5 Tips Masak Kepala Kambing, Empuknya Pas, Lezat, dan Anti Bau Prengus

Reporter : Arifina
Selasa, 4 Juni 2024 13:07
5 Tips Masak Kepala Kambing, Empuknya Pas, Lezat, dan Anti Bau Prengus
Kepala kambing akan lezat dan tidak bau jika mengolahnya tepat. Simak deh!

Ada beberapa tips masak kepala kambing agar menghasilkan cita rasa yang lezat, empuk sempurna, dan anti bau. Ya, terkadang sebagian orang enggan memasak bagian kambing satu ini karena terlalu ribet, keras, dan memunculkan bau menyengat atau prengus.

Padahal, jika pengolahannya tepat, kepala kambing bisa dijadikan berbagai macam hidangan lezat lho! Di antaranya, diolah menjadi gulai, rendang, sop, hingga sate.

Nah, menjelang momen perayaan Idul Adha nanti, kepala kambing menjadi salah satu yang bakal hadir di tengah-tengah kalian. Jika ingin mengolahnya menjadi hidangan lezat, maka kamu perlu menerapkan beberapa tipsnya dengan tepat. Apa saja? Simak yang berikut!

 

1 dari 5 halaman

Bakar Terlebih Dahulu

Tips Masak Kepala Kambing

Kondisi kepala kambing dengan banyak bulu dan kulit yang bau maka perlu dihilangkan sebelum dimasak menjadi makanan lezat. Nah, salah satu cara paling ampuh adalah membakarnya terlenih dahulu.

Tidak perlu menggunakan api besar dalam proses pembakaran kepala kambing ya. Cukup dekatkan saja kepala kambing di perapian.

Proses ini akan membantu nantinya pada saat penghilangan bulu-bulu yang menempel agar bersih sempurna. Selain itu, bau prengusnya juga akan mudah hilang lho!

 

2 dari 5 halaman

Bersihkan dengan Tepat

Setelah melalui proses pembakaran, maka bersihkan kepala kambing dengan tepat. Lakukan pengikisan pada bagian kulitnya menggunakan pisau tajam.

Cara ini untuk lebih memudahkan dalam menghilangkan bulu-bulu yang masih menempel. Selain pisau, kamu juga bisa menggunakn sikat yang tidak terpakai dan kain bersih.

Pastikan kamu membersihkan bulu-bulu yang menempel hingga benar-benar hilang ya. Sehingga, hasil masakan akan terasa lezat nantinya.

 

3 dari 5 halaman

Belah Kepala Kambing

Tips Masak Kepala Kambing

Selanjutnya, jika kepala kambing sudah terbebas dari bulu-bulu yang menempel kamu bisa membelahnya menjadi beberapa bagian. Belah mulai dari bagian pangkal hingga menyentuh hidungnya. Cara ini untuk memudahkan proses pemasakan.

Dengan membelahnya, maka kamu tidak harus mengolah kepala kambing dengan utuh dan ribet. Ukuran kepala kambing tentunya juga lebih mengecil karena terbagi menjadi beberapa bagian, dan akan mempercepat proses memasak juga lho!

 

4 dari 5 halaman

Rebus Kepala Kambing dengan Benar

Proses merebus kepala kambing harus dilakukan dengan tepat. Hal ini agar sisa-sisa bau menghilang dan dagingnya juga empuk sempurna.

Rebuslah kepala kambing beberapa tahapan. Perebusan awal lakukan selama 15-20 menit, ini diperlukan untuk menghilangkan bau prengus dan membuat daging lebih empuk.

Setelah itu, buang air rebusan pertama, kemudian cuci kepala kambing kembali dengan air bersih. Lalu lakukan perebusan kedua, setidaknya minimal tiga kali untuk benar-benar menghilangkan bau dan menghasilkan tekstur yang pas.

 

5 dari 5 halaman

Bumbui dan Marinasi

Tips Masak Kepala Kambing

Selanjutnya, masuk ke tahapan sebelum pengolahan menjadi hidangan. Setelah direbut dan dibersihkan, maka bumbui dan marinasi kepala kambing.

Marinasi adalah langkah penting untuk meresapkan bumbu ke dalam daging. Gunakan bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, lengkuas, daun salam, dan serai.

Marinasi kepala kambing dengan bumbu tersebut selama minimal 2 jam atau semalaman untuk hasil terbaik. Dengan begitu, bau-bau prengus yang tersisa pada kepala kambing bisa hilang dengan tuntas dan bisa kamu olah menjadi hidangan lezat deh.

Itulah cara masak kepala kambing agar empuknya pas dan anti bau prengus. Kamu bisa mengolahnya menjadi gulai, sate, rendang ataupun lainnya tanpa khawatir bau tidak sedap menyerang. Selamat mencoba!

Beri Komentar