Sering Boros Beli Makan? Ikuti Tips Menghemat Uang untuk Makanan

Reporter : Mila
Jumat, 27 Desember 2019 15:36
Sering Boros Beli Makan? Ikuti Tips Menghemat Uang untuk Makanan
Jangan sampai makanan yang kamu beli mubazir.

Makanan memang kebutuhan yang wajib setiap manusia penuhi. Namun semakin tingginya harga makanan membuat uang kita habis seketika. Jika sudah begini, kita perlu menyiasati agar kebutuhanan akan makanan tetap terpunuhi, namun tanpa membuat dompet kering. Berikut cara menghemat pengeluaran uang untuk makanan yang dikutip dari Listverse (3/12).

1 dari 6 halaman

Membeli Produk Lokal

Membeli produk lokal adalah salah satu cara efektif untuk menghemat pengeluaranmu. Produk lokal lebih murah karena biaya transportasi dan distribusinya tidaklah sebanyak produk impor. Selain itu, dengan membeli produk lokal seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, maka itu berarti kalian juga mendukung petani lokal agar terus memproduksi barangnya.

2 dari 6 halaman

Memasak

Cara untuk menghemat keuangan pada makanan adalah dengan memasak sendiri makanan yang akan dimakan. Barang-barang mentah yang dibeli tentu saja akan lebih murah dari total harga jika kamu makan di luar rumah. Meskipun dapat menghemat pengeluaran, memasak membutuhkan waktu, yang mungkin tidak akan cocok bagi orang yang bekerja karena mereka tidak punya banyak waktu luang.

3 dari 6 halaman

Beli dalam Jumlah Besar

Membeli dengan jumlah besar, selalu akan lebih murah daripada membeli satuan. Namun, perlu diingat untuk hanya membeli barang yang digunakan secara teratur seperti minyak goreng. Jika kamu membeli barang yang jarang digunakan dalam jumlah besar, justru akan membuat boros dan barang tidak terpakai.

4 dari 6 halaman

Buat Daftar

Saat akan berbelanja ke pasar atau supermarket, buatlah terlebih dahulu daftar berisi apa-apa saja yang ingin dibeli. Hal ini bertujuan agar nantinya kita tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan.

5 dari 6 halaman

Beli Merek Toko

Barang-barang dengan merek toko biasanya akan lebih murah. Ini bisa kamu manfaatkan untuk sedikit menghemat keuanganmu. Untuk apa membeli barang yang lebih mahal dengan kualitas yang sama saja?

6 dari 6 halaman

Simpan Makanan

Seringkali kamu memasak atau membeli makanan dalam jumlah besar dan tidak habis pada saat itu juga. Jangan terburu-buru dibuang. Untuk menghematnya, kamu bisa menyimpan makanan ini di kulkas untuk dikonsumsi pada esok harinya.

Beri Komentar