9 Tips Memasak Kembang Tahu yang Lezat dan Sempurna

Reporter : Arifina
Jumat, 2 Agustus 2024 10:00
9 Tips Memasak Kembang Tahu yang Lezat dan Sempurna
Jadi, bagaimana sih mengolah kembang tahu yang tepat? Simak dulu tips berikut, biar nggak salah langkah dan hasil olahan lebih lezat.

Ada beberapa tips memasak kembang tahu yang perlu diperhatikan agar mendapati hasil olahan masakan yang lezat sempurna. Ya, kembang tahu atau dikenal juga dengan julit tahu ini menjadi salah satu bahan masakan serbaguna dan kaya akan protein.

Kembang tahu dikenal juga dengan sebutan yuba. Terbuat dari susu kedelai yang dipanaskan, bahan ini kerap digunakan untuk memasak masakan china dan Jepang.

Kembang tahu memiliki tekstur yang lembut namun kenyal, dan mampu menyerap rasa dari bahan lain dengan sangat baik. Karena itulah, bahan ini cocok untuk dibuat menjadi berbagai hidangan.

1 dari 10 halaman

10 Manfaat Kembang Tahu untuk Kesehatan, Olahan Kedelai yang Punya Penampilan Cantik

© Shutterstock

Di antaranya, menjadi dimsum, tumis kembang tahu, wedang kembang tahu, dan masih banyak lainnya. Namun, untuk mengolah masakan berbahan utama kembang tahu ini cukup tricky.

Jika salah langkah, kamu justru akan mendapatkan hasil olahan masakan kembang tahu yang kurang nikmat. Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan tips memasak kembang tahu dilansir dari berbagai sumber!

 

2 dari 10 halaman

Pilih Kembang Tahu Berkualitas

Kualitas kembang tahu sangat berpengaruh pada hasil masakan. Pilih kembang tahu yang masih segar, berwarna putih kekuningan, dan tidak memiliki bau yang asam atau menyengat.

Kembang tahu yang berkualitas juga memilki tekstur yang lebih kenyal. Jika menggunakan kembang tahu kering, pastikan tidak ada jamur atau tanda-tanda kerusakan lainnya ya.

 

3 dari 10 halaman

Ada beberapa jenis kembang tahu yang bisa kamu pilih, di antaranya:

  • Gohyong atau kembang tahu tipis: Cirinya berwarna pucat, berbentuk lembaran, dan lentur. Kulit tahu jenus satu ini bisa langsung dipakai tanpa harus direndam air.
  • Kembang tahu tebal: Ada dua jenis kembang tahu tebal, yakni kulit tahu tawar yang berwarna kekuningan dan kulit tahu manis berwarna kecoklatan. Keduanya bertekstur kering rapuh, dan berbentuk lembaran.
  • Kembang tahu batangan (stick): Jenis yang satu ini berbentuk seperti persegi panjang kecil, berwarna kekuningan, dan kering.
  • Kembang tahu simpul: sama seperti namanya, jenisnya berbentuk simpul, berwarna pucat, dan bertekstur kering.

4 dari 10 halaman

Rendam di Air

10 Manfaat Kembang Tahu untuk Kesehatan, Olahan Kedelai yang Punya Penampilan Cantik

© Shutterstock

Sebelum mulai mengolah kembang tahu menjadi masakan lezat, hal yang harus diperhatikan adalah proses perendaman. Ya, bahan yang satu ini memang butuh direndam terlebih dahulu dengan air biasa saja.

Rendam kembang tahu selama kurang lebih 15-20 menit di air. Pastikan, keseluruhannya terendam sempurna di dalam air ya.

Kemudian, peras agar tidak terlalu basah dan menjadikan lembek. Perendaman kembang tahu ini bertujuan untuk menghilangkan bau yang menempel dan membuat teksturnya lebih lembut.

 

5 dari 10 halaman

Potong Kembang Tahu dengan Tepat

Sebelum mengolahnya, pastikan kamu memotong-motong kembang tahu terlebih dahulu. Tidak ada ketentuan seberapa ukuran yang dianjurkan, namun proses pemotongan ini bisa kamu lakukan sesuai dengan resep makanan yang kamu inginkan.

Misalnya, untuk olahan tumisan, maka kamu perlu memotong kembang tahu sebelum memasaknya. Potongan yang kecil akan membuat kembang tahu menyerap bumbu lebih baik.

Namun, jika digunakan sebagai kulit dimsum, kamu cukup memotongnya sesuai kebutuhan ya!

 

6 dari 10 halaman

Perhatikan Metode Memasak Kembang Tahu

Ada beberapa cara untuk mengolah kembang tahu, mulai direbus, dikukus, ditumis, ataupun diigoreng.

Direbus: Kembang tahu dapat direbus dalam sup atau kuah. Pastikan kamu memasaknya hingga benar-benar matang agar teksturnya menjadi lembut dan menyerap kuah dengan baik.
Dikukus: Mengukus kembang tahu adalah cara yang baik untuk menjaga kelembutannya. Kamu bisa mengukusnya bersama dengan bahan lain seperti sayuran atau daging.
Ditumis: Kamu bisa memasak kembang tahu sebagai menu tumisan yang lezat.
Digoreng: Kembang tahu juga dapat digoreng untuk mendapatkan tekstur yang lebih renyah di luar dan lembut di dalam. Pastikan minyak cukup panas agar hasilnya maksimal.

 

7 dari 10 halaman

Jangan Dimasak Terlalu Lama

10 Manfaat Kembang Tahu untuk Kesehatan, Olahan Kedelai yang Punya Penampilan Cantik

© Shutterstock

Kembang tahu mudah hancur saat diolah. Karena itu, tidak dianjurkan memasak bahan ini terlalu lama.

Cukup masak hingga kembang tahu matang dan berbau sedap. Kemudian, segera angkat dari alat masakan dan pindahkan ke wadah penyajian ya!

Memasak terlalu lama justru akan membuat tekstur kembang tahu terlalu lembek bahkan hancur. Sehingga, menjadikannya kurang lezat saat dimakan.

 

8 dari 10 halaman

Menggunakan Bumbu yang Tepat

Karena kembang tahu memiliki rasa yang cukup netral, penting untuk menggunakan bumbu yang kaya dan tepat. Kamu bisa menggunakan bumbu seperti kecap asin, saus tiram, bawang putih, jahe, dan cabai untuk menambah cita rasa.

Untuk masakan berkuah, kaldu yang kaya rasa juga sangat direkomendasikan. Sementara, jika digoreng kamu bisa sesuaikan saja dengan selera untuk bumbunya ya!

 

9 dari 10 halaman

Sajikan dengan Kombinasi yang Pas

Kembang tahu bisa dijadikan sebagai menu hidangan utama atau pelengkap. Bahkan, kamu juga bisa membuat camilan atau dessert dari bahan yang satu ini.

Jika kamu ingin memasak hidangan vegetarian, kembang tahu pilihan yang tepat sebagai pengganti daging. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan protein yang tinggi.

Padukan dengan sayuran segar atau jamur untuk sajian yang lebih sehat dan lezat.

 

10 dari 10 halaman

Masak dengan Api Kecil atau Sedang

Tips Memasak Kembang Tahu

© 2024 freepik.com/stocking

Nah, jika kamu memasak kembang tahu digoreng maka perlu memperhatikan suhu api yang digunakan. Dalam hal ini sebaiknya lakukan proses memasak dengan api kecil atau sedang.

Panaskan dulu minyak di wajan, baru kemudian masukkan kembang tahu yang akan digoreng dengan suhu api yang dikecilkan. Cara ini bertujuan agar olahan masakan matang merata dan tidak gosong.

Lakukan juga proses pembalikan saat menggoreng dengan perlahan agar kembang tahu tidak hancur.

Itulah beberapa tips memasak kembang tahu yang bisa kamu praktikkan di rumah untuk membuat hidangan dengan bahan ini. Kreasikan dengan resep-resep favorit untuk menghadirkan menu spesial buat keluarga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar