2 Cara Mudah Bikin Password di Laptop Windows, Auto Gak Gampang Dibobol

Reporter : Yoyok
Minggu, 9 Juni 2024 19:36
2 Cara Mudah Bikin Password di Laptop Windows, Auto Gak Gampang Dibobol
Password berguna untuk menjaga data yang ada dalam perangkatmu. Di sini akan dijabarkan cara mudah dalam bikin password di laptop.

Cara bikin password di laptop itu gampang banget lho Diazens. Di zaman sekarang, laptop telah menjadi perangkat penunjang pekerjaan yang dibutuhkan banyak orang. Tidak hanya bagi pekerja kantoran, anak sekolah juga menggunakan laptop untuk belajar. Sifatnya yang mobile dan mudah di bawa kemana-mana membuatnya lebih praktis daripada PC. Laptop dengan sistem operasi berbasis Windows pun menjadi pilihan banyak orang saat ini.

Kamu bisa menyimpan berbagai data atau dokumen penting di laptop. Karena hal ini, tidak jarang laptop jadi perangkat yang berusaha dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu, kamu perlu memberi password pada laptop.

Password pada laptop memiliki fungsi yang sangat penting lho. Malahan, password pada laptop sifatnya wajib lho. Berikut ini adalah cara mudah bikin password di laptop yang bisa kamu lakukan.

1 dari 3 halaman

Fungsi Password di Laptop

cara bikin password di laptop© shutterstock.com

Seperti disebutkan sebelumnya, password memiliki fungsi yang sangat vital pada laptop. Berikut ini adalah beberapa fungsi di laptop yang penting kamu ketahui:

1. Mencegah Akses yang Tidak Sah: Password membantu melindungi data dan informasi pribadi dari akses oleh orang yang tidak berwenang.

2. Keamanan Data: Dengan menggunakan password, data sensitif dan informasi penting yang tersimpan di laptop menjadi lebih aman dari pencurian atau kerusakan.

3. Proteksi Terhadap Malware: Beberapa jenis malware dapat mencoba untuk mengakses atau mencuri data. Password dapat membantu mencegah malware dari melakukan perubahan atau mengakses sistem tanpa izin.

4. Autentikasi Pengguna: Password digunakan untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki otoritas yang dapat mengakses sistem dan data yang ada di dalam laptop.

5. Pengelolaan Pengguna: Dalam lingkungan kerja, password memungkinkan administrator sistem untuk mengelola akses pengguna ke berbagai sumber daya dan data yang dibutuhkan.

6. Enkripsi Data: Beberapa sistem operasi dan aplikasi menggunakan password untuk mengenkripsi data, yang membuatnya tidak dapat dibaca tanpa password yang benar.

7. Keamanan Jaringan: Password sering digunakan untuk mengakses jaringan atau VPN, memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang dapat terhubung ke jaringan tersebut.

2 dari 3 halaman

Cara Bikin Password di Laptop Windows

cara bikin password di laptop© shutterstock.com

Kita sudah mengetahui seberapa penting fungsi password jika diterapkan di laptop. Berikut ini adalah cara bikin password di laptop Windows:

1. Klik menu Start, lalu pilih Settings dengan ikon roda bergerigi.

2. Dalam menu Settings, pilih Accounts.

3. Di panel sebelah kiri, pilih Sign-in options.

4. Di bagian Password, klik Add jika kamu belum memiliki password. Atau, pilih opsi Change jika kamu ingin mengubah password yang sudah ada.

5. Masukkan password yang diinginkan di kolom New password. Masukkan kembali password di kolom Reenter password untuk konfirmasi.

6. Tambahkan Password hint untuk membantumu mengingat password jika lupa, kemudian klik Next dan Finish.

Kamu juga bisa bikin password di laptop melalui menu Control panel lho Diazens. Berikut ini caranya:

1. Klik menu Start, lalu pilih opsi Control Panel.

2. Di jendela Control Panel, pilih User Accounts. Kemudian klik lagi pada User Accounts di halaman berikutnya.

3. Jika ada beberapa akun pengguna di laptop, pilih Manage another account. Pilih akun pengguna yang ingin kamu tambahkan atau ubah password-nya.

4. Jika akun tersebut belum memiliki password, klik Create a password. Masukkan password yang diinginkan di kolom New password dan konfirmasi di kolom Confirm new password.

5. Tambahkan Password hint untuk membantu mengingat password, lalu klik Create password.

3 dari 3 halaman

Tips Bikin Password yang Efektif

cara bikin password di laptop© shutterstock.com

Sudah dijabarkan sebelumnya cara bikin password di laptop Windows yang bisa coba kamu lakukan. Namun, kamu juga tidak bisa sembarangan saat membuat password lho Diazens. Berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat password untuk laptop:

1. Minimal 12 Karakter: Semakin panjang password, semakin sulit untuk ditebak atau dibobol. Disarankan untuk menggunakan minimal 12 karakter, tetapi lebih panjang lebih baik.

2. Kombinasi Karakter: Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil untuk meningkatkan kompleksitas. Kamu juga perlu menambahkan karakter angka atau simbol dalam password tersebut.

3. Hindari Informasi Pribadi: Jangan gunakan nama, tanggal lahir, atau informasi pribadi lainnya. Informasi pribadi mudah ditebak oleh orang lain atau oleh program peretas.

4. Gunakan Frase yang Mudah Diingat: Buat password dari kalimat atau frase yang unik dan mudah diingat. Misalnya, " SayaSukaMakanPizza@2024!" lebih kuat daripada " Pizza2024" .

5. Hindari Kata-Kata Umum dan Pola Sederhana: Jangan gunakan kata-kata umum. Hindari kata-kata seperti " password" , " 123456" , atau " qwerty" untuk dijadikan password. Hindari juga pola keyboard sederhana seperti " asdfgh" atau " zxcvbn" .

6. Ubah Password Secara Berkala: Ubah password setiap beberapa bulan sekali untuk menjaga keamanan.

7. Gunakan Password Manager: Gunakan aplikasi pengelola password untuk membuat dan menyimpan password yang kuat dan unik untuk setiap akun.

8. Jangan Gunakan Password yang Sama untuk Banyak Akun: Pastikan setiap akun memiliki password yang berbeda untuk mencegah akses ke banyak akun jika salah satu password berhasil dibobol.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bikin password di laptop Windows. Semoga habis ini data dan dokumen di laptop kamu aman ya Diazens.

Beri Komentar