Tips Masak Sayur Asem, Terasa Lezat, Segar, dan Nendang Banget!

Reporter : Arifina
Rabu, 9 Agustus 2023 18:17
Tips Masak Sayur Asem, Terasa Lezat, Segar, dan Nendang Banget!
Memasak sayur asem dengan rasa segar yang pas perlu tau triknya nih!

Sayur asem adalah salah satu hidangan tradisional khas Indonesia yang sangat populer. Sayur ini terbuat dari berbagai campuran sayuran mulai dari labu siam, kacang panjang, melinjo, tomat, hingga belimbing wuluh.

Campuran sayuran ditambah dengan bumbu-bumbu penunjang seperti asam jawa, cabai, bawang merah, bawang putih hingga jahe menjadikan sayur asam mempunyai kombinasi rasa asam, pedas, dan segar. Tak ayal, menu makanan satu ini menjadi pilihan favorit dalam hidangan sehari-hari maupun acara spesial.

1 dari 8 halaman

Tips Masak Sayur Asem

Dari berbagai bahan membuat sayur asem ini, bisa dibilang ini merupakan salah satu makanan yang menyegarkan dan juga sehat. Sayur asem mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan kalium.

Selain itu, sayur asem juga mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Nah, membuat rasa sayur asem yang lezat dan segar perlu trik yang tepat.

Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memasak sayur asem yang nikmat dan segar!

2 dari 8 halaman

Tips Memasak Sayur Asem

Memasak sayur asem sebenarnya cukup mudah. Namun, untuk mendapati cita rasa segar yang tepat memang harus tahu triknya.

1. Pilih Sayur Segar

Salah satu cara untuk menciptakan cita rasa nikmat pada sayur asem adalah pada pemilihan sayur. Gunakan sayur-sayur yang segar dan berkulaitas agar rasa lebih enak dan bernutrisi.

Pastikan sayuran seperti kacang panjang, jagung muda, labu siam, melinjo, dan dan lainnya masih segar dan tidak layu. Buah asam seperti belimbing wuluh atau asam jawa juga harus dipilih yang masih keras dan berwarna cerah.

3 dari 8 halaman

2. Perhatikan Proses Merebusnya

Tips Masak Sayur Asem

Saat merebus semua sayur ke dalam panci jangan terlalu lama ya. Gunakan api kecil saja agar sayuran matang dengan sempurna dan tidak overcook.

Merebus terlalu lama akan membuat sayur menjadi terlalu lembek dan sayur asem kurang enak disantap.

4 dari 8 halaman

3. Pastikan Kaldu Sayur Asem Tepat

Kuah dari sayur asem menjadi penentu cita rasa segar dan lezat. Kuah ini berasal dari bumbu dan kaldu sayuran.

Supaya lebih nikmat, tambahkan daging atau ikan asin ke dalam kuahnya. Hal ini akan menambah rasa sayur asem lebih gurih dan lezat.

5 dari 8 halaman

4. Penggunaan Bumbu

Bumbu-bumbu segar adalah kunci dalam menciptakan cita rasa khas sayur asem. Bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit merupakan bumbu utama yang harus dihaluskan dan ditumis terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke dalam kaldu.

Selain itu, daun salam, lengkuas, dan laos juga memberikan aroma khas pada sayur asem, dan jangan lupakan belimbing wuluh atau asam jawa. Bumbu yang banyak akan menjadikan rasa sayur asem segar dan semakin nendang.

6 dari 8 halaman

5. Masukkan Bahan Bertahap

Tips Masak Sayur Asem

Proses saat memasukkan berbagai sayuran ke dalam panci saat dimasak harus dilakukan bertahap. Mulailah dari sayuran yang paling keras dan membutuhkan waktu lama untuk dimasak.

Misalnya, jagung dan melinjo lebih dahulu. Pastikan bumbu dan asam juga sudah dimasukkan agar saat memasukkan sayur bumbu langsung bisa meresap sempurna.

7 dari 8 halaman

Resep Sayur Asem

Bahan-Bahan:

  • 1 buah jagung manis, potong-potong
  • 100 gram melinjo, rebus hingga empuk
  • 1 buah labu siam, potong-potong
  • 5 buah kacang panjang, potong-potong
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh air asam jawa

Cara Membuat:

  1. Rebus air hingga mendidih. Kemudian, masukkan jagung manis, melinjo, lengkuas, dan daun salam. Masak hingga jagung manis setengah matang.
  2. Selanjutnya, masukkan labu siam, kacang panjang, tomat, garam, gula pasir, dan air asam jawa. Masak hingga semua sayuran matang.
  3. Angkat dan sajikan.

Beri Komentar