Anti Gagal! Ini 9 Tips Membuat Kue Putri Salju Yang Lembut dan Lumer di Mulut

Reporter : Arifina
Kamis, 21 September 2023 20:07
Anti Gagal! Ini 9 Tips Membuat Kue Putri Salju Yang Lembut dan Lumer di Mulut
Bikin kue putri salju tapi gagal terus? Simak beberapa tipsnya berikut deh!

Tips membuat kue putri salju yang lembut harus diperhatikan dengan detail, karena dibutuhkan bahan dan teknik khusus. Kue ini biasanya terbuat dari campuran mentega, tepung terigu, gula halus, dan kacang almond.

Setelah kue matang, biasanya penyajiannya ditaburi dengan gula halus, sehingga tampilan kue terlihat seperti salju.

Kue putri salju adalah salah satu kue kering yang wajib ada khususnya saat Bulan Ramadhan. Kue putri salju memiliki kombinasi rasa manis dan gurih yang pas.

1 dari 11 halaman

Tips Membuat Kue Putri Salju yang Lembut

Untuk menghasilkan tekstur dan rasa yang pas, takaran dan bahan yang diperlukan harus diperhatikan. Umumnya bentuk kue putri salju ini berbentuk bulan sabit.

Namun, banyak juga variasi bentuk kue putri salju yang lain, salah satunya bulat. Tetapi, sampai saat ini bentuk bulan sabit yang paling cocok dan terkenal untuk ciri khas kue putri salju.

Berikut tips-tips membuat kue putri salju yang lembut dan anti gagal!

2 dari 11 halaman

Perhatikan Bahan yang Digunakan

Dengan memperhatikan takaran setiap bahan pada resep, kue putri salju kamu akan menghasilkan bermacam-macam tekstur.

Jika kamu sering menemukan tekstur keras pada kue putri salju, artinya kamu menambahkan telur pada adonannya. Karena pada dasarnya kue putri salju adalah salah satu jenis kue kering yang tidak menggunakan telur sama sekali.

3 dari 11 halaman

Gunakan Tepung Protein

Ilustrasi Tepung Beras

Untuk menghasilkan kue putri salju yang lembut, gunakan tepung dengan protein sedang. Bahan yang satu ini akan membuat kue putri salju dapat memiliki tekstur yang lembut, rapuh, dan enak.

Selain itu, tepung protein tinggi dapat membantu tekstur kue salju menciptakan lapisan luar kue yang rapuh ketika dipanggang dengan benar. Tepung protein juga memiliki daya serap yang baik untuk bahan lainnya. Seperti menyerap cairan (mentega atau margarin) dengan baik agar kue tetap lembut dan rapuh.i

4 dari 11 halaman

Hindari Menggunakan Gula Pasir

Tekstur gula pasir yang kasar akan membuat adonan kue putri salju bertekstur kasar dan tidak lembut. Maka hasil yang diberikan tidak akan sama saat kamu menggunakan gula halus dalam adonan.

Namun, jika tetap ingin memakai gula pasir, kamu bisa menghaluskan terlebih dahulu dengan blender atau yang lainnya. Kamu juga bisa menggunakan gula pasir sebagai taburan diatas kue putri salju setelah dipanggang.

5 dari 11 halaman

Sesuaikan Jumlah Mentega dan Margarin

Tips Membuat Kue Putri Salju yang Lembut

Takaran mentega pada resep kue putri salju harus tepat jika ingin mendapati rasa yang lembut dan lumer. Umumnya, takaran anatara mentega dan margarin yang digunakan dengan perbandingan 50:50.

Hal ini dilakukan agar tekstur kue putri salju lumer dan lembut di mulut. Namun, setiap resep mempunyai takaran yang berbeda, jadi pastikan kamu memeriksa resep lebih detail saat akan membuatnya.

6 dari 11 halaman

Uleni Adonan Sebentar Saja

Setelah memasukkan semua bahan-bahan hingga tercampur rata, maka tahap yang dilakukan adalah menguleni. Namun, dalam menguleni adonan tidak boleh terlalu lama dan overmix.

Hal tersebut harus dihindari agar mentega dan margarin tidak meleleh, karena akan melebar saat nanti akan dibentuk. Terlalu banyak mengaduk adonan dapat membuat kue menjadi keras saat sudah matang.

7 dari 11 halaman

Atur Ketebalan Kue Putri Salju

Tips Membuat Kue Putri Salju yang Lembut

Pastikan dalam membentuk adonan kue putri salju tidak terlalu tebal atau tipis. Karena jika adonan kue putri salju terlalu tebal akan sulit matang merata, sementara itu jika terlalu tipis dapat membuat kue menjadi cepat hancur.

Jadi pastikan semua bentuk dan ketebalan kue sama rata, agar matang merata.

8 dari 11 halaman

Sesuaikan Suhu Oven

Atur suhu panas dalam oven dengan baik sebelum memaaknya. Suhu yang biasa digunakan sekitar 160-180°C (tergantung oven) selama 15-20 menit hingga bagian bawah kue berubah warna menjadi kecoklatan.

Dengan ketebalan yang sama rata dan suhu yang baik saat memanggang kue, maka akan dihasilkan kuep putri salju dengan tekstur yang lembut. Jangan lupa untuk selalu mengawasi kue dalam oven, karena kue putri salju bisa cepat gosong jika terlalu lama di oven.

9 dari 11 halaman

Beri Gula Halus

Kue Putri Salju Sederhana

Kue putri salju sudah memiliki ciri khas dengan balutan gula halus di setiap lapisan. Gula halus sendiri memberikan tampilan pada kue yang serupa dengan salju yang lembut.

Selain itu, gula halus juga memberikan rasa manis dan lebih enak saat dimakan. Gula halus bisa ditaburkan pada kue putri salju yang sudah matang dan sedikit hangat setelah keluar dari oven.

10 dari 11 halaman

Simpan Dalam Wadah yang Rapat

Setelah diberi taburan gula halus, pastikan kamu menyimpan kue putri salju dalam wadah yang tertutup rapat. Masukkan saja ke dalam toples jika keadaan kue sudah dingin.

Hal tersebut untuk menjaga tekstur lumer dan lembut kue putri salju selama beberapa bulan penyimpanan. Jangan lupa untuk memperhatikan tips membuat kue putri salju yang lembut ini saat disajikan bersama keluarga, khususnya di Bulan Ramadhan.

Sangat mudah dibuat, rasanya yang lembut dan lezat. Karena kue ini sangat populer dan banyak dicari, pastikan makanan ini wajib ada di toples rumah!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar