10 Tips Membakar Ikan agar Tidak Amis, Lebih Lezat dan Nagihin Banget!

Reporter : Arifina
Senin, 22 Juli 2024 10:00
10 Tips Membakar Ikan agar Tidak Amis, Lebih Lezat dan Nagihin Banget!
Mau memasak ikan bakar tapi takut bau amis? Simak dulu tips berikut yuk! Dijamin rasa ikan bakar lebih lezat, gurih, dan anti bau.

Ada beberapa tips membakar ikan agar tidak bau amis yang harus diperhatikan. Hal ini agar olahan masakan terasa lebih lezat dan gurih tanpa gangguan.

Mengolah ikan bakar salah satu cara memasak yang banyak digemari. Sebab, hasil masakannya lezat dengan aroma yang menggugah selera.

Namun, proses membakar ikan ini memang seakan menjadi tantangan tersendiri. Jika asal, bukan tidak mungkin rasa ikan menjadi kurang lezat dan tetap bau amis.

Tentu saja bau amis pada ikan membuat orang malas menyantapnya. Nah, agar olahan ikan bakar yang kamu buat terasa tetap lezat maka kamu perlu menerapkan beberapa tips berikut!

1 dari 10 halaman

Pilih Ikan Segar

Cara Memilih Ikan Segar

© Freepik.com

Kunci utama dalam membuat ikan bakar yang lezat adalah dengan pada pemilihan ikan. Nah, pastikan kamu memilih ikan yang segar saat membelinya ya.

Nantinya, hal itu akan memengaruhi hasil masakan agar bebas amis dan tetap berkualitas. Ikan segar memiliki ciri-ciri daging yang kenyal, matanya yang jernih, dan insangnya berwarna merah muda.

Hindari membeli ikan yang sudah berbau tidak sedap atau dagingnya lembek ya.

2 dari 10 halaman

Bersihkan Ikan dengan Baik

Setelah memilih ikan yang segar, langkah selanjutnya adalah membersihkan ikan dengan benar. Membersihkan ikan dengan benar dapat membantu mengurangi bau amis.

Cuci ikan di bawah air mengalir dan pastikan kamu membersihkan bagian dalam perut ikan secara menyeluruh. Jangan lupa untuk membuang insang dan sisik ikan. Kemudian bilas ikan hingga benar-benar bersih.

 

3 dari 10 halaman

Rendam Ikan dalam Bahan Penghilang Amis

Merendam ikan dalam bahan penghilang amis sebelum dibakar sangat efektif. Beberapa bahan yang bisa digunakan antara lain:

  • Air jeruk nipis atau lemon: Asam dari jeruk nipis atau lemon dapat menghilangkan bau amis. Cukup rendam ikan dalam perasan jeruk nipis atau lemon selama 15-20 menit.
  • Garam: Garam juga efektif mengurangi bau amis. Taburi garam pada seluruh permukaan ikan dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dicuci bersih.
  • Susu: Merendam ikan dalam susu selama 30 menit dapat membantu menghilangkan bau amis dan membuat daging ikan lebih lembut.

 

4 dari 10 halaman

Rendam Ikan dengan Bumbu Rempah

Tips Membakar Ikan agar Tidak Amis

© 2024 freepik.com/azerbaijan_stockers

Selain bahan penghilang bau amis, kamu juga bisa merendam ikan dengan bumbu rempah. Cara ini, akan menjadikan ikan lebih beraroma sedap dan terasa lezat.

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, rendamlah ikan dengan bumbu selama minimal 30 menit. Bumbu yang bisa digunakan antara lain adalah bawang putih, bawang merah, ketumbar, jahe dan kunyit.

Kamu juga bisa menambahkan bumbu lain sesuai dengan selera.

 

5 dari 10 halaman

Gunakan Arang atau Briket

Arang atau briket salah satu cara untuk proses pembakaran ikan lebih optimal. Bahan ini akan membuat hasil masakan ikan lebih nikmat tanpa berbau.

Hindari menggunakan minyak tanah saat membakar ikan karena dapat menghasilkan bau yang tidak sedap dan berbahaya bagi kesehatan.

 

6 dari 10 halaman

Panaskan Alat Pembakaran dengan Benar

Sebelum mulai membakar ikan, pastikan alat pembakaran sudah dipanaskan dengan baik. Panas yang cukup akan membantu ikan matang merata dan mencegah bau amis lho!

Proses ini juga akan membuat hasil pembakaran ikan lebih sempurna, dan anti hancur. Sehingga, masakan akan sangat lezat saat disantap.

 

7 dari 10 halaman

Bakar Ikan dengan Api Sedang

Tips Memanggang Ikan agar Tidak Lengket

© 2024 freepik.com/Racool_studio

Proses pembakaran ikan juga perlumenjadi perhatian penuh. Bakarlah ikan dengan api sedang untuk hasil yang lebih lezat.

Api kecil akan membuat ikan matang secara merata dan tidak gosong. Hindari membakar ikan dengan api besar karena dapat membuat ikan menjadi kering.

Selain itu, api besar rentan menjadikan masakan cepat gosong dan membuat tekstur daging alot.

 

8 dari 10 halaman

Oleskan Bumbu Saat Membakar

Oleskan sisa bumbu marinasi atau bumbu lainnya pada ikan saat sedang dibakar. Hal ini akan membuat ikan semakin lezat dan gurih.

Kamu bisa menambahkan juga beberapa bahan beraoma. Misalnya, menambahkan daun jeruk, daun salam, atau serai saat proses pembakaran. Cara ini akan menambah aroma harum pada ikan lho!

 

9 dari 10 halaman

Jangan Terlalu Sering Membalik Ikan

Saat membakar ikan, usahakan untuk tidak terlalu sering membaliknya. Biarkan ikan matang pada satu sisi terlebih dahulu sebelum dibalik ke sisi lainnya.

Kemudian, baru balik ikan dan biarkan juga matang tanpa dibolak balik lagi. Terlalu sering membalik ikan bisa membuat dagingnya hancur dan mengeluarkan bau amis.

 

10 dari 10 halaman

Pastikan Ikan Matang Sempurna

ikan bakar

© unileverfoodsolutions.co.id

Pastikan ikan matang sempurna sebelum disajikan. Ciri-ciri ikan yang matang adalah dagingnya yang berwarna putih dan mudah dipisahkan dari durinya.

Selai itu, pastikan sudah tidak ada cairan atau getah dari ikan. Kamu bisa mengetahuinya dengan menusuk sedikit daging ikan.

Nah, ikan bakar siap disajikan dengan saus cocolan seperti sambal kecap, sambal dabu-dabu, atau sambal matah, dan masih banyak lainnya.

Itulah tips membakar ikan agar tidak bau amis. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, dijamin olahan masakan lebih lezat, gurih, dan beraroma sedap. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar