Cara Praktis Membuat Barcode Link Alamat Google Maps, Gampang Banget!

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Kamis, 1 Agustus 2024 15:47
Cara Praktis Membuat Barcode Link Alamat Google Maps, Gampang Banget!
Google Maps telah menjadi salah satu aplikasi navigasi favorit digunakan orang-orang. Banyak fitur di Google Maps yang bisa kamu gunakan.

Ada cara mudah dan praktis untuk membuat barcode Google Maps lho Diazens. Seperti kita semua ketahui, Google Maps telah menjadi salah satu aplikasi navigasi favorit banyak orang. Orang-orang jadi tidak takut nyasar lagi di daerah atau kota asing, karena adanya Google Maps.

Ketika kesasar, kamu bisa minta bantuan Google Maps untuk menuntunmu ke ara jalan yang benar. Selain itu, di Google Maps juga kamu bisa mencari tempat makan terdekat ketika sedang lapar. Kamu juga bisa melihat rating atau review dari tempat makan yang ingin dikunjungi.

Selain itu, kamu juga bisa membagikan alamt di Google Maps lho. Malahan, kamu bisa membagiknya dalam bentuk barcode atau QR code. Berikut ini adalah cara membuat barcode link alamat Google Maps.

1 dari 3 halaman

Apa Itu Barcode?

cara buat barcode google maps© shutterstock.com

Sebelum membahas tentang cara membuat barcode link alamat Google Maps, mari kita kenalan terlebih dahulu tentang apa itu barcode. Barcode atau QR code pertama kali dikembangkan di tahun 1994 oleh Denso Wave, sebuah perusahaan Jepang.

Barcode atau QR code (Quick Response Code) adalah jenis kode matriks (atau kode dua dimensi) yang dapat dibaca oleh perangkat optik seperti kamera smartphone. QR code digunakan untuk menyimpan informasi dalam bentuk yang dapat diakses dengan cepat dan mudah oleh pengguna.

QR code terdiri dari pola kotak hitam dan putih yang disusun dalam bentuk persegi. Pola ini menyimpan data dalam bentuk biner yang dapat diterjemahkan oleh perangkat pembaca. Kode ini dapat menyimpan berbagai jenis informasi, seperti URL, teks, kontak, email, lokasi, dan banyak lagi. Kapasitas data tergantung pada tingkat koreksi kesalahan dan jenis data yang disimpan.

2 dari 3 halaman

Fungsi Barcode

cara buat barcode google maps© shutterstock.com

Fungsi barcode itu bermacam-macam tergantung penggunaan serta data apa yang disimpan. Berikut ini adalah beberapa fungsi barcode yang perlu kamu ketahui.

Akses Cepat ke Informasi

QR code dapat menyimpan URL yang mengarahkan pengguna langsung ke situs web tertentu tanpa harus mengetik alamatnya secara manual. QR code juga bisa memberikan detail produk tambahan seperti spesifikasi, ulasan, atau petunjuk penggunaan.

Pembayaran secara Digital

QR code digunakan dalam aplikasi pembayaran seperti Google Pay, PayPal, dan berbagai aplikasi perbankan untuk melakukan transaksi dengan cepat dan mudah. Dalam hal pembayaran, QR code juga bisa mengurangi risiko kesalahan saat memasukkan nomor rekening atau detail pembayaran lainnya.

Pemasaran dan Iklan

QR code pada iklan atau produk dapat mengarahkan konsumen ke kupon digital atau promosi khusus. Selain itu, QR code juga memungkinkan interaksi lebih lanjut dengan pelanggan melalui link ke video, survei, atau halaman media sosial.

Akses dan Verifikasi

QR code digunakan pada tiket elektronik untuk acara, transportasi, atau bioskop, yang dapat di-scan untuk verifikasi masuk. Menggunakan QR code pada kartu nama fisik atau digital untuk berbagi informasi kontak dengan cepat.

Navigasi dan Lokasi

QR code dapat menyimpan koordinat GPS atau link ke Google Maps untuk memberikan petunjuk arah ke lokasi tertentu. Fitur ini juga cocok digunakan di tempat wisata untuk memberikan informasi tambahan tentang lokasi atau objek wisata tertentu.

Aplikasi Kesehatan

QR code pada gelang medis dapat menyimpan informasi penting tentang kondisi kesehatan seseorang, alergi, dan kontak darurat. QR code juga cocok digunakan untuk mencatat status vaksinasi atau hasil tes COVID-19.

Event dan Hiburan

Menggunakan QR code untuk check-in cepat di acara atau konferensi. Restoran menggunakan QR code untuk mengarahkan pelanggan ke menu digital, mengurangi kebutuhan menu fisik dan meningkatkan kebersihan.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Barcode Link Alamat Google Maps

cara buat barcode google maps© shutterstock.com

Untuk membuat barcode atau QR code link alamat Google Maps, kamu membutuhkan aplikasi pembuat QR code. Aplikasi tersebut bisa dengan mudah kamu dapatkan di Play Store, App Store, atau situs sekalipun. Berikut ini adalah tata cara membuat barcode link alamat Google Maps:

1. Buka Google Maps melalui aplikasi atau browser.

2. Masukkan alamat atau nama tempat yang ingin kamu bagikan di kolom search.

3. Setelah menemukan lokasi, klik tombol “ Share” yang biasanya ada di panel samping kiri atau klik kanan pada lokasi di peta dan pilih “ Share or embed map”. Copu link alamat tersebut.

4. Ada banyak situs gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat QR code, seperti QR Code Generator, QR Stuff, atau GoQR.me.

5. Pasti link Google Maps yang sudah kamu copy ke kolom yang disediakan di situs pembuat QR code.

6. