8 Tips Supaya Daging Rendang Cepat Empuk, Anti Alot dan Makin Lezat Disantap

Reporter : Arifina
Selasa, 27 Juni 2023 17:17
8 Tips Supaya Daging Rendang Cepat Empuk, Anti Alot dan Makin Lezat Disantap
Ini nih rahasia agar daging rendang empuk sempurna dalam waktu singkat.

Rendang merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang khas dengan cita rasanya kaya dan bumbu yang melimpah. Makanan khs Minang ini banyak dijadikan sebagai menu utama saat momen perayaan Hari Raya Idul Adha.

Perpaduan rasa daging yang empuk dengan kaya bumbu rempah yang meresap membuat pecinta rendang akan ketagihan. Namun, untuk mendapati rasa rendnag yang empuk ada tips khusus nih!

1 dari 9 halaman

Tips Supaya Daging Rendang Cepat Empuk

Proses memasak daging rendang yang empuk biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi dengan beberapa tips khusus, kamu dapat mempersingkat waktu memasak dan tetap mendapatkan daging rendang yang lezat tapi tetap empuk sempurna.

Nah, berikut ini diadona.id rnagkumkan dari berbagai sumber tips supaya daging rendang cepat empuk!

2 dari 9 halaman

Pilih Bagian Paha Daging

Pemilihan bagian deging menjadi penentu apakah masakan rendnag yang kamu siapkan nanti bisa empuk sempurna. Sebaiknya, gunakan bagian paha daging yang memiliki tekstur kuat dan tidak mudah hancur.

Buang bagian lemak daging supaya saat mengolahnya rendang tidak terasa alot.

3 dari 9 halaman

Potong Searah dengan Serat

Tips Merebus Daging 5.30.7

Sebelum mulai memasak rendang, kamu juga perlu memerhatikan cara memotong dagingnya. Dalam hal ini, potonglah daging searah dengan serat.

Hal itu agar nanti saat proses pengolahan hasil masakan tidak alot. Memotong daging dengan ketebalan yang cukup dan searah serat juga membuat daging lebih cepat empuk lho!

4 dari 9 halaman

Pakai Buah Nanas

Buah nanas juga bisa digunakan untuk membuat daging lebih cepat empuk saat dimasak sebagai menu rendang lho! Caranya, saat merebus daging tambahkan potongan buah nanas ke dalamnya.

Cara lainnya bisa dengan membaluri daging sapi dengan buah nanas yang sudah dihaluskan atau diparut. Diamkan beberapa saat sebelum diolah ya!

5 dari 9 halaman

Pukul-Pukul Daging

Ilustrasi Daging Sapi

Sebelum proses pemasakan, memukul-mukul daging juga bisa jadi alternatif agar cepat empuk. Tapi, memukulnya jangan berlebihan hingga hancur ya!

Memukul daging juga memudahkan proses bumbu meresap sempurna lho! Lakukan pemukulan daging sebelum dibumbui ya!

6 dari 9 halaman

Gunakan Metode 5-30-7

Metode 5-30-7 adalah yang paling sering digunakan untuk mempercepat daging menjadi empuk. Ini adalah metode perebusan sebelum daging diolah menjadi masakan.

Cara ini juga bisa digunakan sebelum memasak rendang lho! Rebus dulu daging selama 5 menit, lalu matikan kompor dan diamkan selama 30 menit dalam kondisi tertutup rapat.

Selanjutnya, rebus kembali selama 7 menit baru daging siap untuk diolah menjadi masakan, termasuk rendang.

7 dari 9 halaman

Lumuri dengan Jahe Parut

Tips Supaya Daging Rendang Cepat Empuk

Sebelum prose memasak, ada baiknya melumuri daging sapi dengan jahe parut. Cara ini akan membantu daging lebih cepat empuk.

Caranya pun mudah, cukup parut jahe dan lumuri ke semua sisi daging sebelum dimasak ya!

8 dari 9 halaman

Pergunakan Santan Sesuai Kebutuhan

Penggunaan santan dalam memasak rendang akan memengaruhi hasil daging terasa empuk atau alot lho! Karena itu, pastikan takaran santan sesuai dengan yang dibutuhkan ya!

Selain menambah rasa semakin gurih, santan juga akan membantu proses daging cepat empuk saat memasak.

9 dari 9 halaman

Jangan Sering-Sering Diaduk

Ilustrasi rendang

Pastikan kamu untuk tidak sering-sering mengaduk rendang saat memasak. Bukannya mendapati hasil daging empuk, mengaduk terlalu sering justru akan menjadikan daging hancur.

Cukup aduk seperlunya saja dan perlahan-lahan agar bumbu rendang meresap. Daging pun akan lebih nkamt disantap dan tidak gosong.

Itulah sederet tips supaya daging rendang cepat empuk. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar