7 Tips Menggoreng Mie agar Tidak Lengket, Kenyalnya Pas dan Anti Menggumpal

Reporter : Arifina
Rabu, 22 Mei 2024 12:47
7 Tips Menggoreng Mie agar Tidak Lengket, Kenyalnya Pas dan Anti Menggumpal
Kalau menggorengnya tepat, rasanya juga lebih nikmat!

Tips menggoreng mie agar tidak lengket bisa kamu praktikkan untuk mengolah masakan satu ini. Mie goreng memang seakan jadi salah satu makanan yang banyak difavoritkan orang.

Paling simple untuk sajian satu ini adalah mengolah mie goreng instan. Namun, untuk menghadirkan hidangan yang lebih nikmat Sebagian besar orang akan mengolah mie goreng dengan cara yang lain.

Pengolahan mie dengan kreasi sendiri ini bisa kamu tambahkan berbagai bumbu, hingga topping menarik. Misalnya, mie goreng seafood, kwetiau, bakmi, dan masih banyak lainnya.

 

1 dari 8 halaman

Resep Mie Goreng Jawa

Sayangnya, proses menggoreng mie ini bisa dikatakan susah-susah gampang. Banyak juga yang harus mengalami kondisi mie menjadi lengket dan menggumpal di wajan saat dimasak.

Alhasil, hal tersebut mempengaruhi hasil olahan mie menjadi kurang lezat dan teksturnya tidak menarik. Karena itu, proses menggoreng mie untuk hasil masakan yang sempurna harus diperhatikan dengan tepat.

Nah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mengolah mie goreng agar tidak lengket lho! Apa saja? Simak yang berikut!

 

2 dari 8 halaman

Pilih Jenis Mie yang Tepat

Sebelum masuk ke tahapan penggorengan, jenis mie juga perlu menjadi perhatian. Pastikan kamu memilih jenis mie yang tepat untuk diolah menjadi masakan lezat.

Gunakan mie dengan kadar tepung yang lebih sedikit, seperti mie kuning atau mie soun. Kamu juga bisa memilijh jenis mie dengan tekstur kenyal seperti mie telur, karena yang satu ini cenderung tidak mudah hancur dan lengket.

Hindari mie instan yang terlalu lembek karena mudah menyerap air dan lengket saat digoreng. Namun, bila memang harus maka pastikan mie instan sudah kering setelah direbus sebelum digoreng dan diolah.

 

3 dari 8 halaman

Rebus Mie dengan Benar

Sebelum menggoreng, rebus mie terlebih dahulu hingga setengah matang. Mie yang terlalu matang akan menjadi lembek dan lebih mudah lengket saat digoreng.

Pastikan air sudah benar-benar mendidih saat merebus mie. Kuncinya, dalam perebusan mie jangan lebih dari 5 menit.

Setelah direbus, segera tiriskan dan bilas dengan air mengalir untuk menghentikan proses memasak serta menghilangkan sisa pati yang membuat mie lengket.

 

4 dari 8 halaman

Beri Minyak pada Mie

Tips Menggoreng Mie agar Tidak Lengket

Setelah mie direbus dan ditiriskan, campurkan sedikit minyak sayur pada ke dalamnya. Minyak akan membantu menjaga mie agar tidak saling menempel satu sama lain.

Aduk-aduk hingga semua mie terlapisi minyak dengan merata. Bisa juga dengan menambahkan minyak saat proses perebusan.

Sebab, beberapa jenis mie juga gampal menggumpal saat direbus. Sehingga, penambahan minyak akan memudahkan proses pelepasan mie dengan sempurna.

 

5 dari 8 halaman

Siram dengan Air Panas

Selain merebus mie, kamu juga bisa menyiramkan air panas ke dalam mie yang mau dimasak. Hal ini untuk membuat lapisan tepung pada mie hilang dan aman untuk kebersihannya.

Menyiram mie dengan air panas juga menjadi salah satu cara untuk membuat tekstur mie lebih lembut tapi tetap mempertahankan tingkat kekenyalannya.

Bisa juga dengan menyeduh mie dan merendamnya beberapa saat di air dengan suhu panas 70 derajat Celcius sebelum prose dimasak. Cara ini akan menjadikan mie melemas, namun tidak lembek.

 

6 dari 8 halaman

Goreng Mie dengan Teknik yang Tepat

Masuk ke tahapan penggorengan mie harus diperhatikan dengan benar. Saat proses ini, lakukan seperti kamu sedang menumis masakan.

Pastikan wajan atau penggorengan cukup panas sebelum menambahkan mie. Wajan yang tidak cukup panas akan membuat mie lengket.

Gunakan api sedang dengan jumlah minyak yang cukup. Hal ini nantinya kan mempengaruhi tekstur mie dan tingkat kematangannya pas.

 

7 dari 8 halaman

Jangan Terlalu Banyak Memasukkan Mie

Resep Mie Goreng Jawa

Saat proses menggoreng mie dan mengolahnya, jangan langsung memasukkan mie dalam jumlah besar. Namun, lakukan secara bertahap saja sedikit demi sedikit.

Memasukkan terlalu banyak mie sekaligus akan menurunkan suhu wajan. Hal inilah yang membuat mie lebih mudah lengket.

Goreng mie dalam porsi kecil agar mie bisa matang merata dan tidak lengket.

 

8 dari 8 halaman

Aduk Mie dengan Cepat

Menggoreng mie memang tidak disarankan dilakukan terlalu lama. Terlebih, mie sendiri sebelumnya telah melalui tahapan perebusan atau perendaman dan sudah lunak.

Sehingga, proses pengadukan saat menggoreng juga penting diperhatikan. Aduk mie dengan cepat dan merata menggunakan spatula atau sumpit.

Ini akan membantu mie terpisah dan matang dengan sempurna tanpa saling menempel. Terlalu lama menggoreng mie justru akan membuat teksturnya lebih kering dan kurang menarik.

Itulah tips menggoreng mie agar tidak lengket yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dijamin hidangan mie goreng untuk keluarga akan lebih kenyal, dan lezat. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar