Resep Terong Telur, Olahan Masakan Super Praktis Cocok untuk Camilan ataupun Lauk Makan Nih!

Reporter : Arifina
Selasa, 7 Mei 2024 10:17
Resep Terong Telur, Olahan Masakan Super Praktis Cocok untuk Camilan ataupun Lauk Makan Nih!
Masaknya praktis, rasanya gurih dan renyah nih!

Cari olahan masakan yang praktis? Resep terong telur satu ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Terong telur adalah salah satu hidangan sederhana yang lezat, simple dibuat, dan digemari banyak rang. Hidangan ini mudah dibuat dan hanya membutuhkan bahan-bahan yang umum tersedia di dapur.

Kombinasi terong dan telur menghasilkan cita rasa yang kaya dan beragam, membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk hidangan sehari-hari. Meski tergolong masakan sederhana, namun banyak kandungan nutrisi pada terong yang baik untuk tubuh.

 

1 dari 5 halaman

Resep Terong Telur

Dalam terong mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium. kalsium, zat besi, dan magnesium. Karenanya, mengonsumsi terong baik untuk menjaga Kesehatan tulang lho!

Terong telur dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti digoreng, dibakar, ditumis, hingga dimasak dengan santan. Namun, yang paling umum kamu bisa membuat masakan terong telur dadar yang simple.

Rasanya yang gurih dan sedikit renyah saat digigit membuat menu olahan terong ini cocok dijadikan sebagai camilan harian ataupun sebagai lauk yang dinikmati dengan nasi hangat dan sambal. Simak resepnya yuk!

 

2 dari 5 halaman

Resep Terong Telur

Masakan simple satu ini dapat dikreasikan dengan berbagai bahan makanan yang lezat lho! Jadi, selain bahan Utama terong dan telur, kamu bisa menambahkan sosis, kornet, hingga aneka sayuran.

Kamu bisa menikmati sajian terong ini dengan sambal, aneka saus, hingga bumbu tabur juga nih! Ciptakan saja kreasi masakan terong telur ini sesuai selera kamu untuk hasil masakan super lezat ya!

Bahan-Bahan:

  • 400 gram terong ungu
  • 2 butir telur
  • 100 gram sosis
  • 25 gram daun bawang
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • Minyak goreng
  • Bumbu tabur (balado, keju, jagung bakar, dan lainnya)

 

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Terong Telur

Resep Terong Telur

Siapkan terong, lalu potong-potong bulat dengan ketebalan kurang lebih 1 cm saja. Lalu, potong bagian tengah dari etiap etrong dan sisakan bagian tepinya setebal 0,5 cm.

Rendam potongan tepian terong tersebut di air bersih, sisihkan lebih dahulu. Kemudian, potong-potong kecil bagian tengah terong dan masukkan ke dalam mangkok.

Tambahkan sosis yang juga dipotong-potong kecil dadu ke dalam potongan terong. Lalu, masukkan juga daun bawang iris tipis, tepung terigu, telur, kaldu ayam, dan merica bubuk. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

 

4 dari 5 halaman

Siapkan pan, beri minyak sedikit saja, panaskan. Kemudian, susun bagian tepi terong tadi ke dalam pan.

Tuangi setiap tepi terong tersebut dengan adonan campuran sosis dan telur hingga penuh. Masak sambal dibolak-balik hingga matang.

Angkat, dan tata di piring saji. Kemudian, taburi dengan bumbu tabur sesuai selera untuk dinikmati. Kamu bisa langsung menikmatinya begitu saja, atau menambahkan nasi hangat sebagai lauk makan deh!

 

5 dari 5 halaman

Resep Terong Telur

Jika ingin menambah variasi rasa yang lebih menarik, tambahkan saja aneka sayuran seperti wortel, kubis, brokoli, hingga tomat ke dalam adonan ya! Selain itu, jika ingin kreasi masakan yang lebih menarik buatlah menjadi tumisan.

Kamu bisa menumis bawang putih, bawang merah, dan cabai, lalu masukkan terong telur dan aduk-aduk sebentar. Sehingga bisa menjadi sajian masakan yang lebih menarik untuk disantap tapi tetap tanpa ribet dalam memasaknya.

Itulah resep terong telur yang bisa kamu recook dengan berbagai variasi menarik dan simple dibuat. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar