Resep Sambal Kacang Cilok, Pedas, Durih, Nikmat, dan Mudah Banget Dibuat

Reporter : Arifina
Kamis, 16 Mei 2024 10:37
Resep Sambal Kacang Cilok, Pedas, Durih, Nikmat, dan Mudah Banget Dibuat
Rasa kacang pedas gurihnya emang selalu menggoda nggak sih?

Resep sambal kacang cilok bisa menjadi referensi yang tepat untuk membuat bumbu sedap dan gurih satu ini. Ya, tak lengkap memang rasanya jika mengonsumsi cilok tanpa sambal kacangnya.

Jajanan kaki lima satu ini terbuat dari tepung tapioka yang diolah, dibentuk bulat, kemudian dikukus atau direbus. Kamu bisa menikmati cilok dengan cocolan saus sambal kacang yang menggugah selera.

Rasa kenyal dan gurihnya cilok seakan menjadi perpaduan tepat saat disantap dengan sambal khasnya ini. Gurihnya kacang dan pedasnya cabai memang menjadi cita rasa tersendiri yang lezat.

 

1 dari 6 halaman

Resep Sambal Kacang Cilok

Selain untuk dikonsumsi sebagai saus cilok, sambal kacang juga dapat dikonsumsi untuk olahan siomay, gado-gado, pecel, hingga rujak lho Walaupun banyak variasi saus untuk mengonsumsi cilok, namun sambal kacang seakan tetap menjadi salah satu primadona yang banyak difavoritkan.

Nah, membuat sambal kacang cilok ini tdak sesulit yang dibayangkan. Apalagi, bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak begitu banyak. Simak resepnya yuk!

2 dari 6 halaman

Resep Bumbu Kacang Cilok

Pembuatan bumbu kacang cilok ini dibutuhkan bahan Utama kacang tanah yang disangrai. Pastikan, jenis kacang tanah yang kamu gunakan masih berkualitas baik agar hasil sambal terasa lezat.

Membuat bumbu sambal kacang cilok ini cukup mudah, praktis, dan tidak makan waktu lho! Kamu bisa mengkreasikan juga dengan kacang mede agar rasanya lebih gurih nih!

Bahan-Bahan:

  • 100 gram kacang tanah
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula merah (sisir)
  • 5 buah cabai merah besar)
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 1 butir kemiri
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 buah jeruk limau
  • 100 ml air
  • Minyak goreng

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Sambal Kacang Cilok

Cilok Bumbu Kacang

Goreng atau sangria kacang tanah terlebih dahulu hingga berwarna kecoklatan, tiriskan. Kemudina, goreng juga bawang putih, cabai merah, cabai rawit hingga layu dan harum, tiriskan juga.

Selanjutnya,campurkan kacang tanah, bawang putih, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit untuk dihaluskan. Kamu bisa menguleknya dalam cobek, atau jika ingin hasil yang lebih halus dan praktis gunakan blender.

 

4 dari 6 halaman

Tambahkan juga bumbu-bumbu, gula merah, garam, dan daun jeruk yang sudah diiris tipis-tipis sebelumnya. Haluskan hingga membentuk pasta, atau sesuaikan saja kelembutannya dengan selera ya.

Pindahkan bumbu yang sudah dihaluskan ke alam wadah, tambahkan kecap manis dan air perasan jeruk limau. Aduk-aduk sampai semuanya tercampur sempurna.

Penyajian: ambil sambal kacang secukupnya lalu tuangi dengan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Sambal kacang siap disajikan untuk cocolan cilok nih!

5 dari 6 halaman

Resep Cilok Bumbu Kacang

Penyajian tersebut bisa kamu kreasikan dengan berbagai topping lho! Misalnya menambahkan bawang goreng sebagai taburan, ataupun emping untuk menambah kelezatan menyantap cilok.

Kamu juga bisa menambahkan saus sambal untuk campuran sambal kacang cilok satu ini. Dijamin, rasanya bakal lebih nikmat deh!

Praktis dan mudah bukan cara buatnya? Itulah resep sambal kacang cilok yang bisa kamu buat di rumah untuk menyajikan camilan kenyal dan gurih. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar