7 Tips Memasak Gulai Daun Singkong, Empuknya Pas, Lezat, dan Gurih Banget

Reporter : Arifina
Senin, 13 Mei 2024 10:00
7 Tips Memasak Gulai Daun Singkong, Empuknya Pas, Lezat, dan Gurih Banget
Memasak gulai daun singkong yang gurih dan empuk ada triknya lho!

Tips memasak gulai daun singkong perlu diperhatikan untuk menghasilkan olahan masakan yang lezat. Ya, mengolah daun singkong memang mudah tapi jika asal justru akan menghasilkan tekstur yang kurang empuk dan tidak lezat saat disantap.

Gulai daun singkong merupakan salah satu hidangan favorit banyak orang Indonesia. Rasanya yang gurih dan pedas, serta teksturnya yang lembut, membuat hidangan ini selalu menggoda selera.

Daun singkong sendiri adalah salah satu sayuran yang dapat dijadikan berbagai olahan masakan. Umumnya, daun singkong dimasak dengan direbus kemudian dimakan bersamaan lauk pendamping ayam goreng, ikan goreng dan lainnya, ditambah sambal.

 

1 dari 9 halaman

Tips Memasak Gulai Daun Singkong

Selain itu, kamu juga bisa memasak tumisan daun singkong yang nikmat. Tapi, salah satu yang cukup banyak dilakukan masyarakat Tanah Air untuk mengolah daun hijau ini adalah dengan memasaknya menjadi gulai daun singkong.

Namun, memasak daun singkong tidak semudah yang dibayangkan. Jika tidak diolah dengan benar, daun singkong bisa terasa pahit dan gatal, bahkan mengandung racun.

Tingkat empuk dan lembutnya daun singkong dalam masakan ini bisa didapatkan dari cara memasaknya yang benar. Nah, bagi kamu yang ingin membuat olahan gulai daun singkong, simak dulu tipsnya agar hasil masakan lezat dan gurihnya pas!

 

2 dari 9 halaman

Pilih Bahan Berkualitas

Bahan berkualitas menjadi penentu hasil masakan gulai daun singkong terasa lezat. Karena iti, pilihlah daun singkong yang segar dan bersih.

Hindari daun yang sudah layu, terlalu tua,dan erwarna kuning karena bisa memengaruhi tekstur dan rasa gulai. Pastikan juga untuk memilih daun singkong yang berasal dari tanaman yang ditanam di tempat yang aman dan bebas dari pestisida.

Selain itu, pilih juga bahan-bahan lain seperti santan, rempah-rempah, dan bumbu lainnya dengan kualitas terbaik untuk hasil yang maksimal.

Berikut bahan untuk membuat olahan gulai daun singkong:

  • 1 ikat daun singkong
  • 3 sm lengkuas
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 8 buah cabe rawit utuh
  • 3 sdm teri medan
  • 1 liter santan
  • 1 liter air
  • Minyak goreng
  • 1/2 sdt gula
  • Garam

Bahan Bumbu Halus:

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 buah cabe keriting
  • 3 buah cabe rawit
  • 3 butir kemiri (sangria)
  • 5 cm kunyit bakar

 

3 dari 9 halaman

Pisahkan Daun Singkong dari Batangnya

Mengolah daun singkong tak perlu dengan batangnya. Hal ini agar cita rasa yang dihasilkan benar-benar pas.

Sebelum mengolahnya menjadi masakan, petik daun singkong dari batangnya. Kemudian, buang bagian batang yang keras dan tua.

Kamu juga bisa memotongnya dengan ukuran yang seragam untuk menjadikan tampilan olahan masakan lebih menarik dan rapi.

 

4 dari 9 halaman

Bersihkan Daun Singkong Dengan Baik

Tips Memasak Gulai Daun Singkong

Selanjutnya, proses pembersihan aun singkong harus dilakukan dengan tepat. Pastikan, kamu membersihkan hingga tidak ada sisa-sisa kotoran yang menempel.

Cuci dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel. Kamu juga bisa merendamnya sebentar dalam air garam.

Proses perendaman ini untuk membantu menghilangkan getah yang terkadang membuat rasa daun singkong terlalu pahit.

 

5 dari 9 halaman

Rebus Daun Singlong dengan Benar

Proses perebusan daun singkong nantinya akan mempengaruhi hasil olahan masakan lho! Karena itu, penting untuk merebus daun singkong dengan tepat.

Gunakan air yang benar-benar sudah mendidih, lalu masukkan aun singkong . Ini untuk mempertahankan warna kehijauan pada daun dan membuat proses merebus lebih cepat.

Untuk menghilangkan rasa pahit dan gatal, rebus daun singkong elama 5-10 menit. Kemudian, tiriskan, dan remas-remas agar sisa airnya keluar.

 

6 dari 9 halaman

Tumis Bumbu Gulai Daun Singkong Hingga Harum

Salah satu kunci masakan terasa lezat adalah pada proses penumisan bumbu. Dalam hal ini, pastikan bumbu halus ditumis hingga benar-benar beraroma arum.

Persiapan semua bahan halus, kemudian masukkan ke dalam blender, chopper, atau bisa kamu uleg hingga halus. Baru tumis, dan masak dengan api sedang saja agar tingkat ketamatangannya pas dan tidak gosong. Sehingga, olahan masakan nantinya akan terasa lezat.

 

7 dari 9 halaman

Jangan Terlalu Menggunakan Banyak Santan

tips memasak gulai daun singkong

Santan memang menjadi salah satu bahan yang wajib ada untuk gulai daun singkong. Namun, penggunaannya tidak boleh berlebihan.

Selain memastikan kualitas santan harus segar dan kental, cukup tambahkan santan secukupnya ke dalam olahan masakan.

Jangan gunakan terlalu banyak santan dalam gulai daun singkong, karena santan tinggi lemak dan dapat meningkatkan kolesterol.

 

8 dari 9 halaman

Masak Daun Singkong Hingga Lunak

Setelah bumbu-bumbu tumis matang, masukkan daun singkong ke dalam kuah santan. Aduk-aduk dan masaklah dengan api sedang.

Pastikan kamu memasaknya hingga daun singkong menjadi lunak namun masih mempertahankan tingkat krenye atau kekenyalan saat digigit. Jangan terlalu lama memasak daun singkong agar tidak menjadi terlalu layu dan kehilangan nutrisinya.

Koreksi rasa, setelah menambahkan gula dan garam. Lalu kamu bisa mematikan kompor, dan menyajikan gulai daun singkong dengan nasi hangat.

Itulah tips memasak gulai daun singkong yang bisa kamu coba praktikkan di rumah. Dengan begitu olahan masakan menjadi empuk sempurna, lezat, dan gurih banget lho! Selamat mencoba.

Beri Komentar