11 Tips Masak Keju Mozarella, Lumer dan Meleleh Sempurna

Reporter : Arifina
Selasa, 23 Juli 2024 10:47
11 Tips Masak Keju Mozarella, Lumer dan Meleleh Sempurna
Keju mozarella yang leleh sempurna ternyata harus dimasak dengan tepat lho! Kamu bisa banget dengan mudah membuatnya di rumah.

Tips masak keju mozarella perlu diperhatikan dengan tepat untuk menghasilkan tekstur yang super lumer sempurna. Ya, bahan makanan satu ini banyak difavoritkan karena super lembut, elastis, dengan cita rasa creamy, dan asin.

Biasanya, keju mozarella banyak digunakan dalam berbagai hidangan lezat. Mulai dari pizza, salad, roti bakar, aneka pasta, aneka hidangan Italia, mie goreng, hingga ayam geprek.

Namun, di balik kelezatan rasa, teksturnya yang leleh dan menggoda selera tersebut, ternyata proses memasaknya tidak boleh dilakukan asal lho! Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tekstur keju mozarella yang meleleh sempurna.

Dilansir dari finecooking.com dan berbagai sumber lainnya, berikut tips memasak keju mozarella yang meleleh sempurna dan anti menggumpal!

1 dari 11 halaman

Kenali Jenis Keju Mozarella

Tips Masak Keju Mozarella

© 2024 freepik.com

Sebelum mulai mengolahnya, kenali dulu jenis keju mozarella. Pastikan juga kamu memilih yang berkualitas, karena ini akan memengaruhi hasil akhir masakan.

Setidaknya, ada 2 jenis keju mozarella, yakni mozarella segar yang memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa yang lebih milky.

Kemudian, mozarella yang diproses dengan tekstur lebih kenyal dan rasa keju lebih tajam. Pilih sesuai hidangan yang akan dibuat ya.

 

2 dari 11 halaman

Simpan Keju Mozarella di Suhu Ruang

Penyimpanan keju menjadi penentu untuk hasil lelehan yang sempurna. Sebaiknya, simpan keju mozzarella di suhu ruang.

Proses penyimpanan ini akan membuat keju lebih cepat mencapai titik lelehnya. Cara ini juga mencegah adanya perubahan suhu yang mendadak dan menjadikan kandungan protein didalamnya membeku terlalu cepat.

Jika demikian, maka keju akan menghasilkan lemak, gumpalan, dan teksturnya menjadi berminyak.

 

3 dari 11 halaman

Parut Keju dalam Keadaan Dingin

Untuk hasil terbaik, parut atau iris halus keju mozzarella dalam keadaan dingin. Mozzarella yang dingin akan lebih mudah diparut dan tidak akan lengket satu sama lain.

Memarut keju dengan halus akan memudahkan proses melelehnya lho! Sementara, jika dipotong dengan ukuran besar maka keju akan lebih lama meleleh.

Umumnya, keju akan mulai meleleh dari bagian luarnya. Kemudian, merembet ke bagian dalam.

 

4 dari 11 halaman

Gunakan Suhu yang Tepat

Tips Masak Keju Mozarella

© 2024 freepik.com

Mozzarella memang akan meleleh dengan baik pada suhu tinggi. Tetapi, kondisi suhu tersebut jbisa menjadikan keju terlalu berair dan kehilangan tekstur elastisnya.

Nah, untuk mendapatkan hasil lelehan keju yang sempurna sebaiknya lelehkan keju di tahap akhir proses memasak dengan api kecil. Suhu terlalu tinggi juga dapat menyebabkan protein dalam keju menggumpal terlalu cepat.

Sehingga, keju justru akan merusak kandungan lemaknya. Melelehkan keju di tahap akhir masakan akan menjadikannya leleh sempurna tanpa melebihi titik lelehnya.

 

5 dari 11 halaman

Beri Tambahan Bahan Asam

Bahan asam bisa menjaga kondisi keju agar tetap leleh dan halus. Kamu bisa menambahkan anggur putih atau jus lemon.

Asam yang terdapat pada kedua bahan tersebut akan mengikat kalsium dalam keju. Sehingga, tidak akan ada silang ikatan dengan protein yang menyebabakn gumpalan.

Keju pun akan meleleh sempurna dan awet lebih lama.

 

6 dari 11 halaman

Gunakan Pati

Pernah dengan pati dalam bahan masakan? Nah, kamu bisa menggunakannya untuk tambahan keju mozarella saat proses melelehkannya nih!

Pati atau tepung jagung dinilai dapat melapisi protein dan lemak pada keju meleleh. Sehingga, jika dicampurkan para mozarella akan menjaga tingkat lelehnya.

Tambahan pati ini juga akan menjaga agar keju mozarella tidak menggumpal.

 

7 dari 11 halaman

Jangan Aduk Terlalu Kuat

Tips Masak Keju Mozarella

© 2024 freepik.com

Saat proses melelehkan keju mozarella, hal yang harus diperhatikan juga adalah saat mengaduknya. Dalam hal ini, hindari mengaduk terlalu kuat.

Adukan yang berlebihan ustru kan mendorong protein pada keju menggumpal. Sehingga membuat teksturnya menjadi berserabut.

Lebih baik biarkan keju meleleh dengan sendirinya secara perlahan.

 

8 dari 11 halaman

Jangan Dinginkan Keju Mozarella

Ingin hasil keju mozarella meleleh sempurna saat disantap, jangan sesekali mendinginkannya. Terlebih, jika keju akan segera disajikan.

Jika suhunya mulai dingin dan keju mengeras Kembali maka akan menjadikan teksturnya menjadi gumpalan. Sebisa mungkin pertahankan suhunya agar tetap lumer dan lezat saat dimakan dengan hidangan favorit ya.

 

9 dari 11 halaman

Pilih Metode yang Tepat

Saat akan melelehkan keju mozarella ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan. Di antaranya, menggunakan panci, oven, atau microwave.

Pilihlah salah satu metode memasaknya tergantung dari kebutuhan untuk hidangan. Jika kamu masih memiliki banyak waktu, lebih baik melelehkan keju di dalam oven dengan suhu rendah.

Namun, jika waktu yang kamu miliki terbata, microwave bisa digunakan sebagai alternatif lainnya.

 

10 dari 11 halaman

Rendam di Air Garam

Tips Masak Keju Mozarella

© 2024 freepik.com

Ingin keju mozarella meleleh sempurna? Maka kamu bisa memanfaatkan larutan air garam.

Rendam mozzarella dalam air garam selama 30 menit sebelum dimasak. Hal ini akan membantu menjaga tekstur keju dan mencegahnya meleleh terlalu cepat.

Sehingga, saat pelelehan, keju akan berproses perlahan menghasilkan tekstur kenyal dan lumer sempurna.

 

11 dari 11 halaman

Tambahkan Minyak Zaitun

Tips lainnya, kamu bisa uga memanfaatkan minyak zaitun lho! Tambahkan sedikit minyak zaitun ke dalam mozzarella sebelum dimasak.

Hal ini akan membantu menambahkan rasa dan mencegah keju lengket.
Sehingga saat proses melelehkan, keju akan bisa terangkat dengan mudah tanpa ada yang menempel pada alat masak.

Itulah beberapa tips masak keju mozarella agar meleleh sempurna dan lezat. Mudah buat dicoba di rumah untuk kreasi masakan nih! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar