9 Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Awet Segar dan Tahan Lama

Reporter : Arifina
Selasa, 28 Mei 2024 15:00
9 Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Awet Segar dan Tahan Lama
Punya daging kurban banyak? Penyimpanan dalam kulkas harus dilakukan dengan tepat ya!

Tips menyimpan daging kurban di kulkas ini bisa kamu jadikan acuan nantinya untuk mempertahankan kualitas dan ketahanannya. Sebab, jika kamu asal meletakkannya begitu saja maka kondisi daging bukan tidak mungkin akan cepat rusak dan busuk.

Biasanya, di momen Hari Raya Idul Adha akan banyak daging berdatangan dalam jumlah yang banyak. Tentu saja, hal tersebut tidak bisa dimasak sekaligus bukan?

Karena itulah, perlu dilakukan penyimpanan daging di kulkas dengan cara yang tepat. Hal ini, agar daging tetap awet segar dan tidak busuk dengan cepat.

Lantas bagaimana menyimpan daging kurban di kulkas dengan tepat?
Simak yang dirangkumkan diadona.id dari berbagai sumber berikut yuk!

1 dari 9 halaman

Jangan Cuci Daging

Tips Memotong Daging Sapi agar Empuk

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat akan menyimpan daging di dalam kulkas adalah jangan sekali-kali mencucinya. Pastikan, kamu tetap mempertahankan daging yang kamu dapatkan tanpa harus dicuci.

Daging yang dicuci sebelum disimpan di kulkas justru akan membuatnya tidak tahan lama. Bahkan, mencuci daging juga memunculkan potensi bakteri dari air yang masuk ke dalam daging.

Selain itu, air yang tercampur juga berpotensi merubah rasa pada daging lho!

2 dari 9 halaman

Potong Daging Jadi Bagian Kecil

Sebaiknya, sebelum mulai menyimpan di dalam kulkas, potong-potong terlebih dahulu daging. Kamu bisa memotong daging dengan ukuran yang kecil-kecil.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan penyimpanan dan lebih praktis Ketika kamu akan mengolahnya. Kemudian, bagi-bagi setiap beberapa potongan daging di tempatnya untuk kebutuhan sekali masak.

Dengan begitu kesegaran daging lebih terjaga. Sebab, saat akan memasaknya kamu cukup mengambil salah satu saja tanpa harus mengeluarkan daging yang lainnya.

3 dari 9 halaman

Pisahkan dengan Jeroannya

Setelah memotong-motong daging menjadi bagian kecil, hal yang juga harus diperhatikan adalah jeroan. Nah, dalam hal ini hindari menyimpan daging bersamaan dengan jeroannya,

Sebab, jeroan justru akan cepat rusak dibandingkan dengan daging. Alangkah lebih baik, simpan secara terpisah agar tidak saling terkontaminasi ya.

4 dari 9 halaman

Marinasi Daging Lebih Dulu

Tips Agar Daging Tidak Alot

Tips lainnya untuk menjaga kesegaran daging yang disimpan dalam kulkas adalah dengan melakukan marinasi. Ya, proses ini bisa dengan mencampurkan daging engan garam terlebih dahulu.

Kemudian, letakkan daging dalam wadah kedap Udara baru simpan ke dalma kulkas. Dengan cara ini, kualitas daging lebih terjaga lho!

Kamu juga tidak perlu khawatir daging akan rusak atau cepat busuk deh!

5 dari 9 halaman

Simpan di Wadah Kedap Udara

Simpan daging dalam wadah plastik atau kantong plastik khusus freezer yang kedap udara. Pastikan untuk mengeluarkan udara dari dalam kantong sebelum menutupnya rapat-rapat.

Udara yang terjebak di dalam kantong bisa menyebabkan daging cepat mengalami freezer burn, yaitu kondisi di mana daging mengering dan berubah warna akibat kontak dengan udara dingin.

Menyimpan daging di wadah kedap udara membuat kualitasnya lebih terjaga.

6 dari 9 halaman

Beri Label dan Tanggal

Tak hanya mempersiapkan daging yang akan masuk ke dalam kulkas, tapi kamu juga harus memberikan label pada penyimpanan. Beri label dan catat tanggal penyimpanan pada setiap wadah atau kantong plastik.

Ini akan membantu kamu mengingat kapan daging tersebut disimpan. Sehingga, kamu bisa memprioritaskan penggunaan daging yang lebih lama disimpan terlebih dahulu.

Pemberian label ini juga membantu kamu untuk mengontrol masa dimpan dari daging.

7 dari 9 halaman

Pastikan Isi Freezer Kosong

Cara Mencairkan Daging Beku

Sebelum memualai untuk menyimpan daging di dalam kulkas, maka perhatikan area freezer. Daging akan lebih awet jika masuk dalam freezer.

Maka, pastikan kondisi freezer telah kosong dan tidak ada bahan makanan lain. Ruang freezer yang luas akan menjaga suhu tetap stabil dan mencegah adanya pembusukan pada daging.

Daging juga lebih baik disimpan tanpa campuran bahan makanan lain agar menghindari potensi tercemar.

8 dari 9 halaman

Simpan di Freezer dengan Suhu yang Tepat

Menyimpan daging di freezer ternyata tidak bisa asal lho! Daging sebaiknya disimpan di dalam freezer dengan suhu 1°C-4°C atau lebih rendah.

Suhu ini dapat menjaga kualitas daging dan mencegah pertumbuhan bakteri. Jika ingin menyimpan daging dalam waktu yang lebih lama, pastikan kulkas kamu memiliki fitur deep freeze untuk menjaga suhu tetap stabil.

Hindari menyimpan daging di bagian chiller agar tidak tercemari oleh bahan makanan lainnya.

9 dari 9 halaman

Jangan Simpan Daging yang Sudah Dicairkan di Freezer

Jika kamu telah mengolah daging dari freezer, maka jangan menyimpannya kembali. Sebaiknya, simpan di dalam kulkas bagian chiller saja.

Sebab, daging yang sudah cair atau dimasak justru akan mengganggu penyimpanan daging yang masih di dalam freezer jika kembali disimpan di dalamnya.

Konsumsi segera daging yang sudah dicairkan alam Waktu 1-2 hari untuk menjaga kesegarannya ya.

Itulah tips menyimpan daging kurban di kulkas yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan begitu, tak perlu khawatir daging akan busuk, karena dijamin awet tahan lama, dan kesegarannya terjaga optimal. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar