Cara Backup Telegram ke HP Baru dengan Mudah dan Cepat, Simak Juga Tips-tipsnya

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 4 Januari 2024 13:21
Cara Backup Telegram ke HP Baru dengan Mudah dan Cepat, Simak Juga Tips-tipsnya
Cara backup Telegram ke HP baru ternyata begini doang, mudah banget~

Dilansir dari Mailchimp, Telegram adalah aplikasi perpesanan instan berbasis cloud.  Telegram memungkinkan pengguna bertukar pesan, foto, video, dan file lainnya di berbagai platform. Telegram sendiri menawarkan berbagai fitur menarik untuk proses pengiriman pesan kamu.

Ada kalanya dimana kita harus mengganti HP karena alasan tertentu. Nah, kekhawatiran mengenai data dan file penting pasti sering dialami oleh banyak orang. Cara backup Telegram ke HP baru akan kamu butuhkan dalam situasi ini. 

Nggak perlu panik dulu, berikut Diadona telah mengulas lengkap terkait cara backup Telegram ke HP baru dengan sangat mudah. Simak sampai habis ya biar tau.

1 dari 6 halaman

Manfaat Backup Telegram

Manfaat Backup Telegram

Sebelum langsung ke cara backup telegram ke HP baru, kamu perlu tahu dulu beberapa kegunaan atau manfaat aplikasi ini. Walaupun Telegram sebenarnya menyimpan pesan dan media di cloud storage, mencadangkan data kamu menawarkan beberapa manfaat:

  1. Keamanan Data. Telegram menyediakan cloud storage sebagai pengaman jika terjadi penghapusan data yang tidak disengaja, kehilangan ponsel, atau error dalam aplikasi.
  2. Pemindahan data mudah. Kamu dapat memilih untuk hanya mentransfer obrolan atau media tertentu, sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan di ponsel baru kamu.
  3. Akses Offline. Kamu bisa mengakses media yang diunduh dalam cadangan secara offline, tanpa koneksi internet sama sekali.
  4. Kemudahan akses. Kamu nggak perlu menggunakan nomor telepon untuk login di Telegram, cukup pakai email saja.

2 dari 6 halaman

Opsi Backup Telegram

Cara Backup Telegram ke HP Baru

Sejauh ini, ada dua metode utama untuk cara backup telegram ke HP baru kamu. Dua metode ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan atau keperluan kamu masing-masing. Berikut penjelasannya:

  1. Metode cara backup telegram ke HP baru pakai fitur bawaan. Opsi metode ini memungkinkan kamu mengekspor riwayat obrolan dan file media tertentu menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh pihak telegram di dalam aplikasi.
  2. Metode cara backup telegram ke HP baru pakai bantuan aplikasi lain. Ada berbagai aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk melakukan backup telegram. Aplikasi-aplikasi seperti ini memang dirancang khusus untuk backup, sehingga menawarkan fungsi pencadangan dan pemulihan yang lebih komprehensif.

3 dari 6 halaman

Cara backup telegram ke HP baru dari pengaturan

Cara Backup Telegram ke HP Baru

Nah, sekarang kita masuk ke cara backup telegram ke HP baru. Cara yang pertama yaitu menggunakan fitur backup bawaan yang ada di aplikasi telegram. Caranya juga terbilang cukup mudah untuk kamu lakukan, sebagai berikut:

  • Langkah pertama, buka Telegram di HP lama kamu. Pastikan akun Telegram kamu masih aktif disana agar bisa melakukan backup.
  • Setelah itu, klik tombol garis tiga yang ada di sisi kiri atas layar aplikasi kamu.
  • Kemudian, klik opsi menu 'Pengaturan' atau ’Settings’.
  • Lalu, lakukan sedikit scroll ke bawah sampai menemukan opsi Backup atau Cadangkan
  • Selanjutnya, pilih metode pencadangan yang kamu inginkan.
  • Lalu, pilih data yang ingin kamu backup. Kamu bisa melakukan backup atau pencadangan dengan opsi-opsi ini:

Riwayat Obrolan: Pilih obrolan tertentu atau 'Semua Riwayat Obrolan'.

