuti.

  1. Ambil satu wadah ukuran sedang. Masukkan tepung terigu yang sudah dipersiapkan, garam dan mentega. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan air dingin yang sudah dipersiapkan, lalu campur dengan bahan yang telah diaduk. Lalu diuleni supaya semua bahan benar-benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
  3. Masukkan adonan kulit pie ke dalam lemari pendingin kurang lebih selama 15-25 menit, lalu giling atau tipiskan adonan tersebut.
  4. Setelah itu, masukkan adonan kulit pie buah ke dalam cetakan pie yang sudah diolesi sedikit mentega. Tusuk bagian bagian bawah cetakan supaya saat dipanggang, kue pienya tidak mengembang dan tetap tipis sesuai cetakan.
  5. Siapkan oven dan hidupkan dengan api sedang kecil. Atur suhu 180-210 derajat celcius. Masukkan cetakan pie dan panggang sampai matang kurang lebih 20-30 menit.
  6. Selanjutnya buat vla. Ambil satu wadah lagi dan masukkan tepung maizena dan sebagian susu cair yang sudah dipersiapkan. Aduk aduk sampai tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan gumpalan tepung.
  7. Masukkan kuning telur yang sudah dipersiapkan. Aduk aduk lagi supaya tercampur sempurna dengan cairan susu dan tepung maizena.
  8. Ambil satu wadah rebusan lagi. Masukkan sisa susu cair yang sudah dipersiapkan dan gula kosternya. Nyalakan dengan api sedang kecil dan aduk aduk supaya kedua bahan tersebut benar benar tercampur sempurna. Sesekali diaduk aduk sampai mendidih.
  9. Masukkan adonan tepung maizena kedalamnya. Aduk lagi sampai tercampur sempurna dan mendidih lalu diangkat dan didinginkan.
  10. Langkah terakhir adalah proses pembentukan pie buah. Ambil kulit pie yang sudah didinginkan, beri adonan vla secukupnya dan kemudian dinginkan sebentar sampai benar benar dingin supaya potongan buah bisa tenggelam ke dalam vla.
  11. Ambil beberapa potong buah, masukkan dan atur dengan rapi di atas pie buah.

3 dari 3 halaman

Resep Kue Pie Buah Tanpa Menggunakan Oven

Cara membuat kue pie buah tanpa menggunakan oven tidak terlalu jauh berbeda dengan cara membuat kue pie buah dengan oven. Perbedaannya hanya terletak pada saat memanggangnya saja.

  1. Kocok margarin dan gula halus dengan mixer hingga bertekstur lembut dan mengembang.
  2. Masukkan kuning telur sambil tetap dikocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata.
  3. Masukkan terigu dan susu sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan kalis.
  4. Tempel dan bentuk sesuai cetakan pie kecil. Tusuk-tusuk dengan garpu.
  5. Panaskan teflon dengan api yang paling kecil, bisa memakai wadah untuk membuat martabak. Pilih teflon yang tebal, siapkan tutupan yang bening agar bisa dimonitor kematangannya, karena setiap pie bisa berbeda kematangannya tergantung tipis tebal adonan.
  6. Panggang 30 menit, mulai cek saat menit ke 20. Usahakan memanggangnya dalam suhu 180 derajat.
  7. Campur susu dengan tepung terigu dan maizena untuk membuat vla. Masak susu dengan api kecil sambil diaduk-aduk.
  8. Masukkan kuning telur dan gula, aduk rata. Biarkan hingga vla mendidih, lalu masukkan gula dan margarin sambil tetap diaduk-aduk. Matikan api. Biarkan dingin.
  9. Masukkan vla ke dalam plastik segitiga. Semprot ke mangkuk pie dan hiasi dengan buah-buahan.

Beri Komentar