8 Tips Memasak Kangkung agar Tetap Hijau, Makin Lezat dan Renyah Lho!

Reporter : Arifina
Sabtu, 25 Mei 2024 16:47
8 Tips Memasak Kangkung agar Tetap Hijau, Makin Lezat dan Renyah Lho!
Biar kangkung tetap hijau ada triknya lho! Jadi, jangan sampai salah mengolahnya ya!

Tips memasak kangkung agar tetap hijau harus diterapkan dengan tepat untuk olahan masakan yang lebih lezat. Kangkung, salah satu sayuran yang mudah layu Ketika dimasak.

Banyak olahan makanan dari sayur kangkung, seperti tumis kangkung, cah kangkung, sayur asem kangkung, dan masih banyak lainnya. Nah, saat dimasak, kangkung akan cepat berubah warna menjadi hijau tua, layu, dan kurang menarik.

Karena itu untuk mempertahankan warna kehijauannya, rasanya tetap lezat dan renyah perlu cara memasak dengan tepat.

Sayur kangkung sendiri banyak dipilih karena rasanya yang lezat dan kaya akan nutrisi. Namun, mempertahankan kandungan nutrisinya, maka juga berpengaruh dari cara memasaknya lho!

Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memasak kangkung agar tetap hijau yang bisa kamu terapkan di rumah! Apa saja?

1 dari 8 halaman

Rebus dengan Air yang Mendidih

Resep Tumis Kangkung Bumbu Tauco

Rupanya, sebelum memulai mengolah sayur kangkung menjadi masakan lezat salah satu cara agar kondisinya tetap segar adalah harus direbus terlebih dahulu. Jadi, setelah kangkung dicuci bersih dan dipotong-potong rebus sebentar saja di air yang mendidih.

Cukup rebus kangkung selama 30 detik hingga 1 menit. Tambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan untuk membantu mempertahankan warna hijau kangkung.

Setelah direbus, segera angkat dan tiriskan. Lalu, kamu dapat mengolahnya menjadi berbagai masakan.

 

2 dari 8 halaman

Tambahkan Sedikit Minyak

Proses penambahan minyak goreng ini penting untuk menjaga warna kangkung tetap hijau. Tambahkan minyak sedikit saja saat proses perebusan.

Jadi, penambahan ini bisa dilakukan jika kamu tidak menambahkan garam ya. Minyak dapat membantu mengunci kelembapan dan warna hijau kangkung dan menjaga tekstur renyahnya.

Namun, saat menumis kangkung hindari penggunaan minyak berlebihan karena bisa membuat kangkung terlalu berminyak.

 

3 dari 8 halaman

Gunakan Sedikit Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda

Selain garam dan minyak goreng, baking soda juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempertahankan warna hijau daun kangkung. Tambahkan sedikit baking soda ke dalam air rebusan.

Namun, jangan terlalu banyak menambahkan baking soda karena bisa mempengaruhi rasa. Tujuan penambahan ini juga untuk sekedar membuat kangkung tetap hijau dan renyah.

 

4 dari 8 halaman

Rendam Es Batu

Es batu menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mempertahankan warna kehijauan pada kangkung. Jadi, setelah proses perebusan singkat sebaiknya sesegera mungkin rendam kangkung dalam air es atau air dingin yang dicampur dengan es batu.

Proses ini disebut blanching dengan bertujuan untuk menghentikan proses pemasakan serta menjaga warna hijau kangkung.

Karena, meski api sudah dimatikan, kangkung akan tetap melakukan proses pemasakan jika tidak segera dipindahkan dari panic dan air panasnya.

 

5 dari 8 halaman

Masak Dahulu Bagian Batang Kangkung

Tips Memasak Kangkung agar Tetap Hijau

Saat memulai proses mengolah kangkung, kebanyakan orang juga akan menyertakan bagian batangnya. Jika demikian, maka tumis dahulu bagian batangnya hingga setengah matang saja sebelum memasukkan daunnya.

Hal ini karena batang kangkung lebih sulit lunak, jika berbarengan dimasaknya justru akan membuat daunnya cepat layu. Hal ini juga untuk tetap mempertahankan warna hijau kangkung saat diolah.

 

6 dari 8 halaman

Masak dengan Api Besar

Saat menumis atau memasak kangkung, gunakan api besar. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat Waktu memasak.

Penggunaan api besar akan membantu mempertahankan warna hijau dan tekstur kangkung tetap renyah. Jadi, saat menumisnya bisa dilakukan dengan cepat dan matikan api sesegra mungkin.

Menumis kangkung terlalu lama karena dapat membuatnya layu dan berwarna coklat.

 

7 dari 8 halaman

Hindari Menutup Wajan

Tips Memasak Kangkung agar Tetap Hijau

Saat memasak tumisan kangkung atau apapun itu, disarankan untuk tidak menutupnya. Hal ini karena, uap yang terperangkap dapat membuat kangkung menjadi layu.

Jika demikian, kangkung justru akan kehilangan warna hijaunya. Biarkan panci atau wajan tetap terbuka saat proses memasak, dan masaklah dengan cepat untuk tetap menjaga kualitas nutrisi dari kangkung.

 

8 dari 8 halaman

Sajikan Kangkung dengan Segera

Setelah dimasak, disarankan untuk sesegera mungkin menyajikan kangkung. Sebab, semakin lama kangkung didiamkan, semakin besar pula kemungkinan warnanya berubah menjadi hijau tua dan kecoklatan.

Tidak hanya saat dimasak terlalu lama, membiarkan kangkung setelah di masak cukup lama juga akan mengurangi tingkat warna dan kerenyahannya lho!

Itulah tips memasak kangkung agar tetap hijau yang bisa kamu praktikkan di rumah. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar