10 Tips Merebus Kentang agar Cepat Empuk, Tak Boros Gas dan Hemat Waktu

Reporter : Arifina
Rabu, 24 Juli 2024 10:00
10 Tips Merebus Kentang agar Cepat Empuk, Tak Boros Gas dan Hemat Waktu
Selama ini cara kamu merebus kentang sudah tepat belum? Ternyata mudah dan nggak makan waktu lho! Simak tipsnya berikut yuk!

Ada beberapa tips merebus kentang agar cepat empuk yang bisa kamu terapkan di rumah nih! Ya, proses perebusa kentang biasanya cukup memakan waktu. Padahal, dengan cara yang tepat kamu bisa merebus kentang dengan mudah dan cepat. Sehingga, kamu juga tak perlu khawatir kehabisan gas karena merebusnya.

Kentang salah satu bahan makanan serbaguna yang dapat digunakan di berbagai hidangan. Mulai dari olahan camilan hingga lauk pendamping.

Nah, merebus kentang ini sebagai salah satu langkah penting dalam persiapan beberapa hidangan. Misalnya, untuk membuat mashed potato, salad kentang, potato brulee, kentang butter, dan masih banyak lagi.

Berikut ini tips merebus kentang agar cepat empuk yang bisa kamu praktikkan dilansir dari berbagai sumber!

1 dari 10 halaman

Pilih Kentang yang Tepat

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami - Kentang

© shutterstock.com

Jenis kentang yang digunakan dapat mempengaruhi waktu yang diperlukan untuk merebus. Kentang dengan kandungan pati tinggi, seperti kentang russet, cenderung lebih cepat empuk dibandingkan dengan kentang waxy seperti kentang merah atau kuning.

Pastikan kamu memilih kentang yang berkualitas sebelum diolah. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada hasil olahan masakan yang kamu buat.

Pilih kentang yang kulitnya halus dan tidak terkelupas. Biasanya, jenis ini juga lebih cepat empuk saat direbus.

 

2 dari 10 halaman

Tips Merebus Kentang Agar Cepat Empuk© 2024 shutterstock.com/paulista

Potong atau Biarkan Utuh

Usai memastikan jenis dan kondisi kentang, maka cuci bersih hingga kulit coklatnya lebih terang. Kemudian kamu bisa memilih untuk memotong-motong atau membiarkan perebusan kentang dalam kondisi utuh.

Jika harus dipotong, maka pastikan ukurannya sama. Sehingga proses kematangannya bisa bersamaan dan empuknya pas.

Perlu diperhatikan, jangan mengupas kentang saat proses perebusan ya. Hal ini untuk mempertahankan vitamin B kompleks dan vitamin C yang ada pada kentang.

 

3 dari 10 halaman

Tips Merebus Kentang Agar Cepat Empuk© 2024 Immo Wegmann on Unsplash

Tusuk Kentang dengan Garpu

Nah, tips lainnya agar kentang lebih cepat empuk kamu bisa menusuk-nusuk permukaan kulit kentang dengan garpu. Cara lainnya, kamu bisa membuat sayatan pada permukaan kulitnya.

Tusukan-tusukan garpu tersebut berguna alam penyerapan panas air saat perebusan kentang. Sehingga, akan mempercepat kematangan di bagian dalamnya.

Selain membuat cepat empuk saat direbus, cara tersebut juga membuat kentang tidak mudah keriput dan pecah lho!

 

4 dari 10 halaman

Tips Merebus Kentang Agar Cepat Empuk© 2024 gocookyummy.com

Rendam Kentang di Air Dingin

Supaya hasil rebusan kentang bisa lembut dan cepat empuk, kamu bisa merendamnya terlebih dahulu di air dingin. Siapkan wadah, isi dengan kentang dan beri air hingga terendam sempurna.

Rendam kentang selama 20-30 menit. Ini membantu air masuk ke dalam tusukan-tusukan garpu dan membantu proses pelunakan kentang.

Sehingga, perebusan kentang bisa lebih cepat dan hasilnya empuk sempurna.

 

5 dari 10 halaman

Gunakan Panci Besar

Kondisi panci yang kamu gunakan memengaruhi hasil rebusan dari kentang lho! Salah satu cara yang tepat, gunakan panci besar sehingga seluruh kentang yang akan direbus bisa terendam air dengan sempurna.

Pastikan di bagian samping kentang terdapat sela, sehingga panas air bisa mematangkan seluruh sisinya dengan optimal. Hindari menggunakan panci kecil ya.

Sebab, panci kecil ini justru rawan membuat kentang bertindihan. Hal ini justru membuat beberapa bagian kentang tidak matang dengan sempurna.

 

6 dari 10 halaman

Gunakan Air Dingin

Jika biasanya proses perebusan bahan makanan menunggu air mendidih, hal ini tidak berlaku pada kentang. Justru kamu harus memulainya dengan air dingin.

Masukkan kentang ke dalam panci, tambahkan air dingin hingga semua kentang terendam sempurna. Baru setelahnya panaskan air secara perlahan.

Air dingin ini justru membantu kentang matang lebih cepat. Kentang juga akan matang dari luar ke dalam dengan lebih merata.

 

7 dari 10 halaman

Tambahkan Garam

Berapa Lama Merebus Wortel dan Kentang

© pinterest.com/tastingtable.com

Menambahkan garam saat perebusan kentang ternyata bisa mempercepat proses kematangannya lho! Tambahkan 1-2 sendok garam saat merebus kentang.

Garam dapat membantu air mendidih pada suhu yang lebih tinggi, sehingga kentang lebih cepat empuk. Selain itu, dengan cara ini dapat menambah cita rasa pada kentang lebih gurih dan lezat.

 

8 dari 10 halaman

Jangan Tutup Panci saat Perebusan Kentang

Menutup panci saat merebus kentang dapat memperlambat proses pemasakan lho! Uap yang terperangkap di dalam panci juga akan memegaruhi hasil dari kentang yang direbus menjadi kurang nikmat.

Biarkan saja proses perebusan kentang secara terbuka. Sehingga uapnya bisa keluar dengan mudah dan akan membuat proses memasak lebih cepat.

 

9 dari 10 halaman

Gunakan Teknik Perebusan yang Tepat

Teknik merebus kentang harus dilakukan dengan benar agar tidak memakan Waktu. Pastikan kamu merebusnya sampai benar-benar mendidih.

Didihkan air dengan api besar, kemudian kecilkan api saat kentang sudah mulai mendidih. Rebus kentang selama 10-15 menit, atau hingga mendidih kedua kalinya.

Kamu juga bisa membiarkan kentang direbus hingga tingkat kelunakan sesuai selera.

 

10 dari 10 halaman

 

Periksa Kematangan Kentang

Kentang dianggap empuk jika bisa ditembus dengan garpu tanpa banyak perlawanan. Jika mudah terlubangi, maka tandanya kentang sudah matang dan siap diangkat.

Mulailah memeriksa kentang setelah 10-15 menit memasak, tergantung pada ukuran besarnya dan potongannya. Jangan biarkan kentang terlalu lama di dalam air panas.

Setelah empuk, langsung angkat dan jauhkan dari air panas karena bisa membuat kendang hancur dan terlalu lembek.

Itulah beberapa tips merebus kentang agar cepat empuk. Dengan menerapkan tips di atas, maka proses memasak kentang tidak lagi memakan banyak Waktu dan hasilnya empuk sempurna. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar