Resep Kue Wafel Jadul, Jajanan Pasar yang Lembut dan Manis Bisa Jadi Menu Pengganti Sarapan Lezat Nih!

Reporter : Arifina
Rabu, 15 Mei 2024 10:17
Resep Kue Wafel Jadul, Jajanan Pasar yang Lembut dan Manis Bisa Jadi Menu Pengganti Sarapan Lezat Nih!
Sudah pernah tau belum bentuknya? Tak kalah sama waffle modern lho!

Resep kue wafel jadul bisa menjadi pilihan menarik untuk membuat kudapan lezat di rumah. Kue tradisional satu ini banyak difavoritkan arena teksturnya ang embut dan rasanya yang manis.

Wafel jadul ini dikenal juga dengan sebutan kue bapel. Olahan kue satu ini kerap dijual di pasaran dan selalu banyak diburu karena teksturnya yang lembut dan lezat.

Kue bapel bisa dibilang mengadopsi akulturasi sajian kue wafel yang populer di negara-negara Eropa. Wafel seakan menjadi hidangan mewah yang disajikan dengan sirup maple dan whipperd cream hingga ice cream.

 

1 dari 6 halaman

Resep Kue Wafel Jadul

Tapi, kue bapel lebih tradisional meski cara pembuatannya tak jauh berbeda dengan membuat wafel pada umumnya. Bentuk dari kue wafel jadul ini cukup menarik yakni model love dengan kotak-kotak di bagian tengahnya.

Olahan kue satu ini bisa dinikmati sebagai pengganti menu sarapan, ataupun sekedar kudapan di sore hari bersama teh hangat atau kopi.

Kue wafel jadul ini mengingatkan kita pada masa kecil dan kenangan bersama keluarga. Yuk, simak resepnya!

 

2 dari 6 halaman

Resep Kue Wafel Jadul

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue wafel jadul ini tak jauh berbeda dengan sajian wafel pada umumnya. Hanya saja, perlu tambahan santan untuk menciptakan rasa khas Indonesia banget.

Selain itu, kamu perlu menyiapkan cetakan waafel berbentuk love agar lebih terasa tradisional banget. Dengan membuat sendiri, kamu bisa mengkreasikan tampilan olahan camilan satu ini dengan aneka topping menarik.

Mulai dari topping buah-buahan, sirup, gua halus, hingga ice cream agar lebih menggugah selera.

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung beras
  • 2 butir telur
  • 300 ml santan
  • 125 gram gula pasir
  • 50 gram margarin (lelehkan)
  • 1/2 sdm susu bubuk
  • 3 gram ragi instan
  • 1 sdt vanili cair

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Wafel Jadul

Resep Kue Wafel Jadul

Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi, dan susu bubuk. Tambahkan telur, kemudian aduk rata menggunakan whisk.

Beri vanili cair, margarin yang sudah dilelehlan, aduk rata. Lalu, masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan tidak bergerindil.

 

4 dari 6 halaman

Setelah menjadi adonan kue, maka fermentasi terlebih dahulu kurang lebih selama 2 jam sebelum mulai pemanggangan. Pastikan saat proses ini adonan berbuih ya.

Siapkan cetakan wafel jadul lalu panaskan dahulu di atas api kecil selama 15 menit. Kemudian, tuang adonan ke dalamnya.

Tutup cetakan, panggang sebentar hingga kedua sisi kue wafel jadul matang merata. Angkat, dan siap disajikan.

 

5 dari 6 halaman

Resep Kue Wafel Jadul

Kamu bisa menikmati kue wafel ini seperti biasa atau diberi aneka topping menarik agar lebih menggugah selera. Misalnya, menambahkan irup aple, madu, whipped cream, aneka buah-buahan, bubuk coklat, matcha, crumble, gula halus, ice crem dan yang lainnya.

Tidak sulit bukan membuat jajanan pasar satu ini? Itulah resep kue wafel jadul yang bisa kamu recook untuk sajian menu camilan keluarga yang bisa dijadikan juga sebagai pengganti sarapan. Siapkan dengan segelas teh atau kopi hangat agar makin nikmat. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar