9 Tips Goreng Bawang Merah Renyah, Gurih, dan Anti Melempem

Reporter : Arifina
Senin, 12 Agustus 2024 10:00
9 Tips Goreng Bawang Merah Renyah, Gurih, dan Anti Melempem
Menggoreng bawang merah agar renyah sempurna dan tahan lama nggak bisa asal ya! Kamu perlu beberapa tips penting berikut ini!

Ada beberapa tips goreng bawang merah renyah yang perlu diperhatikan. Hal ini penting diperhatikan agar mendapatkan tekstur yang tepat dan tahan lama.

Bawang merah goreng yang renyah sering digunakan sebagai pelengkap atau topping pada berbagai hidangan, seperti nasi goreng, bubur, soto, nasi uduk, lontong sayur, opor ayam, dan masih banyak lagi. Teksturnya yang renyah dan aroma sedapnya mampu menambah cita rasa pada berbagai hidangan tersebut.

1 dari 10 halaman

Tips Goreng Bawang Merah Renyah

© 2024 cookidoo.com.tr

Nah, bawang goreng yang enak tentunya yang memiliki tekstur renyah, garing, dan bisa tahan lama atau tidak gampang melempem. Meskipun tampak sederhana, menggoreng bawang merah agar hasilnya sempurna membutuhkan teknik dan perhatian khusus.

Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat olahan ini sebenarnya sangat simple, yakni bawang merah. Namun. kamu perlu teknik penggorengan yang tepat agar bisa menghasilkan tekstur renyah sempurna dan anti melempem.

Bahkan, meski digoreng tanpa tepung kamu bisa tetap menghasilkan cita rasa yang gurih dan renyah lho! Simak yuk tipsnya berikut dilansir dari berbagai sumber.

 

2 dari 10 halaman

Pilih Bawang Merah yang Berkualitas

Pastikan untuk selalu memilih bawang merah yang masih segar dan berukuran seragam. Ini penting, karena nantinya akan mempengaruhi hasil masakanmu lho!

Bawang merah yang masih segar biasanya memiliki kadar air yang cukup. Hal inilah yang nantinya menghasilkan tekstur renyah setelah digoreng.

Selain itu, pilih bawang yang tidak cacat atau rusak untuk menghindari hasil gorengan yang tidak merata.

 

3 dari 10 halaman

Iris Tipis dan Seragam

Irisan bawang merah yang tipis dan seragam adalah kunci untuk mendapatkan tekstur yang renyah. Gunakan pisau tajam atau alat pengiris khusus untuk memotong bawang merah dengan ketebalan yang sama.

Iris bawang merah setipis mungkin engan ketebalan yang sama. Bawang yang diiris tipis akan lebih cepat matang dan menghasilkan tekstur yang lebih renyah.

Irisan yang terlalu tebal akan mempengaruhi waktu penggorengan dan bisa membuat bawang menjadi tidak renyah.

 

4 dari 10 halaman

Rendam dalam Air Garam

Tips Goreng Bawang Merah Renyah

© 2024 cookpad.com/@erni680

Setelah diiris, kamu bisa merendam bawang merah dalam air garam. Lakukan perendaman ini selama sekitar 10-15 menit.

Langkah ini bertujuan untuk mengurangi kadar air pada bawang. Dengan merendam di air garam akan membuat bawang merah lebih cepat kering dan renyah saat digoreng lho!

Selain itu, rendaman di air garam juga membantu meningkatkan rasa gurih pada bawang merah goreng.

 

5 dari 10 halaman

Tiriskan dan Keringkan Bawang

Setelah direndam, tiriskan bawang merah dan keringkan. Kamu bisa menggunakan tisu atau kain bersih dalam proses pengeringannya.

Pastikan bawang merah benar-benar kering sebelum digoreng. Hal ini untuk menghindari percikan minyak dan memastikan hasil gorengan yang renyah.

Setelah proses perendaman ini, bawang merah bisa langsung digoreng di minyak panas.

 

6 dari 10 halaman

Taburi dengan Garam

Selain melakukan perendaman, cara lainnya untuk menghasilkan bawang merah goreng yang renyah bisa dilakukan dengan menaburi garam. Kamu cukup mengambil garam secukupnya, lalu taburkan di atas bawang merah yang sudah diiris tipis .

Campur dengan merata, tapi jangan diremas. Lalu, tuang di atas papan atau tampah dan ratakan agar tidak saling tindih.

Angin-anginkan bawang erah selama 15-20 menit. Baru setelahnya, kamu bisa menggirengnya di minyak panas.

Dengan cara ini, maka bawang merah goreng buatanmu akan lebih gurih dan renyah tahan lama.

 

7 dari 10 halaman

Lumuri dengan Tepung Terigu

Tips Goreng Bawang Merah Renyah

© 2024 cookpad.com/@lihaummumaryam

Tips lainnya untuk membuat bawang merah goreng terasa renyah, kamu bisa menambahkan tepung terigu. Setelah diiris-iris tipis kamu tinggal melumurinya dengan tepung.

Ratakan tepung terigu dengan perlahan ke bawang merah yang sudah diiris-iris. Lalu, diamkan beberapa saat sebelum digoreng.

Tepung terigu ini akan cukup membantu menjaga tekstur kerenyahan bawang merah goreng.

 

8 dari 10 halaman

Goreng dengan Minyak Banyak dan Panas

Penggunaan minyak dan suhu panas yang tepat dapat mempengaruhi hasil masakan. Gunakan minyak goreng yang cukup banyak sehingga bawang merah bisa terendam sempurna saat digoreng.

Panaskan minyak hingga suhu sekitar 160-170°C. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkan bawang agar tidak menyerap terlalu banyak minyak dan tetap renyah.

Goreng bawang dengan minyak panas di suhu api sedang. Hal ini untuk menghindari gosong saat proses penggorengan.

 

9 dari 10 halaman

Goreng Secara Bertahap

Proses menggoreng bawang merah ini perlu diperhatikan. Selain suhunya, kamu juga perlu hati-hati saat mulai menggorengnya.

Jangan menggoreng terlalu banyak bawang merah sekaligus. Goreng dalam jumlah kecil secara bertahap agar suhu minyak tetap stabil dan bawang merah bisa matang merata.

Aduk-aduk bawang saat menggoreng untuk memastikan semua bagian bawang mendapatkan panas yang merata.

 

10 dari 10 halaman

Tiriskan dengan Baik

Tips Goreng Bawang Merah Renyah

© 2024 resepkoki.id

Setelah bawang merah berubah warna menjadi keemasan dan teksturnya renyah, segera angkat dan tiriskan. Nah, proses meniriskannya ini juga penting menjadi perhatian lho!

Sebab, meniriskan bawang merah goreng ini merupakan salah satu kunci agar teksturnya renyah sempurna. Jadi, angkat bawang merha goreng menggunakan serok, lalu tiriskan.

Pastikan minyak sudah menetes sempurna, lalu letakkan bawang goreng di atas tisu dapur atau kertas roti. Hal ini agar menyerap kelebihan minyak. Diamkan beberapa saat hingga bawang benar-benar kering baru simpan di wadah yang kedap udara.

Itulah tips goreng bawang merah renyah yang bisa kamu praktikkan di rumah. Kini, tak perlu khawatir melempem ya, karena dengan tips di atas kamu bisa menghasilkan olahan bawang goreng renyah dan gurih sempurna. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar