9 Aplikasi Drone Untuk HP Android, Recommended Banget!

Reporter : Yoyok
Selasa, 23 Juli 2024 20:44
9 Aplikasi Drone Untuk HP Android, Recommended Banget!
Drone telah menjadi salah satu item penunjang untuk mereka yang suka fotografi dan videografi. Kini, drone bisa dikontrol dengan HP doang lho.

Ada beberapa aplikasi drone terbaik untuk Hp Android. Kebutuhan akan fotografi dan videografi di zaman sekarang memang berkembang sangat pesat. Semua orang sudah paham dan melek betapa pentingnya audio visual untuk marketing, media sosial, atau sekedar kenang-kenangan.

Salah satu alat yang bisa membantumu dalam mengambil gambar atau video dengan cara lebih epic yaitu dengan menggunakan drone. Drone dapat mengambil gambar atau video dari atas sehingga seluruh area dapat ditangkap oleh kamera. Tentu drone akan sangat berguna untuk mereka yang kerjaannya berkutat dengan audio visual.

Kini, penggunaan drone semakin mudah. Dulu drone hanya dapat dikenalikan dengan remote control-nya. Zaman sekarang, kamu bisa mengontrol drone hanya dengan HP lho.

Mengendalikan drone dengan HP tentu membutuhkan aplikasi. Tim redaksi Diadona telah mengumpulkan beberapa aplikasi drone untuk HP Android. Yuk disimak guys.

1 dari 6 halaman

Apa Itu Drone?

Aplikasi Drone Untuk Android© unsplash.com/Dose Media

Sebelum kita membahas aplikasinya, sebaiknya kita ketahui dulu apa itu drone. Drone yang juga dikenal sebagai Unmanned Aerial Vehicle (UAV), adalah pesawat yang dikendalikan dari jarak jauh atau terbang secara mandiri menggunakan program software atau aplikasi yang dikendalikan oleh sistem terpasang. Fungsi drone pun bermacam-macam, seperti:

1. Fotografi dan Videografi: Digunakan oleh fotografer profesional dan amatir untuk mengambil gambar udara dan video dari sudut yang unik.

2. Pemetaan dan Survey: Membantu dalam pembuatan peta topografi, pemantauan lahan pertanian, dan pengukuran tanah.

3. Pengawasan dan Keamanan: Digunakan oleh penegak hukum dan perusahaan keamanan untuk pemantauan dan patroli.

4. Penelitian dan Konservasi: Digunakan dalam penelitian ilmiah dan upaya konservasi untuk pemantauan satwa liar dan ekosistem.

5. Penyelamatan dan Bantuan Bencana: Membantu dalam misi pencarian dan penyelamatan serta pengiriman bantuan ke daerah bencana.

Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi drone untuk HP Android yang bisa kamu gunakan.

2 dari 6 halaman

Airmap

Aplikasi drone pertama untuk HP Android yaitu Airmap. Airmap merupakan aplikasi manajemen ruang udara yang dirancang untuk pilot drone komersial dan rekreasional. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang membantu dalam penerbangan drone yang aman dan terkoordinasi.

Ada banyak fitur yang yang bisa kamu manfaatkan saat menggunakan aplikasi Airmap. Seperti halnya peta interaktif yang menunjukkan informasi mengenai zona terbang yang aman, zona larangan terbang, dan wilayah yang membutuhkan izin khusus.

Aplikasi Drone Untuk Android© unsplash.com/Mitch Nielsen

Hover

Aplikasi drone yang kedua buat HP Android yaitu Hover. Hover merupakan aplikasi pengendali drone yang dirancang untuk memberikan informasi penting kepada pilot guna memastikan penerbangan yang aman dan efisien.

Ada banyak fitur yang disediakan oleh aplikasi Hover kepada pilot drone. Contohnya seperti menyediakan data cuaca real-time termasuk kecepatan angin, suhu, visibilitas, dan kondisi cuaca lainnya yang penting saat menerbangkan drone.

3 dari 6 halaman

Pix4Dcapture

Aplikasi berikutnya yaitu bernama Pix4Dcapture. Pix4Dcapture adalah aplikasi pemetaan drone yang memungkinkan pengguna merencanakan dan melaksanakan misi penerbangan untuk mengumpulkan data visual yang dapat digunakan untuk membuat peta 2D dan model 3D. Aplikasi ini dirancang untuk profesional di berbagai bidang seperti survei, konstruksi, pertanian, dan pemetaan.

Aplikasi Drone Untuk Android© unsplash.com/Iewek Gnos

B4UFLY

Aplikasi drone untuk HP Android berikutnya yaitu bernama B4UFLY. B4UFLY merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Federal Aviation Administration (FAA) untuk membantu operator drone di Amerika Serikat.

Tugasnya tentu untuk mengetahui di mana mereka dapat terbang dengan aman dan mematuhi peraturan yang berlaku. Jadi, kamu bisa mengetahui mana zona yang aman untuk menggunakan drone, dan mana yang tidak.

4 dari 6 halaman

DroneDeploy

Aplikasi drone untuk HP Android selanjutnya yaitu bernama yaitu DroneDeploy. DroneDeploy memanhg menjadi aplikasi buat pilot drone baik itu buat hobi atau pekerjaan.

Ada beberapa fitur utama dari DroneDeploy. Fitur-fitur tersebut sepertiperencanaan dan pengambilan gambar secara otomatis, pemetaan 2D dan 3D dari data yang dikumpulkan, integrasi dengan software lain, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Drone Untuk Android© unsplash.com/Jason Mavrommatis

DJI GO 4

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah DJI GO 4. DJI GO 4 adalah aplikasi resmi yang dikembangkan oleh DJI untuk mengendalikan berbagai model drone mereka, terutama dari seri terbaru seperti Phantom 4, Mavic Pro, Spark, dan lainnya.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur dan alat untuk membantu pengguna dalam mengoperasikan drone dengan lebih efektif dan aman. Berbagai fitur di aplikasi tersebut seperti Live HD view, Intelligent Flight Modes, kontrol kamera, dan masih banyak lagi.

5 dari 6 halaman

Litchi for DJI Drones

Berikutnya ada Litchi for DJI Drones yang jadi aplikasi pengendali drone untuk HP Android. Litchi for DJI Drones merupakan aplikasi pihak ketiga yang digunakan untuk mengontrol drone DJI.

Litchi for DJI Drones menawarkan berbagai fitur canggih yang tidak tersedia di aplikasi resmi DJI GO, seperti perencanaan waypoint, mode VR (Virtual Reality), pelacakan objek, mode fokus, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Drone Untuk Android© unsplash.com/Alessio Soggetti

UGCS for DJI

Satu lagi aplikasi buat drone DJI yaitu UGCS for DJI. UGCS for DJI merupakan aplikasi ground control yang dirancang untuk mengendalikan berbagai jenis drone DJI. beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan di aplikasi ini yaitu mendukung misi pemetaan udara, adanya pemantauan langsung (live feed) dari kamera drone, dan amsih banyak lagi.

6 dari 6 halaman

Kittyhawk

Aplikasi drone untuk HP Android yang terakhir yaitu Kittyhawk. Aplikasi satu ini mendukung berbagai jenis dan merek drone yang ada di pasaran. Fitur-fitur yang disediakan juga pastinya akan membantu pilot drone dalam mengoperasikannya.

Aplikasi Drone Untuk Android© unsplash.com/david henrichs

Itulah beberapa aplikasi drone untuk HP Android yang recomended banget. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar