7 Tips Menggoreng Tahu Jepang, Tidak Mudah Hancur, Gurih dan Lezat

Reporter : Arifina
Rabu, 26 Juni 2024 11:00
7 Tips Menggoreng Tahu Jepang, Tidak Mudah Hancur, Gurih dan Lezat
Sering mengalami kondisi tahu Jepang hancur saat digoreng? Simak deh tips berikut agar hasilnya tetap cantik dan lezat saat dinikmati.

Tips menggoreng tahu Jepang perlu diperhatikan dengan benar. Tahu jepang atau sering disebut juga dengan tahu sutra (silken tofu), memiliki tekstur yang lembut dan halus.

Karena tekstur yang dimilikinya itulah, tak jarang tahu Jepang rentan hancur saat digoreng. Hal ini membuat banyak orang merasa kesulitan saat ingin menggoreng tahu Jepang agar menghasilkan gorengan yang renyah dan tidak hancur.

 

1 dari 8 halaman

Braised Egg Tofu with Enoki Mushroom

instagram.com/christinefebrianita/

Biasanya, tahu Jepang ini dibuat menjadi berbagai olahan lezat. Salah satunya, sapo tahu yang terkenal dengan rasa kuah khas yang gurih.

Namun, sebelum mengolah menjadi sapo tahu, biasanya membutuhkan pula proses penggorengan terlebih dahulu, Nah, jika salah dalam pengolahan bukan tidak mungkin tahu akan hancur.

Tetapi, dengan beberapa tips sederhana, kamu bisa menggoreng tahu Jepang dengan sempurna lho! Sehingga dapat menghasilkan tahu yang renyah di luar dan lembut di dalam. Simak yang berikut!

 

2 dari 8 halaman

Pilih Jenis Tahu Jepang Berkualitas

Kondisi tahu Jepang menentukan hasil olahan nantinya. Sebelum mulai untuk menggorengnya, pastikan kamu memilih jenis tahu yang masih segar ya.

Tahu Jepang biasanya dijual dalam kemasan plastik yang berisi air. Periksa tanggal kedaluwarsa dan pastikan tahu tersebut tidak berbau asam.

Kamu juga bisa memastikan kesegaran tahu dengan mencium aromanya. Jika tidak berbau asam, maka tahu masih berkualitas baik.

 

3 dari 8 halaman

Rendam Tahu di Air Hangat

Langkah selanjutnya, untuk mendapati hasil akhir menggoreng tahu tanpa hancur maka kamu perlu merendamnya terlebih dahulu dengan air hangat. Saat proses ini, tetap lakukan saat kondisi tahu masih dalam kemasan.

Siapkan wadah atau mangkok besar, kemudian tuangi air hangat. Masukkan tahu dan pastikan terendam sempurna tanpa membuka kemasan.

Diamkan sejenak, kemudian angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

 

4 dari 8 halaman

Lepaskan dari Kemasan Bagian Tengah

Tips Menggoreng Tahu Jepang

© 2024 Instagram.com/@hanniyizhen

Berikutnya, setelah proses perendaman tahu tuntas, kamu bisa melepaskan tahu Jepang dari kemasannya. Namun, perlu diperhatikan untuk mempertahankan bentuk yang bulat sempurna kamu tidak bisa asal dalam memotongnya.

Mulailah dari bagian tengah kemasan dan potong secara melintang. Ini untuk mempermudah tahu Jepang terlepas dari kemasan tanpa khawatir hancur.

Dengan begitu, tahu akan mudah dikeluarkan dari kemasan dan siap diolah.

 

5 dari 8 halaman

Jangan Potong Tahu Terlalu Tipis

Sebelum masuk ke tahapan penggorengan, perhatikan pemotongannya. Apalagi, jika kamu ingin mempertahankan bentuk bulatnya, maka potong dengan hati-hati.

Jangan memotong tahu terlalu tipis, tapi sesuaikan daja dan jangan terlalu tebal. Ukuran tahu yang tipis justru akan membuat tahu gampang hancur saat digoreng lho!

Usahakan potong tahu dengan bentuk yang sama agar matang merata. Gunakan pisau yang tajam untuk menghindari tahu hancur.

 

6 dari 8 halaman

Baluri dengan Tepung

Langkah berikutnya, masuk ke tahapan membaluri tahu dengan tepung. Balurkan tahu dengan tepung secara merata sebelum digoreng.

Kamu bisa menggunakan tepung maizena, tepung terigu, atau campuran tepung beras dan tepung terigu. Tepung ini akan membantu menciptakan lapisan luar yang renyah.

Sedangkan, tepung maizena membantu menyerap air pada tahu dan membuat permukaannya lebih renyah.

7 dari 8 halaman

Panaskan Minyak dengan Suhu yang Tepat

Ilustrasi Sapo Tahu Seafood

© cookpad.com

Setelah tahu terbaluri sempurna dengan tepung, saatnya masuk ke tahapan penggorengan. Pastikan minyak yang digunakan untuk menggoreng benar-benar panas sebelum memasukkan tahu.

Suhu minyak yang ideal untuk menggoreng tahu adalah sekitar 170-180 derajat Celsius. Jika minyak terlalu dingin, tahu akan menyerap terlalu banyak minyak dan menjadi lembek.

Gunakan api sedang saat menggoreng tahu agar proses kematangannya merata. Sehingga, hasil akhir tahu akan lebih kokoh dan tidak hancur.

 

8 dari 8 halaman

Goreng dengan Hati-hati

Masukkan potongan tahu satu per satu ke dalam minyak panas, dan jangan terlalu banyak memasukkan tahu sekaligus. Goreng tahu hingga berwarna kecokelatan dan renyah di bagian luar.

Jangan sering membolak balik tahu saat proses menggoreng berlangsung. Cukup balik tahu saat lapisan bawahnya sudah tampak menguning dan kering.

Jika keduanya sisi sudah berwarna kuning kecoklatan, langsung angkat dan tiriskan. Nah, tahu siap disajikan dengan cocolan saus, atau bisa juga diolah menjadi masakan lezat setelahnya.

Itulah tips menggoreng tahu Jepang yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan begitu tahu tidak akan hancur dan makin lezat untuk dinikmati. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar