Jangan Asal! Ini 7 Tips Memasak Jamur Enoki untuk Menjaga Tekstur dan Cita Rasa Tetap Lezat

Reporter : Arifina
Selasa, 6 Agustus 2024 10:00
Jangan Asal! Ini 7 Tips Memasak Jamur Enoki untuk Menjaga Tekstur dan Cita Rasa Tetap Lezat
Ternyata, memasak jamur enoki ini nggak boleh asal-asalan lho! Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar teksturnya terjaga.

Ada beberapa tips memasak jamur enoki yang harus diperhatikan agar tidak salah langkah. Sebab, jika asal kamu justru akan mendapati tekstur yang berbeda dan kurang lezat lho!

Jamur Enoki adalah salah satu jenis jamur yang populer di Asia, terutama dalam masakan Korea dan Jepang. Jamur ini memiliki bentuk yang khas dengan batang panjang, tipis, dan warna putih cerah.

Ada berbagai macam olahan jamur enoki sering digunakan dalam hidangan. Di antaranya, untuk tambahan olahan sup, tumisan, salad, atau dimakan sebagai lauk pendamping. Selain menambah ita rasa pada hidangan jenis jamur ini juga kaya akan nutrisi.

1 dari 9 halaman

Tips Memasak Jamur Enoki

© 2024 thenoatbook.com

Dalam jamur enoki mengandung salah satu sumber terbaik vitamin B yang penting untuk menjaga Kesehatan otak. Namun, mengolah jamur enoki memang tidak bisa sembarangan.

Diansir dari klikdokter.com, jamur enoki rentan terkontaminasi akteri Listeria Monocytogenes. Bakteri ini bisa menyebabkan penyakit infeksi usus.

Sehingga, proses memasak jamur noki harus dilakukan dengan tepat. Sebab, jika memakannya dalam kondisi beracun akan menyebabkan gejala demam, menggigil, diare, mual, hingga nyeri otot.

2 dari 9 halaman

Bagaimana Tips Memasak Jamur Enoki agar Tidak Beracun?

Tips memasak jamur enoki agar tidak beracun adalah dengan mengolahnya hingga matang. Jangan sekali-kali kamu mengkonsumsi jamur ini dalam kondisi yang tidak matang.

Alangkah lebih baik, jamur enoki direbus terlebih dahulu hingga mendidih. Pastikan kamu merebusnya dengan air bersih untuk menghilangkan kemungkinan kontaminasi bakteri yang menempel.

Suhu yang disarankan untuk memasak jamur enoki mulai dari 75 derajat Celcius. Langkah ini sebagai salah satu antisipasi mengusir bakteri Listeria Monocytogenes yang dimungkinkan menempel pada jamur.

Selain perebusan ini, ada beberapa tips memasak jamur enoki yang tepat berikut!

3 dari 9 halaman

Ada beberapa tips yang bisa diperhatikan untuk memasak jamur enoki dengan tepat, sebagai berikut:

Pemilihan Jamur Enoki yang Segar

Pilih jamur Enoki yang segar dengan warna putih cerah dan batang yang kokoh. Hindari jamur yang sudah berwarna kecokelatan atau lembek, karena ini adalah tanda bahwa jamur sudah tidak segar lagi.

Selain itu, pastikan kamu memilih jenis jamur enoki dengan tepat. Di dunia, ada beberapa jenis enoki liar terutama di Jepang, China, dan Korea.

Nah, jamur enoki liar ini umumnya berwarna kecokelatan dengan batang yang lebih tebal. Sedangkan, jamur enoki yang kebanyakan digunakan untuk masakan adalah budidaya yang berwarna putih dengan bagian batangnya lebih ramping.

 

 

4 dari 9 halaman

Tips Memasak Jamur Enoki

© 2024 freepik.com/jannoon028

Cuci Jamur Enoki sampai Bersih

Jamur enoki umumnya sudah bersih saat dijual, namun ada baiknya kamu tetap membilasnya dengan air mengalir sebagai tips memasak jamur enoki agar aman. Hal ini untuk menghilangkan kotoran yang mungkin masih menempel.

Potong bagian batang jamur enoki yang tampak berlendir dan berubah warna. Kemudian, potong batang yang lebih keras dan bersihkan dengan air dingin.

Hindari merendam jamur enoki dalam air. Sebab, hal itu justru akan membuat teksturnya yang halus bisa menjadi lembek dan kehilangan bentuknya.

5 dari 9 halaman

 

Masak dengan Waktu yang Singkat

Jamur enoki sangat cepat matang. Untuk menjaga tekstur renyahnya, masak jamur ini dengan waktu yang singkat.

Umumnya, waktu yang pas untuk memasak jamur enoki yaitu sekitar 2-3 menit saja. Jika dimasak terlalu lama, jamur bisa menjadi overcooked.

Hal ini pun akan menyebabkan amur enoki menjadi lembek dan kehilangan rasa aslinya.

6 dari 9 halaman

Jangan Dikonsumsi dalam Kondisi Mentah

Sebagian orang memang percaya jika jamur enoki bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah. Namun, ada baiknya hal itu tidak dilakukan ya.

Lebih baik olah dahulu jamur enoki menjadi hidangan sebelum mengonsumsinya. Hal ini karena, jamur ini mengandung banyak sekali serat yang Sebagian besar tidak dapat dicerna oleh manusia.

Nah, proses memasak ini dapat memecah kandungan serat dalam jamur enoki yang tidak larut. Selain itu, dengan memasaknya terlebih dahulu akan membersihkan jamur dari segala bakteri yang dimungkinkan masih menempel.

7 dari 9 halaman

Tips Memasak Jamur Enoki

© 2024 freepik.com/jcomp

Gunakan Panas Sedang

Memasak dengan panas sedang membantu jamur Enoki matang merata tanpa terbakar. Nah, suhu yang disarankan dalam memasak jamur ini adalah mulai 75 derajat Celcius.

Jika kamu berencana memasak jamur enoki ditumis, maka panaskan minyak terlebih dahulu. Kemudian, baru masukkan jamur agar hasilnya lebih baik.

8 dari 9 halaman

Padukan dengan Bahan Lain

Jamur Enoki sangat cocok dikombinasikan dengan sayuran lain seperti wortel, pok choy, atau sawi putih. Kamu juga bisa menambahkan daging, tahu, ataupun telur untuk mendapatkan hidangan yang lebih bernutrisi dan mengenyangkan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan jamur enoki untuk sajian topping mie ramen ataupun menu-menu masakan berkuah lainnya. Dengan begitu, cita rasa masakan bakal lebih nikmat lho!

9 dari 9 halaman

Tips Memasak Jamur Enoki© 2024 shutterstock.com/DronG

Hindari Memasak dengan Cairan yang Berlebihan

Jamur Enoki pada dasanya sudah mengandung banyak air. Jadi, hindari menambahkan terlalu banyak cairan saat memasak.

Jika kamu mau membuat sup atau rebusan, tambahkan jamur di paling akhir masakan. Hal ini agar jamur tidak terlalu basah dan tetap renyah.

Itulah beberapa tips memasak jamur enoki yang tepat dan bisa kamu praktikkan di rumah. Nah, kamu bisa tetap menikmati sajian menu jamur ini dengan tekstur yang renyah, segar, dan lezat. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar