6 Tips Membersihkan Talenan Plastik, Bebas dari Noda dan Kembali Kinclong dengan Mudah

Reporter : Arifina
Jumat, 28 Juni 2024 12:00
6 Tips Membersihkan Talenan Plastik, Bebas dari Noda dan Kembali Kinclong dengan Mudah
Bye noda talenan plastik! Ternyata membersihkannya tidak sulit lho! Cukup pakai bahan di rumah, talenan akan kinclong kembali.

Ada beberapa tips membersihkan talenan plastik yang bisa kamu praktikkan di rumah. Alat masak satu ini cukup penting dan sering digunakan untuk membantu proses memotong dan menyiapkan bahan makanan.

Karena sering digunakan, talenan plastik yang sering digunakan untuk memotong berbagai bahan makanan, lama kelamaan akan kotor, berbau, dihinggapi bakteri.

Noda pada talenan plastik tidak hanya mengganggu estetika, tetapi juga dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan. Padahal, alat inilah yang akan membantu proses memasak.

Karena itu, membersihkan talenan plastik sangatlah penting. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan higienitas makanan yang diolah.

Nah, berikut ini tips membersihkan talenan plastik dengan mudah dan tepat dilansir dari berbagai sumber!

1 dari 6 halaman

Sabun dan Air Hangat

Tips Membersihkan Talenan Plastik

© 2024 freepik.com

Metode ini merupakan cara paling sederhana dan mudah untuk membersihkan talenan plastik. Cukup cuci talenan dengan menggunakan sabun cuci piring dan air hangat untuk membersihkan seluruh permukaan talenan.

Gosok talenan dengan spons atau sikat khusus untuk mengangkat noda membandel. Bilas talenan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau lap bersih.

Cara ini cukup memudahkan menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada talenan plastik.

2 dari 6 halaman

Gunakan Spons atau Sikat Lembut

Perhatikan alat yang kamu gunakan saat membersihkan talenan plastik. Hal ini agar alat masak ini tidak rusak atau tergores.

Kamu bisa menggunakan spons atau sikat yang lembut untuk menjaga kualitas talenan agar tidak tergores dan rusak. Hindari menggunakan sikat kawat atau bahan abrasif lainnya.

Sebab, alat berbahan kawar justru dapat menggores permukaan talenan dan membuatnya lebih rentan terhadap bakteri.

3 dari 6 halaman

Baking Soda dan Cuka

Tips Membersihkan Talenan Plastik

© 2024 freepik.com

Baking soda dan cuka merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan noda dan bau pada talenan plastik. Campurkan baking soda dan cuka dengan perbandingan 1:1.

Kemudian, oleskan campuran tersebut pada seluruh permukaan talenan. Diamkan selama 15-30 menit, lalu gosok talenan dengan spons atau sikat khusus. Bilas talenan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau lap bersih.

4 dari 6 halaman

Lemon dan Garam

Lemon dan garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan dan mensterilkan talenan plastik. Hal ini juga ampuh untuk membersihkan talenan plastik dari noda.

Potong lemon menjadi dua bagian dan taburkan garam di atasnya. Gosok talenan dengan lemon dan garam secara menyeluruh.

Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas talenan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau lap.

 

5 dari 6 halaman

Pasta Gigi

Tips Membersihkan Talenan Plastik

© 2024 freepik.com

Pasta gigi tidak hanya untuk membersihkan gigi, tetapi juga dapat digunakan untuk membersihkan talenan plastik lho! Caranya pun cukup mudah, sebab kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada seluruh permukaan talenan.

Kemudian, gosok dengan sikat gigi bekas yang bersih dan halua. Bilas talenan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau lap.

 

6 dari 6 halaman

Rendam dalam Air Panas

Jika kondisi talenan plastik sangat kotor hingga berbau, maka kamu perlu membersihkannya dengan perendaman di air hangat. Rendam talenan plastik dalam campuran air panas dan sabun cuci piring selama 30 menit.

Ini membantu melonggarkan sisa makanan dan kotoran yang menempel. Setelah itu, cuci dan gosok noda membandel dengan sikat atau spons, bilas sampai bersih.

Itulah tips membersihkan talenan plastik yang bisa kamu terapkan di rumah. Dengan mengikuti tips di atas, talenan plastik akan selalu kinclong, bebas bakteri, dan aman untuk digunakan untuk menyiapkan makanan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar