8 Tips Masak Kolak Ubi yang Legit, Lezat, dan Menggugah Selera

Reporter : Arifina
Senin, 29 Juli 2024 15:00
8 Tips Masak Kolak Ubi yang Legit, Lezat, dan Menggugah Selera
Memasak kolak ubi harus dilakukan dengan tepat agar cita rasa dan tekstur yang dihasilkan pas sempurna. Mudah banget untuk dicoba lho!

Tips masak kolak ubi perlu menjadi perhatian untuk menghasilkan olahan yang lezat dan legit sempurna. Kolak ubi ini salah satu hidangan penutup yang cukup popular di Indonesia.

Biasanya, menu kolak ubi cukup laris bila disajikan di momen buka puasa Ketika momen Ramadhan. Sajian ini dikenal dengan rasanya yang legit, gurih, dan teksturnya yang lembut.

Tak ayal, kolak ubi banyak difavoritkan nih! Apalagi, sajian satu ini bisa diolah dengan berbagai bahan tambahan lainnya, misalnya buah pisang, buah Nangka, labu kuning, kolang-kaling, jelly, ataupun dibuat menjadi ubur andil, dan masih banyak lainnya.

Namun, untuk membuat rasa kolak ubi semakin nikmat dan pas ada beberapa tips yang harus dilakukan dalam pengolahannya lho! Kamu pun bisa menerapkan tips-tips ini nantinya untuk membuat olahan kolak ubi agar lezat, legit, dan lembut sempurna. Simak yang berikut!

1 dari 8 halaman

Pilih Bahan-Bahan Berkualitas

Tips Masak Kolak Ubi

© 2024 cookpad.com/@noviindriana

Bahan-bahan yang segar dan berkualitas sangat mempengaruhi rasa kolak ubi. Ada beberapa jenis ubi yang bisa diolah menjadi kolak, mulai dari ubi jalar, ubi kuning, hingga ubi ungu.

Setelah menentukan jenisnya, pilih ubi yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Ini penting, agar teksturnya lembut namun tidak hancur saat dimasak.

Ubi yang terlalu tua cenderung keras, sedangkan yang terlalu muda memiliki rasa kurang manis. Selain ubi, untuk membuat olahak kolak ini kamu juga perlu bahan lain seperti gula merah, gula pasir, daun pandan, garam, vanili, santan, dan air.

 

2 dari 8 halaman

Potong Ubi dengan Ukuran Seragam

Setelah memilih dan menentukan jenis ubi, saatnya ke tahapan pengolahan. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah proses pemotongan ubi.

Potong ubi dengan ukuran yang seragam untuk membuat kolak ini ya. Hal ini, agar ubi matang secara merata.

Potongan ubi yang terlalu besar bisa membuatnya sulit matang dan membutuhkan Waktu lama saat dimasaj. Sementara, potongan yang terlalu kecil bisa membuatnya cepat hancur.

 

3 dari 8 halaman

Rebus Ubi dengan Tepat

Sebelum dimasukkan ke dalam kuah santan, sebaiknya rebus ubi terlebih dahulu hingga setengah matang atau empuk. Dengan cara ini, maka kamu akan mempercepat proses memasak kolak.

Selain itu, merebus ubi lebih dahulu akan membuat ubi lebih mudah menyerap rasa. Setelah direbus, buang air rebusan pertama untuk menghilangkan rasa langu pada ubi.

Baru setelahnya, masak ubi dengan bahan lainnya dan beri santan untuk kuah manis gurihnya.

4 dari 8 halaman

Masak dengan Api Sedang

Tips Masak Kolak Ubi

© 2024 cookpad.com/@Fey_pawonmungil

Proses memasak ubi harus dilakukan dengan tepat nih! Masaklah kolak ubi dengan api sedang.

Ini untuk membantu ubi matang dengan sempurna tanpa membuatnya hancur. Jika menggunakan api terlalu besar, ubi bisa cepat hancur.

Hal ini pun juga akan membuat tekstur kolak menjadi kurang menarik untuk dimakan.

 

5 dari 8 halaman

Gunakan Santan Berkualitas

Salah satu ciri khas kolak ubi adalah kuah santannya. Nah, untuk mendapatkan cita rasa yang gurih, legit sempurna maka pastikan kamu menggunakan santan segar an berkualitas.

Gunakan santan kental dari kelapa asli untuk menghasilkan kolak yang lebih gurih dan beraroma. Jika ingin kolak yang lebih encer, tambahkan sedikit air panas ke dalam santan saat pengolahan ya!

Bisa menggunakan santan instan, namun pastikan untuk mencampurnya dengan air sesuai petunjuk agar tidak terlalu kental atau terlalu cair. Hanya saja, produk instan ini akan memengaruhi rasa ya!

 

6 dari 8 halaman

Gunakan Kombinasi Gula Merah dan Gula Pasir

Pilih gula merah dan gula pasir yang berkualitas baik agar rasa kolak lebih legit. Kombinasi kedua gila ini dapat memberikan rasa manis yang seimbang dan aroma yang khas.

Gula merah memberikan rasa karamel yang khas, sementara gula pasir membantu menstabilkan tingkat kemanisan pada kolak ubi lho! Kamu juga bisa memberi sejumpit garam untuk membuat rasa kolak lebih nikmat.

 

7 dari 8 halaman

Tambahkan Daun Pandan dan Vanili

Tips Masak Kolak Ubi

© 2024 cookpad.com/@adilah_21

Untuk memberikan aroma yang lebih harum, tambahkan beberapa helai daun pandan dan sedikit vanili. Kedua bahan ini bisa membuat kolak ubi yang kamu masak memiliki aroma yang lebih menggoda dan menggugah selera.

Dijamin, rasa kolak ubi yang kamu sajikan juga lebih lezat lho! Sebab, daun pandan mampu memberikan cita rasa khas tersendiri.

 

8 dari 8 halaman

Jangan Terlalu Lama Memasak Ubi

Memasak kolak ubi jangan dilakukan terlalu lama. Cukup masak dengan api keci; agar santan tidak pecah.

Terlalu lama proses mengolah kolak ubi bisa membuatnya terlalu lembek dan hancur. Setelah ubi matang, segera angkat dari kompor untuk menjaga tekstur ubi tetap sempurna.

Itulah beberapa tips masak kolak ubi yang bisa kamu praktikkan di rumah. Kreasikan saja dengan aneka bahan lain seperti pisang, labu, buah nangka, dan lainnya sesuai selera ya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar