Resep Risol Ayam Suwir Spesial, renyah, Gurih, dan Menggugah Selera Banget

Reporter : Arifina
Selasa, 7 Mei 2024 17:47
Resep Risol Ayam Suwir Spesial, renyah, Gurih, dan Menggugah Selera Banget
Jajanan kesukaan siapa nih? Buatnya ternyata mudah lho!

Resep risol ayam suwir special bisa kamu jadikan referensi membuat camilan gurih dan mengeyangkan. Perpaduan kulit risol yang tipis dan renyah dengan isian ayam suwir selalu bikin nagih setiap memakannya.

Risol merupakan salah satu jajanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Bentuknya yang mungil dengan berbagai varian isian membuat olahan camilan satu ini selalu jadi pilihan di pasaran.

 

1 dari 8 halaman

Resep Risol Ayam Suwir Spesial

Selain ayam suwir, risol juga hadir dalam beragam variasi rasa. Di antaranya, risol mayo, risol rogut atau isian sayur, hingga risol coklat, dan aneka rasa manis lainnya.

Cara menikmati risol pun juga beragam, tergantung jenis yang akan kamu makan. Misal, untuk variasi risol ayam suwir spesial ini kamu bisa memakannya dengan cabai rawit, saus sambal, ataupun campuran saus sambal dan mayonnaise.

Cita rasanya yang gurih dan lezat dari olahan camilan ini bisa banget untuk dibuat sendiri di rumah. Kamu bisa berkreasi untuk sajian camilan buat keluarga lho! Simak resepnya yuk!

 

2 dari 8 halaman

Resep Risol Ayam Suwir Spesial

Sesuai dengan namanya, tentu bahan Utama dari pembuatan menu camilan satu ini adalah ayam suwir. Untuk isian tersebut kamu bisa berkreasi sesuka hati.

Misalnya, membuat variasi ayam suwir pedas, ayam suwir mayo, ataupun jenis lainnya. Pastikan memilih daging ayam yang berkualitas agar hasilnya lezat sempurna.

Bahan Kulit Risol:

  • 20 sdm tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1/4 sdt garam
  • 550 ml air
  • Tepung roti
  • Minyak goreng

Bahan Ayam Suwir:

  • 400 gram daging ayam suir
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdm penyedap rasa
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm saus tiram
  • Air secukupnya

 

3 dari 8 halaman

Cara Membuat Risol Ayam Suwir Spesial

Resep Risol Ayam Suwir Spesial

Rebus dulu daging ayam hingga empuk, angkat dan tiriskan. Kemudian suwir-suwir halus, sisihkan terlebih dahulu.

Haluskan bawang putih dan bawang merah. Kemudian, panaskan sedikit minyak di pan, dan tumis hingga harum.

Masukkan daun jeruk, dan daun salam.  Aduk-aduk, kemudian tambahkan yam suwir dan sedikit air.

 

4 dari 8 halaman

Beri garam, penyedap rasa, gula pasir, dan saus tiram. Aduk-aduk, dan masak hingga bumbu meresap dan matang. Angkat, dan sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya buat adonan kulit risol, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, 2 sendok makan minyak, 1 butir telur, dan air. Aduk-aduk sampai semuanya tercampur sempurna.

Siapkan teflon anti lengket, ambil adonan risol sedikit saja, lalu tuang ke teflon dan ratakan. Angkat sebelum terlalu kering dan gosong.

 

5 dari 8 halaman

Resep Risol Ayam Suwir Spesial

Lakukan pembuatan kulit risol hingga semua adonan habis. Kemudian, ambil satu lembar kulit risol yang sudah jadi beri ayam suwir yang sudah dimasak di atasnya.

Lipat kedua sisi atas dan Bawah kulit risol hingga menutupu ayam suwir. Gulung hingga membentuk risol, dan lem menggunakan sisa-sisa adonan kulit tadi.

Kamu bisa juga membentuk model risol dengan segitiga. Lakukan saja sesuai selera ya. Ulangi prosesnya hingga semua adonan habis.

 

6 dari 8 halaman

Selanjutnya, masukkan gulungan risol ke kocokan 1 butir telur. Lalu, balurkan di tepung roti hingga tertutup sempurna.

Panaskan minyak di wajan, goreng risol hingga kuning kecoklatan. Angkat, dan sajikan selagi hangat dengan saus sambal, saus mayonnaise, ataupun cabai rawit.

Risol ayam suwir spesial ini bisa kamu kreasikan lagi lho! Misalnya, kamu ingin cita rasa pedas, bisa ditambahkan cabai rawit dalam pembuatan ayam suwirnya.

 

7 dari 8 halaman

Resep Risol Ayam Suwir Spesial

Selain itu, kamu masih bisa menambahkan aneka sayuran lain, seperti wortel, kubis, seledri ataupun bahan lainnya seperti sosis dan bakso sebagai variasi rasa yang lebih menarik.

Itulah resep risol ayam suwir spesial yang bisa kamu recook di rumah. Camilan mengenyangkan satu ini bisa untuk acara hajatan ataupun menu kudapan harian untuk keluarga. Selamat mencoba!

Beri Komentar