Media: Pilih 'Sertakan Media' jika kamu ingin mencadangkan foto, video, dan file media lainnya.

Rentang Tanggal: Tentukan rentang tanggal jika kamu hanya ingin membuat cadangan pesan dalam jangka waktu tertentu.

  • Jika sudah, pilih opsi format ekspor data backup yang kamu inginkan. Berikut adalah opsi-opsinya:

HTML: Format ini memungkinkan kamu melihat riwayat obrolan di browser web.

JSON: Format ini cocok untuk pengembang dan pengguna tingkat lanjut yang ingin menganalisis data lebih lanjut.

Telegram Desktop: Opsi ini mengekspor data dalam format yang kompatibel dengan aplikasi Telegram Desktop.

  • Setelah itu, pilih lokasi pengunduhan tempat kamu menyimpan file backup tersebut. Kamu bisa memilih cloud storage ataupun laptop kamu.
  • Terakhir, klik tombol 'Ekspor' dan file backup kamu akan tersimpan di lokasi yang kamu pilih.

4 dari 6 halaman

Cara backup telegram ke HP baru pakai aplikasi lain

Cara Backup Telegram ke HP Baru

Cara backup Telegram ke HP baru selanjutnya yaitu menggunakan bantuan aplikasi lain. Metode ini mungkin bisa jadi alternatif kamu jika terjadi error saat melakukan backup langsung di aplikasi Telegram.

Beberapa aplikasi pihak ketiga menawarkan fungsi pencadangan dan pemulihan yang lebih komprehensif, termasuk pencadangan terjadwal, integrasi penyimpanan cloud otomatis, dan perlindungan kata sandi. Ada juga berbagai opsi aplikasi yang bisa kamu pilih untuk digunakan.

Berikut aplikasi pilihan terpopuler untuk cara backup Telegram ke HP baru, yaitu iBackupbot untuk smartphone iPhone dan SelulerTrans untuk Android. Kamu bisa mendownload terlebih dahulu melalui toko aplikasi. 

Cara memulihkan backup ke HP baru

GAMBAR

Nah, setelah mengetahui dua cara backup Telegram ke HP baru. Kamu juga harus tahu gimana memulihkan file atau data yang sudah kamu backup sebelumnya. Simak cara setelah ini:

  1. Langkah pertama, lakukan download dan instal aplikasi Telegram di HP baru kamu.
  2. Kemudian, lakukan login dengan akun Telegram kamu.
  3. Setelah itu, akan tampil beberapa opsi untuk login akun yang bisa kamu pilih. pilih 'Impor data' dan arahkan ke file cadangan yang disimpan.
  4. Lalu, pilih data file yang ingin kamu pulihkan dan ketuk 'Impor'.
  5. Terakhir, tinggal tunggu proses pemulihan sampai selesai, maka data kamu akan otomatis pindah ke HP tersebut.

 

5 dari 6 halaman

Tips cara backup telegram ke HP baru

Ilustrasi Telegram

Selain penjelasan terkait cara backup Telegram ke HP baru, Diadona juga menambahkan ulasan tentang beberapa tips yang bisa kamu terapkan terkait backup Telegram.

  1. Aktifkan cadangan cloud Telegram. Fitur ini secara otomatis mencadangkan pesan dan media kamu ke cloud Telegram. Buka 'Pengaturan' > 'Pengaturan Obrolan' > 'Riwayat Obrolan' dan aktifkan 'Simpan Riwayat'.
  2. Gunakan kata sandi yang aman. Kata sandi yang kuat melindungi akun Telegram kamu dan data cadangan.
  3. Cadangkan secara teratur. Jadwalkan pencadangan rutin untuk memastikan kamu menyimpan semua data penting kamu.

Sekian ulasan tentang cara backup Telegram ke HP baru yang bisa kamu gunakan apabila butuh. Dengan ini, kamu bisa dengan mudah mencadangkan data Telegram ke HP baru kamu, memastikan transisi yang lancar dan penyimpanan pesan dan media kamu aman. 

Ingat, mencadangkan data kamu secara rutin sangat penting untuk melindungi informasi berharga kamu dan memastikan kamu dapat mengaksesnya kapan pun diperlukan.

Penulis: Starky

Beri Komentar