7 Tips agar Daun Kemangi Tetap Segar, Awet dan Tidak Layu

Reporter : Arifina
Selasa, 9 Juli 2024 16:37
7 Tips agar Daun Kemangi Tetap Segar, Awet dan Tidak Layu
Mempertahankan daun kemangi tetap segar tanpa layu ada tipsnya nih! Jangan asal menyimpan biar tetap beraroma dan lezat Ketika diolah.

Beberapa tips agar daun kemangi tetap segar berikut perlu kamu perhatikan nih! Ya, daun beraroma segar satu ini jika asal dalam penyimpanannya akan menyebabkan mudah layu bahkan menghitam.

Kemangi, si daun hijau mungil dengan aroma khas ini, merupakan pelengkap hidangan yang tak tergantikan. Rasanya yang segar dan aromanya yang menggoda mampu menghidupkan berbagai masakan.

1 dari 8 halaman

Namun, jika daun kemangi layu dan menghitam akan sangat kurang nikmat untuk olahan masakan. Proses penyimpanan daun kemangi sendiri juga cukup tricky, sebab bahan satu ini tidak bisa disimpan terlalu lama di dalam kulkas ataupun suhu ruang.

Tapi, tak perlu khawatir karena kamu bisa mempertahankan aroma dan kesegaran daun kemangi dengan beberapa tips berikut!

2 dari 8 halaman

Pilih Daun Kemangi yang Segar

Saat membeli daun kemangi, pastikan memilih daun yang masih segar. Salah satu tandanya, warna dari daunnya hijau cerah.

Hindari daun yang sudah menguning atau memiliki bercak hitam. Daun yang segar biasanya memiliki aroma yang kuat dan tangkai yang tidak layu.

Pilih dengan teliti daun kemangi yang tidak layu, bebas dari lubang dan bercak hitam.

3 dari 8 halaman

Jangan Dicuci Sebelum Disimpan

Jika kebanyakan dedaunan atau sayuran harus dicuci, maka untuk penyimpanan jangka panjang daun kemangi hindari mencucinya. Jadi, pastikan daun kemangi kering dan tidak dicuci sebelum disimpan.

Mencuci kemangi justru akan memunculkan kelembaban yang berlebihan dapat membuat daun cepat layu dan membusuk. Jika daun kemangi kotor, cukup lap dengan kain bersih atau tisu dapur yang lembab.

4 dari 8 halaman

Simpan dalam Wadah Tertutup

Ilustrasi Daun Kemangi

crushpixel.com

Simpan daun kemangi dalam wadah tertutup atau kantong plastik model ziplock. Cukup beri lubang kecil jika megunakan kantong plastic untuk sirkulasi udara.

Kamu juga bisa menggunakan wadah kedap udara untuk menjaga kelembaban. Letakkan wadah di bagian sayuran dalam lemari es.

5 dari 8 halaman

Simpan di Wadah Kaca atau Gelas

Tips lainnya agar daun kemangi tetap segar, gunakan wadah kaca saat menyimpannya. Bisa juga dengan menaruhnya di gelas namun diisi dengan air.

Siapkan gelas agak tinggi, lalu beri air sedikit saja kira-kira menampung bagian batang kemangi. Lalu, letakkan daun kemangi selayaknya menyimpan bunga dalam vas.

Ganti air setiap hari dan letakkan gelas di tempat yang sejuk. Hal ini akan membuat kemangi segar dan tahan lebih lama.

6 dari 8 halaman

Gunakan Kertas atau Tisu Dapur

Kertas atau tisu dapur juga salah satu metode yang tepat untuk mempertahankan kesegaran daun kemangi. Caranya, lapisi wadah penyimpanan dengan kertas atau tisu dapur sebelum meletakkan daun kemangi.

Kertas atau tisu akan menyerap kelembaban berlebih dan mencegah daun menjadi lembab dan busuk. Ganti kertas atau tisu jika sudah terlalu basah.

7 dari 8 halaman

Jauhkan dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Ilustrasi Kemangi

© https://rawpixel.com/

Tips selanjutnya, hindarkan daun kemangi dari paparan sinar matahari langsung. Namun, juga jangan letakkan daun kemangi di area yang terlalu gelap.

Hal ini agar kondisi daun kemangi segar lebih lama dan tidak gampang layu. Dengan cara ini, daun kemangi mungkin akan ada yang gugur, namun tetap bisa digunakan dalam beberapa harii.

8 dari 8 halaman

Jangan Terlalu Padat

Ilustrasi Daun Kemangi

© shutterstock.com/rahadianperwiranegara

Proses penyimpanan daun kemangi juga harus diperhatikan lho! Hindari menyimpan daun kemangi dalam kondisi terlalu padat dalam satu wadah.

Hal ini akan memengaruhi Udara untuk daun kemangi. Sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk mencegah daun cepat layu.

Sebaiknya simpan dalam beberapa wadah kecil jika daun yang akan disimpan cukup banyak.

Itulah beberapa tips agar daun kemangi tetap segar yang bisa kamu terapkan di rumah. Dengan begitu, daun bisa bertahan lebih lama dan tetap nikmat saat diolah dengan berbagai hidangan masakan. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar