8 Tips Merebus Daging agar Tidak Bau, Masakan Bakal Terasa Lebih Nikmat

Reporter : Arifina
Kamis, 27 Juni 2024 12:00
8 Tips Merebus Daging agar Tidak Bau, Masakan Bakal Terasa Lebih Nikmat
Bye bye bau! Ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum mengolah daging menjadi masakan. Sehingga, cita rasanya juga lebih nikmat.

Tips merebus daging agar tidak bau menjadi salah satu hal penting yang perlu dilakukan sebelum mengolahnya menjadi makanan lezat. Bau prengus yang muncul pada daging bisa membuat masakan menjadi tidak sedap dan kurang menggugah selera.

Tak hanya itu, jika daging bau, maka proses mengolah masakan pun juga kurang nyaman. Karena itulah, baik daging sapi ataupun daging kambing alangkah lebih baiknya direbus dahulu untuk menghilangkan baunya.

Merebus bukan sekedar untuk menghilangkan bau, tapi juga bisa membuat tekstur dari daging lebih empuk dan juicy. Namun, perebusan daging juga tetap harus diperhatikan dengan benar.

Jika pengolahannya salah, daging juga tetap bisa berbau dan alot. Nah, berikut ini tips merebus daging agar tidak bau dilansir dari berbagai sumber. Apa saja?

1 dari 8 halaman

Hilangkan Lemak Daging

Tips Merebus Daging 5.30.7

© shutterstock.com

Tips pertama untuk membuat bau daging hilang, maka sebelum merebusnya kamu perlu menghilangkan bagian lemaknya. Lapisan lemak adalah salah satu penyebab munculnya bau kurang sedap pada daging.

Buang lemak daging dengan cara mengirisnya tipis-tipis. Tidak perlu membuang keseluruhan, kamu bisa menyisakan sedikit saja lemak tipis pada daging.

Ini agar daging tetap memunculkan cita rasa gurihnya langsung.

 

2 dari 8 halaman

Rebus dengan Jahe

Selanjutnya, jika daging sudah dihilangkan bagian lemak dan dipotong-potong maka masuk ke tahapan perebusan. Nah, dalam proses ini kamu bisa menambahkan jahe ke dalam rebusan daging.

Kamu hanya perlu memasukkan beberapa ruas jari jahe yang digeprek ke dalam panci rebusan daging. Jahe salah satu bahan yang bisa membantu menghilangkan bau kurang sedap pada jahe.

Selain itu, jahe juga akan membuat cita rasa masakan daging lebih lezat lho!

 

3 dari 8 halaman

Pakai Buah Nanas

Bukan sekedar untuk dinikmati, buah nanas ternyata dinilai ampuh untuk menghilangkan bau pada daging lho! Caranya pun mudah, kamu cukup parut nanas sedikit saja.

Kemudian, masukkan parutan nanas tersebut ke dalam air rebusan daging. Dengan begitu bau daging akan lenyap.

Selain itu, memakai nanas dalam proses perebusan ini akan membuat daging lebih empuk lho!

 

4 dari 8 halaman

Beri Perasan Air Lemon

Tips Mengolah Daging Sapi

© freepik

Perasan air lemon rupanya juga dapat menghilangkan bau pada daging. Balurkan air lemon secara merata pada daging yang akan direbus.

Diamkan selama beberapa saat saja, kemudian rebus daging di panci seperti biasa. Namun, perlu diingat penggunaan air perasan lemon ini tidak disarankan terlalu banyak.

Hal ini karena rasa asam pada lemon akan mempengaruhi cita rasa dari daging nantinya.

 

5 dari 8 halaman

Taburi Garam

Tidak hanya untuk bumbu olahan masakan semata, garam juga ampuh untuk menghilangkan bau pada daging. Taburkan garam pada permukaan daging yang akan direbus.

Cukup gunakan garam sedikit saja ya. Kemudian, rebus daging seperti biasa hingga tingkat empuk yang diinginkan.

Penambahan garam juga dapat menambah rasa sedap dan gurih pada daging.

 

6 dari 8 halaman

Rebus dengan Rempah-Rempah

Menambahkan rempah-rempah seperti ketumbar, lada, dan cengkeh ke dalam air rebusan daging bisa membantu menghilangkan bau pada daging. Cukup tambahkan saat proses perebusan.

Selain menghilangkan bau, rempah-rempah juga mengeluarkan aroma sedap yang mengurai bau tak sedap. Rempah memberikan rasa lebih nikmat pada daging Ketika diolah setelahnya.

 

7 dari 8 halaman

Hindari Merebus Daging dengan Jeroan

Tips Mengolah Daging Sapi

© freepik

Saat proses merebus, sebaiknya pisahkan aging dengan jeroannya. Hal ini karena, jeroan salah satu penyebab bau kurang sedap pada daging.

Memisahkan daging dengan jeroan juga akan memudahkan proses perebusan. Sehingga aroma yang ada pada jeroan tidak akan bercampur pada daging.

 

8 dari 8 halaman

Lakukan Teknik Perebusan Bertahap

Saat pertama kali merebus daging, biarkan mendidih selama beberapa menit, lalu buang air rebusannya. Ganti dengan air bersih dan rebus kembali daging hingga matang.

Cara ini efektif untuk menghilangkan bau dan kotoran yang terlepas dari daging saat perebusan awal. Dengan begitu, daging yang akan diolah akan lebih nikmat.

Itulah beberapa tips merebus daging agar tidak bau yang bisa kamu praktikkan di rumah. Kini, memasak daging tak perlu khawatir muncul bau kurang sedap lagi deh! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar