Si Asin dan Gurih Kerupuk Upil Ini Ternyata Non Kolesterol Loh!

Reporter : Nasa
Rabu, 12 Februari 2020 11:49
Si Asin dan Gurih Kerupuk Upil Ini Ternyata Non Kolesterol Loh!
Pernah nyobain si asin dan gurih kerupuk upil asal Kediri ini? Nggak seperti kerupuk lain, kerupuk ini non kolesterol loh.

Ada kerupuk asli Kediri yang namanya kerupuk upil. Katanya nih rasa dari kerupuk upil ini asin dan gurih. Jadi itu alasan diberi nama kerupuk upil? Sayangnya masih belum ada literatur pasti yang membahas hal tersebut ya. Tapi yang jelas nih, kerupuk upil disebut sebagai kerupuk non kolesterol loh. Udah tau belum?

Sebenernya kerupuk ini punya banyak banget sebutan. Selain kerupuk upil, banyak orang juga menyebut sebagai kerupuk wedhi (pasir) dan juga kerupuk kali. Tapi yang jelas, kerupuk khas Kediri ini disebut non kolesterol karena kerupuk ini tidak digoreng dengan minyak. Melainkan dimasak menggunakan pasir panas.

Jadi karena hal itu, kerupuk upil ini tidak mengandung lemak yang diakibatkan oleh proses penggorengan menggunakan minyak. Masyarakat Kediri dan sekitarnya biasanya lebih suka menjadikan kerupuk upil ini sebagai cemilan untuk balita atau anak kecil. Karena kerupuk upil cenderung tidak menyebabkan batuk, akibat dari mengkonsumsi gorengan.

1 dari 1 halaman

Kerupuk Upil Punya Warna Mentereng

Ilustrasi Kerupuk Upil

Kerupuk upil khas Kediri ini biasanya terdiri dari beragam warna. Ada yang cuma warna putih, ada juga yang terdiri dari campuran warna putih dan warna merah terang, dan ada juga yang terdiri dari campuran warna putih, merah terang dan kuning. Sedang harga dari setiap bungkus kerupuk upil ini juga sangat terjangkau.

Yakni Rp 6.000 - Rp 7.000 per bungkusnya. Satu kerat kerupuk upil biasanya dihargai sampai dengan Rp 95.000 saja. Karena kerupuk upil ini bisa awet cukup lama, kamu bisa loh mendapatkannya lewat pembelian online. Kalau di Kediri dan sekitarnya, kerupuk upil ini biasa dimakan dengan sambel pecel atau sambel petis.

Nah kalau sudah dimakan dengan kedua sambel itu nggak tau lagi ya ada kolesterolnya atau nggak. Gimana nih menurut kamu? Jangan lupa sampaikan tanggapanmu di kolom komentar ya.

Beri Komentar