Cara Mengaktifkan Fitur NFC di HP Samsung beserta Fungsinya

Reporter : Yoyok
Sabtu, 13 Juli 2024 14:37
Cara Mengaktifkan Fitur NFC di HP Samsung beserta Fungsinya
Brand HP zaman sekarang berlomba-lomba untuk menyediakan fitur mutakhir pada produknya. Salah satunya adalah HP merek Samsung dengan fitur NFC-nya.

Masih banyak yang bingung bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur NFC di HP Samsung. Seperti kita semua tahu, setiap mereka HP akan bersaing satu sama lain agar menjadi brand nomor satu di pasaran. Salah satu caranya yaitu dengan menambahkan fitur-fitur menarik di produk mereka.

Salah satu brand HP yang selalu gencar dalam hal fitur di setiap produknya adalah Samsung. Brand HP asal Korea Selatan ini selalu fokus dalam hal inovasi fitur-fitur di produknya. Salah satunya adalah fitur NFC pada HP Samsung.

Nyatanya, masih banyak orang yang bingung akan fitur satu ini. Tidak sedikit yang bingung cara untuk mengaktifkan serta apa fungsinya. Di sini, tim redaksi Diadona akan membahasnya. Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur NFC di HP Samsung beserta apa kegunaan atau fungsinya.

1 dari 3 halaman

Apa itu NFC?

Cara Aktifkan NFC di Samsung© shutterstock.com

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang tata cara aktifkan fitur NFC di HP Samsung, Ada baiknya kita bahas terlebih dahulu pengertiannya. NFC (Near Field Communication) adalah teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan perangkat elektronik, seperti smartphone, untuk saling berkomunikasi ketika berdekatan.

Fitur NFC bekerja dengan menginduksi medan elektromagnetik untuk memungkinkan komunikasi antara dua perangkat. Satu perangkat bertindak sebagai pemancar (initiator) dan yang lainnya sebagai penerima (target).

NFC memang memiliki jangkauan yang tidak terlalu jauh, namun hal ini yang menjadi keunggulannya. Karena jangkauannya yang sangat pendek, NFC dianggap lebih aman untuk transaksi dan komunikasi data dibandingkan teknologi nirkabel lainnya seperti Bluetooth atau Wi-Fi.

2 dari 3 halaman

Fungsi Fitur NFC

Cara Aktifkan NFC di Samsung© shutterstock.com

Masih banyak yang bingung akan fitur NFC pada brand smartphone sekarang. berikut ini adalah deretan kegunaan atau fungsi dari fitur NFC.

1. Pembayaran Mobile: NFC bisa digunakan dalam layanan pembayaran digital seperti Google Pay, Apple Pay, dan Samsung Pay. Pengguna dapat melakukan pembayaran hanya dengan mendekatkan ponsel mereka ke terminal pembayaran yang mendukung NFC.

2. Transfer Data: NFC memungkinkan transfer data cepat antara dua perangkat yang mendukung NFC. Contohnya, kamu dapat berbagi kontak, foto, atau file kecil lainnya dengan mendekatkan dua perangkat satu sama lain.

3. Tiket Elektronik dan Boarding Pass: NFC digunakan untuk tiket elektronik dalam transportasi umum, acara olahraga, konser, dan penerbangan. Pengguna hanya perlu mendekatkan perangkat mereka ke scanner untuk mengakses layanan tersebut.

4. Akses Kontrol: NFC digunakan dalam sistem kontrol akses untuk membuka pintu atau mengakses area tertentu. Misalnya, kartu kunci hotel sering menggunakan NFC.

5. Pairing Cepat: NFC memungkinkan pairing cepat dan mudah antara perangkat seperti speaker Bluetooth, headphone, dan printer hanya dengan mendekatkan perangkat yang mendukung NFC.

6. Pembacaan Tag NFC: NFC memungkinkan perangkat untuk membaca informasi dari tag NFC yang tertanam dalam poster, brosur, atau produk. Contohnya, kamu dapat mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk dengan mendekatkan ponsel Anda ke tag NFC pada kemasan produk.

7. Keamanan: NFC dapat digunakan untuk otentikasi pengguna dalam berbagai aplikasi keamanan, seperti membuka kunci ponsel atau mengakses aplikasi tertentu.

8. Game dan Hiburan: Beberapa permainan dan aplikasi hiburan menggunakan NFC untuk fitur interaktif, seperti menambahkan karakter atau item dalam game dengan mendekatkan figurine yang mendukung NFC.

3 dari 3 halaman

Cara Mengaktifkan Fitur NFC di HP Samsung

Cara Aktifkan NFC di Samsung© shutterstock.com

Kita sudah mengetahui apa itu, NFC beserta fungsinya. Sekarang kita lanjut untuk cara pengaktifannya. Berikut ini adalah tata cara mengaktifkan fitur NFC di HP Samsung.

1. Masuk ke menu Settings pada HP Samsung.

2. Pilih opsi NFC and contactless payment, klik tombol switch di bagian kanan opsi tersebut.

3. Fitur NFC pun sudah aktif. Kamu bisa menggunakannya untuk melakukan berbagai hal yang sebelumnya sudah dijabarkan, seperti alat pembayaran, transfer file, dan lain sebagainya.

4. Untuk mematikan atau menonaktifkannya, kamu tinggal tekan lagi switch di bagian kanan opsi NFC and contactless payment. Nantinya fitur NFC akan mati.

Itulah tata cara mengaktifkan fitur NFC di HP Samsung yang bisa coba kamu lakukan. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar