8 Tools AI untuk Review Jurnal, Bantu Kerjaan Kamu Jadi Lebih Cepat dan Akurat

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 10 Juli 2024 17:37
8 Tools AI untuk Review Jurnal, Bantu Kerjaan Kamu Jadi Lebih Cepat dan Akurat
Dengan perkembangan teknologi AI, ada beberapa alat atau tools yang dapat membantu proses review jurnal menjadi lebih cepat dan akurat.

Buat kamu di sana yang seorang mahasiswa atau pelajar, mereview jurnal untuk kebutuhan tugas pasti sudah bukan hal yang asing. Namun kamu semua juga pasti setuju kalau pekerjaan ini sangatlah membosankan. Kalau saja tidak butuh nilai untuk kebutuhan akademik, pasti memilih skip saja.

Tapi tenang, saat ini sudah banyak AI untuk review jurnal yang bisa membantu pekerjaan kamu Diazens. Tentu saja, dengan adanya AI ini pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan juga cepat. Nggak ada lagi tuh kata bosan ataupun yang lainnya.

Diadona telah merangkum beberapa AI untuk review jurnal yang bisa kamu jadikan referensi. Untuk selengkapnya, marikita simak ulasan di artikel berikut ini. Jadi, jangan lupa untuk menyimak sampai habis ya!

1 dari 9 halaman

Poe AI

Poe AI

Pertama ada Poe AI, ini adlaah tools yang dirancang untuk membantu pengguna dalam menganalisis dan memahami isi dari jurnal ilmiah. Poe AI menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk mengekstraksi informasi penting dan memberikan ringkasan yang jelas.

Namun, beberapa fitur di AI ini memerlukan biaya berlangganan yang cukup tinggi. Tapi tenang, UI dan UX yang user-friendly membuat Poe AI mudah digunakan oleh siapa saja, bahkan oleh mereka yang tidak memiliki latar belakang peneliti sekaligus.

2 dari 9 halaman

Research Rabbit

Research Rabbit

Lalu untuk AI yang kedua adalah Research Rabbit. AI ini akan membantu kamu menemukan, mengatur, dan menganalisis makalah ataupun jurnal penelitian, menghemat waktu dengan mengelola basis data penelitian.

Satu-satunya kekurangan dari Research Rabbit ini adalah efektivitasnya yang tergantung pada database jurnal yang diakses. Namun, Ai satu ini memiliki kelebihan mampu menemukan artikel yang mungkin tidak terdeteksi oleh metode pencarian biasa.

3 dari 9 halaman

SummarizeBot

SummarizeBot

SummarizeBot adalah alat berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dirancang khusus untuk membuat ringkasan otomatis dari berbagai jenis dokumen, termasuk artikel jurnal. AI yang satu ini sangat berguna untuk mengekstrak poin-poin penting dari artikel ilmiah panjang dengan cepat.

Jadi, alat ini akan membantu mengambil kata kunci yang digunakan pada jurnal, sehingga memudahkan dalam mengambil bagian-bagian penting yang dibutuhkan dalam rangkuman. Enaknya, Ai satu ini bisa kamu gunakan untuk berbagai format teks, termasuk PDF dan dokumen Word.

4 dari 9 halaman

SciSummary

SciSummary

Sederhananya, SciSummary adalah AI yang dirancang khusus untuk meringkas artikel ilmiah. Alat ini memanfaatkan model GPT-3.5 dan GPT-4 untuk menyediakan ringkasan dari berbagai artikel ilmiah dan makalah penelitian

Selain itu, Ai satu ini dirancang khusus untuk artikel ilmiah, sehingga lebih fokus. Namun, beberapa fitur mungkin hanya tersedia untuk pengguna premium. Untuk saat ini, Ai satu ini masih belum terlalu efektif untuk bahasa selain bahasa Inggris.

5 dari 9 halaman

Iris AI

Iris

Daftar AI untuk review jurnal yang selanjutnya adalah Iris. Secara keseluruhan, Iris bekerja dengan menangkap berbagai informasi penting dalam jurnal, lalu menuliskan rangkumannya.

Jadi, kamu sebagai pengguna akan memperoleh poin-poin penting, gagasan utama, dan highlight penting dari jurnal tanpa harus membaca keseluruhan teksnya. Iris pun akan menyederhanakan bahasa yang tertulis sehingga lebih mudah dipahami.

6 dari 9 halaman

Scholarcy

Scholarcy

Scholarcy adalah platform yang membantu peneliti dan mahasiswa dalam merangkum artikel ilmiah dan makalah penelitian. Alat ini menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami untuk menghasilkan ringkasan yang singkat dan jelas dari teks yang lebih panjang.

Dengan AI ini, kamu dapat dengan mudah memahami konten artikel tanpa harus membaca keseluruhan dokumen. Jadi, jika Anda mencari cara efisien untuk mengakses informasi dari artikel ilmiah, Scholarcy bisa menjadi solusi yang tepat.

7 dari 9 halaman

Resoomer AI

Resoomer

Lanjut, ada Resoomer yang merupakan alat berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk meringkas teks secara otomatis. Dengan menggunakan teknologi pemrosesan teks terkini, Resoomer dapat menghasilkan ringkasan singkat yang informatif dan mudah dipahami dari jurnal ilmiah sekalipun.

Namun, dalam beberapa kasus, Resoomer mungkin kehilangan beberapa detail penting saat membuat ringkasan atau review. Tapi itu nggak mengurangi kinerja AI ini dalam mereview jurnal.

8 dari 9 halaman

Genei AI

Genei

Terkahir, AI untuk review jurnal yang bisa kamu gunakan adalah Genei. Dengan menggunakan algoritma kustom AI, AI Genei dapat merangkum artikel, menganalisis penelitian, dan menemukan informasi kunci secara instan dan akurat loh Diazens.

Selain itu, tools AI satu ini juga akan membantu dalam penelitian kualitatif. Jadi, kalau kamu sedang mencari cara efisien untuk mengakses informasi dari artikel ilmiah, Genei bisa menjadi pilihan yang tepat.

9 dari 9 halaman

Dengan menggunakan beberapa AI di atas, proses pencarian, analisis, dan ringkasan artikel dapat menjadi lebih cepat dan akurat. Meskipun setiap alat memiliki kelebihan dan kekurangan, mereka semua menawarkan solusi riil untuk menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi kerja.

Tetapi sebagai seorang yang membutuhkan keabsahan data, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan ulang agar tidak ada poin penting yang terlewat. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Diazens!

Beri Komentar