7 Tips Bikin Dodol Ketan, Kenyalnya Pas, Legit, dan Menggoda Selera

Reporter : Arifina
Rabu, 7 Agustus 2024 10:00
7 Tips Bikin Dodol Ketan, Kenyalnya Pas, Legit, dan Menggoda Selera
Kenyal, legit, dan lembut dalam setiap gigitan, yaitu dodol ketan. Jajanan tradisional ini cukup diminati oleh semua Kalanga lho!

Beberapa tips bikun dodol ketan berikut bisa kamu praktikkan agar menghasilkan hidangan yang lezat dan kenyal sempurna. Ya, salah satu jajanan tradisional Indonesia ini cukup banyak diminati lho!

Dodol ketan hadir dengan tekstur rasa kenyal yang khas, namun juga legit, dan lembut dalam setiap gigitan. Biasanya, camilan satu ini dihidangkan di momen acara-acara besar keluarga, hingga menu jajanan Idul Fitri.

Banyak variasi dodol ketan yang kini hadir di Tanah Air. Mulai dari dodol ketan hitam original, dodol ketan putih, hingga aneka variasi rasa seperti dodol pandan, durian, nanas, dan masih banyak lainnya.

1 dari 8 halaman

Tips Bikin Dodol Ketan

© 2024 Instagram.com/@dodol511pontianak

Tampilan dari dodol ketan saat ini juga beragam. Mulai dari yang model jadul dengan digulung plastic dan diberi pita, ada juga yang disajikan dengan potongan, hingga dicetak lucu lho!

Di balik kelezatannya, ternyata membuat dodol ketan yang kenyalnya pas dan legit cukup tricky. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, termasuk kesabaran karena proses memasaknya yang cukup memakan waktu.

Nah, buat kamu yang ingin membuat dodol ketan sendiri di rumah perhatikan beberapa tips berikut yuk!

 

2 dari 8 halaman

Pilih Bahan Baku Berkualitas

Bahan baku menentukan hasil akhir dari hidangan yang akan kamu buat. Untuk menghasilkan dodol ketan yang lezat, tentunya kamu harus memilih bahan-bahan berkualitas.

Bahan umum yang harus ada dalam pembuatan jajanan jadul ini adalah, ketan hitam atau putih, kelapa. dan gula merah. pastikan kamu menggunakan ketan yang berkualitas baik dan berwarna bersih.

Kemudian, pilih kelapa yang cukup tua tapi masih segar untuk menghasilkan santan yang kental dan gurih. Selanjutnya, kombinasikan dengan gula merah yang berkualitas.

 

3 dari 8 halaman

Perhatikan Proporsi Bahan

Setelah menyiapkan bahan-bahan berkualitas, tips selanjutnya adalah memperhatikan proporsi penggunaan bahan. Aturlah proporsi antara ketan, santan, dan gula.

Katiga bahan utama ini harus ditakar dengan pas agar menghasilkan rasa hidangan yang lezat dan tekstur kenyalnya pas. Biasanya, perbandingan antara ketan dan santan adalah 1:2, dengan gula yang disesuaikan dengan tingkat kemanisan yang diinginkan.

Jika terlalu banyak santan, dodol bisa terlalu lembek. Sebaliknya, jika terlalu sedikit, dodol bisa keras dan tidak kenyal.

 

4 dari 8 halaman

Rendam Beras Ketan dengan Sesuai

Tips Bikin Dodol Ketan

© 2024 Instagram.com/@jechoti_

Sebelum mulai mengolah dodol ketan, salah satu langkah penting yang perlu diperhatikan adalah proses perendaman beras ketan. Nah, kamu perlu merendamnya di air bersig selama minimal 4 jam atau semalaman.

Perendaman ini akan membuat beras ketan lebih cepat matang dan menyerap santan dengan baik. Sehingga, saat diolah juga akan lebih gampang.

Kemudian, campurkan santan dengan sedikit garam, lalu didihkan sebentar sebelum ditambahkan ke beras ketan untuk diolah menjadi dodol.

 

5 dari 8 halaman

Gunakan Wajan dan Alat Pengaduk yang Tepat

Alat yang digunakan untuk memasak dodol ketan juga akan mempengaruhi hasil akhir hidangan. Karena itu, sebaiknya pilih wajan dengan dasar tebal dan anti lengket.

Hal ini penting untuk menghindari dodol menempel di wajan. Selain itu, gunakan alat pengaduk yang kuat seperti spatula kayu yang tidak mudah patah.

Sebab, proses pengadukan dodol ketan membutuhkan Tenaga yang lebih kuat. Alat masak yang tepat akan memudahkan proses pengolahan dodol.

 

6 dari 8 halaman

Aduk Dodol Ketan dengan Konsisten

Ini bagian terpenting dalam mengolah dodol ketan, yakni proses pengadukan. Saat mulai pengadukan, lakukan secara terus menerus secara konsisten.

Cara ini untuk menghindari dodol gosong dan lengket di dasar wajan. Mengaduk dodol terus menerus juga untuk memastikan semua bahan tercampur dengan baik dan dodol matang merata.

Pengadukan yang konsisten juga akan mencegah adonan gosong dan membuat tekstur dodol menjadi lebih lembut.

 

7 dari 8 halaman

Gunakan Api Kecil

Tips Bikin Dodol Ketan

© 2024 Instagram.com/@dodoltanjungsari

Suhu api saat memasak dodol ketan juga perlu menjadi perhatian. Kamu hanya perlu menggunakan api kecil dalam pengolahan jajanan satu ini.

Jika memakai api yang besar dikhawatirkan dapat menyebabkan dodol cepat gosong dan tidak matang sempurna. Masak adonan sambil terus diaduk hingga air menyusut dan adonan mengental.

Memasak dodol memerlukan waktu yang cukup lama, sekitar 3-4 jam, dan harus dilakukan dengan api kecil. Proses ini membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

 

8 dari 8 halaman

Tambahkan Variasi Rasa dan Warna

Jika kamu ingin menampilkan hasil dodol ketan lebih menarik, variasikan dengan aneka rasa dan warna. Misalnya, kamu bisa menambahkan bahan lain seperti cokelat, durian, nanas, atau kacang hijau ke dalam adonan dodol.

Pastikan bahan tambahan ini diolah terlebih dahulu agar tidak merusak tekstur dodol. Kamu juga bisa menambahkan bahan pewarna makanan seperti pandan, strawberry, nanas, atau lainnya untuk memberikan tampilan yang lebih variatif.

Itulah beberapa tips bikin dodol ketan yang bisa kamu praktikkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar