7 Tips Bikin Telur Crispy, Lezat dan Renyah Sempurna

Reporter : Arifina
Rabu, 10 Juli 2024 16:17
7 Tips Bikin Telur Crispy, Lezat dan Renyah Sempurna
Membuat telur crispy yang super renyah dan anti gagal perlu trik yang tepat nih! Dijamin, hasil masakan krenyes abis dan lezat.

Tips bikin telur crispy harus diperhatikan dengan tepat agar menghasilkan tekstur renyah sempurna. Masakan sederhana satu ini memang cukup simple dan praktis dalam pengolahannya.

Namun, untuk menghasilkan tekstur rasa super krenyes dan gurih yang tepat perlu beberapa trik khusus nih. Jika asal, telur goreng yang kamu buat justru akan melempem dan mengempis.

Padahal telur dengan tekstur krenyes saat digigit ini sangat nagihin apalagi jika disantap dengan nasi hangat. Menu ini cocok banget buat kamu yang sedang ingin memasak makanan super simple tapi juga lezat.

Pembuatan dari olahan telur crispy ini hampir tak jauh berbeda dengan telur dadar goreng. Tapi, untuk olahan satu ini perlu adanya pelapisan tepung dan bahan lain agar menghasilkan crispy yang sempurna.

Simak beberapa tips membuat telur crispy berikut dilansir dari berbagai sumber!

1 dari 7 halaman

Gunakan Telur Segar

Resep Telur Crispy

© 2024 masakapahariini.com

Bahan Utama dalam pembuatan menu masakan paraktis ini adalah telur. Maka, pastikan kamu menggunakan telur yang masih segar.

Kualitas telur sangat mempengaruhi tekstur dari olahan masakan ini. Ciri telur yang segar memiliki putih telur yang lebih kental dan kuning telur yang lebih bulat.

Telur yang berkualitas juga akan lebih memudahkan untuk dimasak dan menghasilkan telur crispy yang lebih renyah dan mengembang.

 

2 dari 7 halaman

Pisahkan Putih dan Kuning Telur

Sebelum proses pengocokan telur, sebaiknya pisahkan bagian putih dan kuningnya. Cara ini akan menghasilkan tekstur telur crispy yang lebih renyah.

Putih telur yang dikocok secara terpisah akan menghasilkan busa yang lebih banyak dan stabil. Kemudian, baru campurkan dengan kuningnya dan bahan lain.

Sehingga saat diolah, telur crispy akan lebih mengembang dan renyah.

 

3 dari 7 halaman

Kocok Putih Telur dengan Tepung

Sebelum mencampurkan bagian kuning telur, maka kamu perlu mengocok putih telur dengan tambahan tepung. Hal ini membantu menyerap air dan menghasilkan tekstur telur crispy yang lebih renyah.

Gunakan tepung terigu protein rendah atau tepung maizena untuk hasil yang terbaik. Setelah itu, campurkan dengan kuning telur, dan bumbu-bumbu lainnya seperti, garam hingga lada bubuk.

 

4 dari 7 halaman

Pakai Wajan Cekung

Resep Telur Crispy Sarang Burung© 2024

cookpad.com/@cook_9734912

Selain bahan-bahan pelengkap, penggunaan wajan yang tepat penting untuk menjadi perhatian. Nah, untuk menghasilkan tekstur telur crispy sempurna sebaiknya gunakan wajan atau deep wok.

Jenis ini adalah wajan cekung yang bisa membuat hasil masakan telur crispy lebih sempurna. Bentuk wajan ini juga memudahkan proses membalikkan telur.

 

5 dari 7 halaman

Panaskan Minyak dengan Tepat

Proses menggoreng telur menjadi penentu hasil olahan masakan. Pertama, penting untuk memanaskan minyak di wajan hingga benar-benar panas sempurna.

Untuk memasak telur crispy kamu memerlukan jumlah minyak yang lebih banyak dibandingkan saat menggoreng telur dadar ya. Minyak yang panas akan membantu hasil masakan matang dengan merata.

Minyak pun tidak akan terserap berlebihan pada hasil telur crispy nantinya.

 

6 dari 7 halaman

Goreng dengan Api Sedang

Setelah minyak benar-benar panas, pasang suhu api di mode sedang saja. Baru masukkan kocokan campuran telur dan terigu ke dalamnya.

Hindari menggunakan api besar, karena akan membuat telur terlalu cepat matang. Api besar juga rawan menjadikan masakan cepat gosong.

Sementara, jika menggunakan api terlalu kecil, maka minyak akan menyerap berlebihan ke dalam telur. Sehingga, tekstur telur akan lebih lembek.

 

7 dari 7 halaman

Tiriskan dengan Benar

Tips Bikin Telur Crispy

© 2024 cookpad.com/@deBloom_5445755

Setelah semua proses memasak dilalui, lakukan penirisan telur crispy dengan tepat. Letakkan hasli telur crispy di atas tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih.

Cara ini akan membuat telur crispy lebih renyah. Selain itu, hasil masakan juga tidak berminyak dan lebih lezat lho!

Mudah dan praktis bukan? dengan mengikuti tips bikin telur crispy yang tepat kamu akan menghasilkan masakan yang super renyah sempurna. Telur crispy yang renyah di luar dan lembut di dalam memang selalu menggoda selera. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar