8 Cara Backup Data di HP dan Laptop, Dokumen Auto Aman dari Serangan Ransomware

Reporter : Yoyok
Kamis, 4 Juli 2024 19:35
8 Cara Backup Data di HP dan Laptop, Dokumen Auto Aman dari Serangan Ransomware
Siapa bilang backup data di laptop dan HP tidak penting? Kalau tidak kamu backup, data tersebut bisa dengan mudah hilang selamanya.

Ada beberapa cara backup data di HP dan laptop yang bisa kamu lakukan. Di zaman serba teknologi seperti ini, data digiotal menjadi salah satu hal yang perlu diamankan. Tidak hanya diamankan dari serangan hacker, namun data jug butuh perlindungan dari keteledoran kita, seperti halnya tidak sengaja menghapusnya.

Ada beberapa hal atau metode yang bisa dilakukan untuk mengamankan data, salah satunya adalah backup. Backup data sangat efektif ketika adanya serangan ransomware atau hacker yang menghapus sepenuhnya data tersebut.

Beberapa waktu lalu kita disadarkan dengan betapa pentinganya backup data. PDN (Pusat Data Nasional) beberapa hari lalu mendapatkan serangan dari hacker dan mengakibatkan sebagian besar data di PDN hilang. Salah satu kesalahan yang menjadi sorotan banyak orang adalah data-data di PDN tersebut tidak di-backup. Cuma 2 persen data yang di-backup dari keseluruhan data yang tersimpan. Tentu saja ini sangat blunder untuk institusi yang dikelola pemerintah.

Maka dari itu, backup data menjadi sangat penting sebagai langkah dalam mengamankannya. Kamu bisa melakukan backup data di HP maupun laptop. Berikut ini adalah beberapa cara mem-backup data di Hp dan laptop yang pelu kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Keuntungan Mem-backup Data

cara backup data di hp dan laptop© shutterstock.com

Melakukan backup pada data tidak hanya aman dari serangan hacker lho. Ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika melakukan backup data. berikut ini adalah deretan keuntungan melakukan backup data.

1. Antisipasi Kehilangan Data: Backup data melindungi dari kehilangan data akibat kerusakan perangkat, virus, atau serangan malware. Jika data utama hilang, kamu masih memiliki salinan cadangan.

2. Recovery Data yang Cepat: Dalam kasus data hilang atau rusak, backup memungkinkan pemulihan data dengan cepat sehingga mengurangi downtime dan mengembalikan operasi ke keadaan normal secepat mungkin.

3. Aman dari Human Error: Kadang-kadang, data bisa hilang karena kesalahan manusia seperti penghapusan file yang tidak disengaja. Backup memastikan bahwa kamu masih memiliki salinan data yang dapat dipulihkan.

4. Proteksi Serangan Ransomware: Backup data secara rutin dapat melindungimu dari serangan ransomware. Jika file terenkripsi oleh malware, kamu dapat menghapus malware dan memulihkan file dari backup.

5. Pikiran Jadi Tenang: Mengetahui bahwa datamu aman dan dapat dipulihkan kapan saja memberikan ketenangan pikiran. Ini mengurangi stres terkait potensi kehilangan data yang berharga.

6. Manajemen Versi Data: Beberapa solusi backup memungkinkanmu untuk menyimpan beberapa versi dari file yang sama. Ini berguna jika kamu perlu mengembalikan data ke versi semula sebelum terjadi kesalahan atau perubahan yang tidak diinginkan.

7. Efisiensi Dalam Organisir Data: Backup data secara teratur membantu dalam mengelola data dengan lebih efisien, memungkinkanmu untuk menghapus file yang sudah tidak diperlukan dari perangkat utama karena sudah ada salinan di tempat lain.

8. Penyimpanan Jangka Panjang: Backup memungkinkan penyimpanan data penting untuk jangka waktu yang lama, memastikan bahwa data tersebut tersedia untuk referensi atau penggunaan di kemudian hari.

9. Recovery Setelah Bencana: Backup merupakan bagian penting dari rencana pemulihan bencana. Dalam kasus bencana alam atau kejadian tak terduga lainnya yang merusak perangkat, backup memastikan data dapat dipulihkan dan operasi dapat dilanjutkan.

2 dari 3 halaman

Cara Backup Data di HP

cara backup data di hp dan laptop© shutterstock.com

Melakukan backup data bisa kamu lakukan di berbagai perangkat, seperti halnya HP. Berikut ini adalah beberapa cara melakukan backup di HP.

Google Drive

1. Buka aplikasi Google Drive.

2. Klik tombol + atau ikon Upload.

3. Pilih file atau folder yang ingin di-backup di Google Drive.

4. File yang di-upload membutuhkan proses.

iCloud

1. Buka Pengaturan.

2. Klik namamu di bagian atas.

3. Setelah itu, klik opsi iCloud.

4. Pilih iCloud Backup.

5. Aktifkan iCloud Backup dan klik " Back Up Now" .

Aplikasi Backup Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi backup data di HP yang bisa kamu manfaatkan. Beberapa contoh aplikasi backup tersebut seperti Super Backup & Restore, Titanium Backup (untuk pengguna Android), atau AnyTrans (untuk pengguna iOS). Ikuti instruksi dalam aplikasi tersebut untuk melakukan backup data.

PC

1. Pertama, sambungkan HP ke PC atau laptop menggunakan kabel USB.

2. Pindahkan file penting seperti foto, video, dan dokumen ke folder di PC atau laptop.

3 dari 3 halaman

Cara Backup Data di Laptop

cara backup data di hp dan laptop© shutterstock.com

Selain di HP, kamu juga bisa melakukan backup data di laptop. berikut ini caranya.

Hard Disk Eksternal

1. Sambungkan hard disk eksternal ke laptop.

2. Copy dan paste file ke dalam hard disk eksternal ecara manual. Atau, kamu bisa menggunakan software backup yang disertakan dengan hard drive untuk mem-backup data secara otomatis.

Cloud Storage

1. Ada banyak cloud storage yang bisa kamu gunakan, seperti Google Drive, OneDrive, atau Dropbox.

2. Install aplikasi cloud storage di laptop.

3. Upload file penting ke akun cloud.

4. Aktifkan sinkronisasi otomatis untuk mem-backup file secara berkala.

Backup Windows

1. Buka Control Panel.

2. Pilih opsi System and Security.

3. Klik Backup and Restore (Windows 7).

4. Pilih Set up backup dan ikuti petunjuk untuk memilih lokasi backup dan file yang ingin di-backup.

Time Machine

1. Sambungkan hard disk eksternal ke laptop Mac milikmu.

2. Buka System Preferences.

3. Pilih Time Machine.

4. Pilih " Select Backup Disk" dan pilih hard disk eksternal.

5. Klik Back Up Automatically untuk mengaktifkan backup otomatis.

Itulah beberapa cara melakukan backup data di HP dan laptop. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar