8 Tips agar Nasi Goreng Tidak Keras, Anti Menggumpal, Tetap Pulen, dan Lezat

Reporter : Arifina
Kamis, 20 Juni 2024 12:07
8 Tips agar Nasi Goreng Tidak Keras, Anti Menggumpal, Tetap Pulen, dan Lezat
Memasak nasi goreng yang tepat agar tidak keras memang tricky. Kamu butuh beberapa tips berikut agar masakan tetap lezat nih!

Tips agar nasi goreng tidak keras bisa kamu gunakan untuk mengolah masakan satu ini. Ya, memasak nasi goreng memang simple, tapi juga bisa menjadikannya keras dan menjadi kurang nikmat jika salah teknik.

Alhasil, kondisi itu tentu akan mempengaruhi cita rasa nasi goreng. Karena tekstur nasi yang keras menjadikan tidak enak dan mengurangi kenikmatannya.

Karenanya, perlu beberapa cara memasak yang tepat untuk tetap menjadikan olahan nasi satu ini tetap pulen dan tidak keras. Berikut tipsnya dilansir dari berbagai sumber!

1 dari 8 halaman

Perhatikan Jenis Beras

Ilustrasi Beras

thesplendidtable.com

Jenis beras yang digunakan juga mempengaruhi tekstur nasi goreng. Jika salah, maka hasil olahan masakan bisa menjadi kurang nikmat untuk disantap.

Pilihah jenis beras yang pulen seperti beras pandan wangi atau beras japonica. Kedua jenis ini biasanya menghasilkan nasi goreng yang lebih empuk.

Hindari beras yang terlalu pera karena cenderung menjadi keras saat digoreng.

 

2 dari 8 halaman

Gunakan Nasi yang Tepat

Jenis nasi yang digunakan sangat berpengaruh pada tekstur nasi goreng. Hindari menggunakan nasi yang masih panas atau baru dimasak karena nasi tersebut masih banyak mengandung air dan mudah menggumpal.

Nasi yang paling cocok untuk nasi goreng adalah nasi yang sudah dingin atau nasi sisa yang sudah disimpan di kulkas semalaman. Jika menggunakan nasi baru, maka sebaiknya sudah diangin-anginkan minimal 2 jam sebelum dimasak.

Nasi jenis ini memiliki tekstur yang lebih kering dan tidak lengket sehingga mudah diolah dan menghasilkan nasi goreng yang pulen.

 

3 dari 8 halaman

Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Minyak

Penggunaan minyak untuk membuat nasi goreng penting untuk diperhatikan. Jangan menggunakan minyak yang terlalu banyak, karena bisa membuat nasi goreng berminyak dan berat.

Cukup gunakan minyak secukupnya untuk menumis bumbu dan nasi. Minyak yang berlebihan juga bisa membuat nasi menjadi lebih keras.

Hal itu karena nasi justru akan menyerap minyak tersebut.

 

4 dari 8 halaman

Panaskan Wajan dengan Benar

Nasi Goreng Rempah Robot Yogyakarta

© youtube.com / MGDALENAF

Sebelum mulai menumis bumbu-bumbu dan nasi, pastikan wajan sudah benar-benar panas. Gunakan api besar dan panaskan wajan selama beberapa saat hingga mengeluarkan asap tipis.

Lakukan cara ini sebelum memasukkan minyak goreng. Proses ini bertujuan agar nasi yang dimasak nantinya tidak menempel di wajan.

Dengan begitu, hasil tekstur masakan nasi goreng juga menjadi lebih pulen.

 

5 dari 8 halaman

Teknik Menggoreng yang Benar

Proses menggoreng nasi juga harus dilakukan dengan tepat. Setelah memanaskan wajan, memberi minyak, kemudian mulai menumis bumbu dan memasukkan nasi maka perhatikan proses pengadukannya.

Dalam hal ini, aduk nasi dengan cepat dan tidak terlalu lama. Hindari menekan nasi dengan spatula karena dapat membuatnya hancur dan menggumpal.

jangan terlalu lama menggoreng nasi agar tidak keras dan kering. Cukup goreng hingga semua bahan tercampur rata dan nasi sudah panas.

 

6 dari 8 halaman

Jangan Terlalu Lama Menumis Bawang Putih

Salah satu bahan Utama membuat nasi goreng adalah bawang putih. Namun, proses memasaknya harus dilakukan dengan tepat untuk mendapati cita rasa yang sempurna.

Pastikan saat menumis bawang putih jangan dilakukan terlalu lama. Sebab, hal itu justru akan membuatnya gosong dan mempengaruhi cita rasa masakan.

Cukup tumis bawang putih hingga aromanya keluar, dan tambahkan bumbu lainnya serta nasi.

 

7 dari 8 halaman

Masak dengan Api Besar

Resep Nasi Goreng Daging Asap

© 2024 Instagram.com,/@syaharah

Suhu api juga mempengaruhi hasil masakan nasi goreng yang dibuat lho! Dalam proses ini masaklah dengan api besar.

Hal ini akan membuat proses memasak lebih cepat dan tekstur nasi menjadi lebih pulen. Hindari memasak nasi goreng dengan api kecil karena dapat membuat nasi menjadi lembek dan berair.

Api yang besar juga akan membuat wajan lebih panas. Sehingga kondisi nasi tidak lengket di permukaan wajan.

 

8 dari 8 halaman

Pakai Cukup Bumbu

Bumbu yang pas akan meningkatkan rasa nasi goreng yang kamu buat. Gunakan bumbu seperti kecap manis, kecap asin, garam, lada, dan sedikit saus tiram untuk memberikan rasa yang seimbang.

Hindari penggunaan bumbu yang terlalu banyak agar tidak merusak tekstur nasi. Kondisi pemberian bumbu yang banyak juga akan menyebabkan nasi lebih basah lho!

Itulah tips agar nasi goreng tidak keras. Hasil masakan pun lebih gurih, lezat, dan menggugah selera. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar