7 Tips Membuat Tempe Goreng yang Renyah, Garing, Super Gurih, dan Kriuk Abis!

Reporter : Arifina
Kamis, 25 Juli 2024 10:07
7 Tips Membuat Tempe Goreng yang Renyah, Garing, Super Gurih, dan Kriuk Abis!
Makanan kesukaan siapa nih? Tempe goreng renyah bisa banget dibuat dengan mudah lho! Cocok buat lauk makan ataupun camilan deh!

Ada beberapa tips membuat tempe goreng yang renyah dan gurih. Makanan sederhana ini banyak difavoritkan masyarakat Indonesia, bahkan jadi salah satu yang khas.

Cita rasanya yang gurih, digoreng garing, dan krenyes membuat tempe goreng selalu menggoda untuk dinikmati. Namun, tidak semua orang bisa membuat tempe goreng yang sempurna.

Biasanya, tempe goreng dijadikan sebagai pendamping masakan. Selain itu, makanan ini juga bisa menjadi camilan harian yang gurih dengan gigitan cabai atau cocolan sambal kecap.

 

1 dari 8 halaman

Tips Membuat Tempe Goreng yang Renyah

© 2024 cookpad.com/@cook_5989681

Sebagian orang berpikir membuat tempe goreng yang renyah pasti diolah dengan lapisan tepung. Padahal, meski tanpa bahan tersebut kamu tetap bisa menghasilkan tekstur kriuk dari tempe lho!

Nah, ada beberapa trik untuk membuat tempe goreng terasa renyah dan gurih yang bisa kamu praktikkan di rumah. Apa saja? Simak yang berikut!

 

2 dari 8 halaman

Perhatikan Pilihan Jenis Tempe

Langkah pertama yang penting adalah memilih tempe yang berkualitas. Tempe yang baik memiliki tekstur padat dan tidak terlalu basah.

Jenis tempe padat ini akan menghasilkan tekstur yang lebih renyah saat digoreng. Hindari tempe yang berbau asam atau memiliki warna yang tidak merata.

Tempe dengan kondisi berbau bisa jadi sudah tidak segar. Hal ini akan memengaruhi hasil gorengan menjadi kurang optimal dan tidak lezat.

 

3 dari 8 halaman

Iris Tempe dengan Ketebalan Seragam

Proses pengirisan tempe berpangruh pada hasil masakan. Nah, untuk mendapatkan hasil gorengan yang renyah, iris tempe dengan ketebalan yang tipis dan seragam.

Ketebalan yang disarankan adalah sekitar 0.5 cm. Dengan irisan yang tipis, tempe akan lebih mudah matang dan menjadi renyah.

Tempe yang diiris terlalu tebal justru kan membuat bagian dalamnya basah meski sudah digoreng dalam waktu yang lama.

 

4 dari 8 halaman

Rendam dengan Bumbu

Tips Membuat Tempe Goreng yang Renyah

© 2024 cookpad.com/@mamabundaB3

Merendam tempe dengan bumbu sebelum digoreng akan memberikan rasa yang lebih gurih. Hal ini biasa disebut dengan proses marinasi bahan masakan.

Kamu bisa merendam tempe dalam campuran bawang putih yang dihaluskan, ketumbar, garam, kunyit, dan air. Rendam selama sekitar 15-30 menit agar bumbu meresap dengan baik.

Jika ingin lebih simple, kamu bisa gunakan bumbu instan. Baru setelahnya digoreng sampai garing.

 

5 dari 8 halaman

Goreng dengan Minyak Panas

Perhatikan proses menggoreng tempe untuk hasil yang optimal. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkan tempe.

Minyak yang panas akan membuat tempe cepat matang dan renyah. Gunakan api sedang agar tempe tidak cepat gosong.

Kamu bisa menguji suhu minyak dengan memasukkan sepotong kecil tempe. Jika minyak berbuih dan tempe mengapung, berarti minyak sudah cukup panas.

 

6 dari 8 halaman

Jangan Menggoreng Tempe Sekaligus

Hal lain yang juga harus diperhatikan saat proses menggoreng tempe ini adalah jangan langsung memasukkan sekaligus. Sebab, hal ini justru membuat suhu minyak turun.

Sehingga, hasil akhir tempe juga menjadi kurang renyah. Sebaiknya, goreng tempe dalam beberapa batch untuk hasil yang maksimal.

Menggoreng dalam jumlah yang cukup menjadikan tempe matang dan renyah sempurna.

7 dari 8 halaman

Tiriskan dengan Benar

Tips Membuat Tempe Goreng yang Renyah

© 2024 dapurkobe.co.id

Proses yang juga tak boleh asal dilakukan adalah penirisan tempe setelah digoreng. Saat matang dan sudah berwarna coklat, angkat dan tiriskan langsung tempe di atas kertas minyak atau tisu dapur.

Cara tersebut bertujuan untuk menghilangkan kelebihan minyak. Meniriskan tempe dengan benar akan membantu menjaga kerenyahan tempe lebih lama lho!

Dengan begitu tempe akan lebih nikmat saat dimakan.

 

8 dari 8 halaman

Gunakan Tepung Pelapis

Kalau tips yang satu ini berlaku untuk kamu yang ingin membuat tempe goreng tepung. Biasanya, dengan mencampurkan tepung pelapis akan didapati hasil yang lebih renyah.

Lapisi tempe dengan tepung sebelum digoreng. Tepung yang bisa digunakan antara lain tepung beras, tepung terigu, atau campuran keduanya.

Tepung beras biasanya memberikan hasil yang lebih renyah dibandingkan tepung terigu.

Itulah beberapa tips tips membuat tempe goreng yang renyah dan gurih. Kamu bisa mempraktikannya di rumah untuk hidangan pendamping lauk makan ataupun camilan dengan cocolan sambal kecap nih! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar