Di Pontianak Ada Sate Tapi Pakai Kuah, Gimana ya Rasanya?

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 1 Februari 2020 17:00
Di Pontianak Ada Sate Tapi Pakai Kuah, Gimana ya Rasanya?
Serius, sate ini pakai kuah, lho.

Sate adalah salah satu makanan khas indonesia yang sudah terkenal di berbagai negara. Makanan ini menjadi makanan wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Aroma daging yang dibakar yang dipadukan dengan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia memang pantas menjadi salah satu makanan terlezat di dunia.

1 dari 4 halaman

Berbicara tentang sate, tentu banyak sekali ragam sajian sate yang ada di Indonesia. Namun ada sate yang bisa dikatakan cukup berbeda dengan sate pada umunya. Ya, sate tersebut adalah sate kuah Pontianak. Jika sate Pada umumnya menggunakan bumbu kacang yang kental, maka sate khas Pontianak ini menambahkan kuah untuk membanjiri bumbu kacang dan irisan daging yang sudah dibakar.

2 dari 4 halaman

kalau bahan dasar dari satai ini sih sama dengan sate yang lainnya, yaitu daging, bisa daing ayam, sapi, ataupun kambing. Bebas, sesuai selera saja. Daging tersebut kemudian diiris dadu, lalu ditusuk menggunakan tusuk sate pada umunya. Tapi, sebelum dibakar sate ini direndam dengan beberapa bahan rempah khusus.

Jika dirasa bumbu sudah meresap ke dalam daging, maka sate sudah siap untuk dibakar. Setelah sate sudah matang, sajikan diatas piring lalu siram dengan bumbu kacang. Kalo sate pada umumnya dinikmati dengan nasi, maka sate ini dinikmati dengan irisan-irisan lontong.

3 dari 4 halaman

Namun, belum selesai di situ, dan inilah yang membedakan Sate Kuah Pontianak dengan sate pada umunya. Sajian lontong dan sate yang sudah dihidangkan diguyur lagi dengan kuah kaldu. Kuah kaldu ini terbuat dari beberapa rempah khas seperti, kunyit, kapulaga, merica, jintan, ketumbar dan lain-lain.

Sate Kuah Pontianak

4 dari 4 halaman

Perpaduan bumbu kacang yang nendang dan kuah yang beraroma rempah yang kuat menjadi salah satu alasan mengapa kuliner ini sangat diburu oleh wisatawan ketika berkunjung ke Kota Khatulistiwa ini.

Kalau kamu ke Pontianak jangan lupa untuk mencicipi kuliner ini, ya.

Beri Komentar