Cara Bikin Pesan Otomatis di WhatsApp Business, Biar Usaha Makin Cuan

Reporter : Yoyok
Selasa, 9 Juli 2024 15:40
Cara Bikin Pesan Otomatis di WhatsApp Business, Biar Usaha Makin Cuan
WhatsApp memiliki fitur yang bisa bikin kamu mengirim pesan atau chat secara otomatis. Fitur ini cukup berguna buat kamu yang punya usaha.

Ada cara bikin pesan atau chat secara otomatis di WhatsApp. Seperti kita semua tahu, WA atau WhatsApp sudah menjadi salah satu aplikasi chat dengan penggunannya mencapai jutaan orang di seluruh dunia. Banyak faktor yang membuat banyak orang lebih tertarik menjalin komunikasi dengan WhatsApp.

Ada banyak fitur di WhatsApp yang bikin kita tidak heran jika penggunanya bisa sebanyak itu. WhatsApp dirasa lebih mudah digunakan oleh orang tua, terintegrasi dengan nomor HP jadinya pengumpulan kontak tidak ribet, serta sangat bisa digunakan untuk bisnis atau usaha.

WhatsApp memiliki fitur untuk kamu yang ingin memiliki usaha, yaitu bernama WhatsApp Business. Di WhatsApp Business ini ada fitur di mana kamu bisa membalas chat secara otomatis. Gak percaya? Berikut ini adalah cara bikin pesan otomatis di WhatsApp.

1 dari 4 halaman

Apa itu WhatsApp Business?

cara bikin pesan otomatis di WhatsApp© shutterstock.com

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengirim pesan otomatis di WhatsApp, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang WhatsApp Business. WhatsApp Business merupakan aplikasi gratis milik WhatsApp yang dirancang khusus untuk bisnis kecil dan menengah. Aplikasi ini membantu bisnis berkomunikasi dengan pelanggan mereka dengan cara yang lebih efisien dan efektif.

Ada banyak fitur menarik di WhatsApp Business yang bisa kamu gunakan untuk memabntu meningkatkan usahamu. Seperti halnya fitur pesan atau chat otomatis, jadinya kamu tidak perlu selalu on time pegang handphone untuk membalas chat dari customer.

Selain itu, ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan WhatsApp Business untuk keperluan usaha. Seperti halnya memungkinkan kamu untuk melakukan komunikasi secara langsung secara pribadi dengan customer, profil bisnis jadi terverifikasi dan nantinya membantu membangun kepercayaan, serta Dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi ketika menggunakan fitur pesan otomatis.

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan WhatsApp Business

cara bikin pesan otomatis di WhatsApp© shutterstock.com

WhatsApp Business cukup mudah digunakan. WhatsApp Business memiliki aplikasi sendiri, terpoisah dengan aplikasi WhatsApp yang biasa. Berikut ini adalah cara menggunakan WhatsApp Business.

1. Download dan install WhatsApp Business dari Google Play Store atau App Store.

2. Verifikasi nomor HP yang kamu gunakan untuk usaha.

3. Isi informasi usahamu seperti alamat, deskripsi, jam operasional, email, serta situs atau media sosialnya.

4. Atur pesan otomatis yang akan dikirimkan saat berada di luar jam kerja.

5. Kamu juga bisa menambahkan produk atau katalog untuk memudahkan pelanggan melihat penawaran yang kamu miliki.

3 dari 4 halaman

Cara Bikin Pesan Otomatis di WhatsApp Business

cara bikin pesan otomatis di WhatsApp© shutterstock.com

Kita sudah mengetahui pengertian tentang WhatsApp Business dan bagaimana cara menggunakannya. Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara bikin pesan otomatis di WhatsApp Business:

1. Buka WhatsApp Business di HP kamu.

2. Buka menu Settings.

3. Klik opsi Business Tools.

4. Pilih Away message untuk pesan yang dikirimkan di luar jam kerja. Atau pilih Greeting message yaitu pesan otomatis yang akan terkirim sebagai ucapan selamat datang.

5. Aktifkan dua fitur tersebut dan tulis pesan yang ingin kamu kirimkan secara otomatis.

6. Atur jadwal pengiriman pesan sesuai yang kamu inginkan.

4 dari 4 halaman

Cara Bikin Pesan Otomatis di WhatsApp via Aplikasi Pihak Ketiga

cara bikin pesan otomatis di WhatsApp© shutterstock.com

Ada cara yang bisa kamu lakukan selain menggunakan WhatsApp Business. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu manfaatkan, salah satunya yaitu AutoRersponder for WA. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Download dan install AutoRersponder for WA di Google Play Store.

2. Buka aplikasi dan berikan izin yang diperlukan.

3. Buat aturan baru dengan menekan tombol tambah (+).

4. Atur kondisi dan pesan balasan otomatis sesuai dengan yang kamu inginkan.

5. Simpan pengaturan tersebut.

Itulah tata cara bikin pesan otomatis di WhatsApp Business yang pastinya akan membantu usahamu. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar