8 Tips Minum Jamu agar Tidak Muntah, Pahitnya Berkurang

Reporter : Riza Umami
Selasa, 14 Mei 2024 15:00
8 Tips Minum Jamu agar Tidak Muntah, Pahitnya Berkurang
Ini nih beberapa tips minum jamu agar tidak muntah.

Ada sejumlah tips minum jamu agar tidak muntah yang bisa kamu lakukan. Terkadang, ada jamu yang memiliki rasa yang pahit sehingga mungkin kamu kesulitan saat mau meminumnya.

Bagi beberapa orang, rasa pahit atau aroma yang kuat dari jamu pun bisa membuat mereka merasa mual atau bahkan muntah setelah mengonsumsinya.

Untuk membantu kamu saat minum jamu, berikut ini beberapa tips minum jamu agar tidak muntah yang bisa kamu lakukan.

1 dari 8 halaman

1. Pilih Jamu yang Sesuai dengan Selera Kamu

Tips Minum Jamu agar Tidak Muntah© pinterest.com/snaptaste.com

Tips minum jamu agar tidak muntah yang pertama pilihlah jamu yang sesuai selera. Salah satu alasan utama mengapa orang mungkin merasa mual setelah minum jamu adalah karena rasa atau aroma yang tidak mereka sukai.

Jika kamu merasa sulit menelan jamu karena rasanya yang terlalu pahit atau aroma yang terlalu kuat, cobalah mencari jenis jamu yang lebih sesuai dengan selera kamu.

Beberapa jenis jamu memiliki rasa yang lebih netral atau bahkan memiliki varian dengan rasa yang lebih manis dan menyegarkan dengan tambahan madu atau jahe.

2 dari 8 halaman

2. Konsumsi Jamu Setelah Makan

Tips Minum Jamu agar Tidak Muntah© pinterest.com/V

Tips minum jamu agar tidak muntah yang kedua, mengonsumsi jamu setelah makan. Makanan dalam lambung dapat membantu menetralkan rasa atau aroma jamu yang kuat, sehingga mengurangi kemungkinan kamu merasa mual setelah mengonsumsinya.

Cobalah untuk mengonsumsi jamu setelah kamu selesai sarapan atau bisa juga dijadikan sebagai minuman ringan setelah makan siang.

3 dari 8 halaman

3. Minumlah dengan Perlahan

Ilustrasi Jamu Beras Kencur Tradisional© Pinterest.com/Diana Wati

Tips minum jamu agar tidak muntah yang ketiga, cobalah untuk tidak tergesa-gesa saat minum jamu. Minumlah dengan perlahan-lahan dan nikmati setiap tegukan.

Mengonsumsi jamu dengan perlahan-lahan dapat membantu tubuh kamu beradaptasi dengan rasanya yang khas dan mengurangi kemungkinan terjadinya reaksi mual. Jika kamu merasa mual saat meminum jamu, berhentilah sejenak dan biarkan perasaan tersebut mereda sebelum melanjutkan.

4 dari 8 halaman

4. Campur dengan Air Hangat

Ilustrasi Jamu Kunyit Asam© Pinterest.com/Widya

Tips minum jamu agar tidak muntah yang keempat, kamu bisa mencampurnya dengan air hangat. Beberapa orang menemukan bahwa mencampur jamu dengan air hangat dapat membantu mengurangi rasa pahit atau aroma yang kuat.

Air hangat dapat membantu melarutkan bahan-bahan jamu dengan lebih baik, sehingga menghasilkan minuman yang lebih halus dan mudah ditoleransi. Cobalah untuk mencampurkan jamu dengan air hangat dan biarkan sedikit mendingin sebelum kamu minum.

5 dari 8 halaman

5. Minumlah Secara Teratur

Tips Minum Jamu agar Tidak Muntah© pinterest.com/dapurmiranti.blogspot.com

Tips minum jamu agar tidak muntah yang kelima, coba untuk minum jamu secara teratur. Mengonsumsi jamu secara teratur dapat membantu tubuh kamu beradaptasi dengan rasanya yang khas dan mengurangi kemungkinan terjadinya reaksi mual.

Cobalah untuk minum jamu dalam jumlah yang direkomendasikan secara teratur, misalnya sekali atau dua kali sehari, untuk membantu tubuh kamu terbiasa dengan rasanya.

6 dari 8 halaman

6. Pilih Jamu yang Sesuai dengan Kondisi Kesehatan kamu

Tips Minum Jamu agar Tidak Muntah© pinterest.com/simplyrecipes.com

Tips minum jamu agar tidak muntah yang keenam, pilihlah jamu yang sesuai kondisi kesehatan kamu. Jamu memiliki beragam jenis dan khasiat, dan tidak semua cocok untuk setiap orang. Beberapa jenis jamu mungkin lebih cocok untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu daripada yang lain.

Sebelum memilih jamu untuk dikonsumsi, pertimbangkan terlebih dahulu kondisi kesehatan kamu dan konsultasikan dengan ahli jamu atau praktisi kesehatan untuk mendapatkan saran yang sesuai.

7 dari 8 halaman

7. Tambahkan Madu

Ilustrasi Jamu Kunyit Asam Sirih© Cookpad.com/@Esih Kurniasih

Tips minum jamu agar tidak muntah yang ketujuh, kamu bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit pada jamu. Madu merupakan salah satu pemanis alami yang kerap digunakan beberapa orang saat minum jamu yang pahit.

Penambahan jamu ini bikin jamu gak terlalu pahit dan mungkin lebih sesuai dengan selera kamu. Namun diperhatikan pula supaya tidak terlalu banyak menambahkan madu ya.

8 dari 8 halaman

8. Hindari Minum Jamu dalam Keadaan Lapar

Ilustrasi Jamu Kunyit Asam Tradisional© Cookpad.com/@anisatur raehan

Minum jamu saat perut kosong bisa meningkatkan rasa mual atau ketidaknyamanan. Sebelum mengonsumsi jamu, pastikan kamu telah makan atau mengisi perut kamu dengan makanan ringan. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan reaksi mual setelah minum jamu.

Itulah beberapa tips minum jamu agar tidak muntah yang bisa kamu coba. Dengan mengikuti sejumlah tips di atas, semoga bisa membantu kamu saat minum jamu sehingga jadi lebih mudah. Selamat mencoba ya.

Beri Komentar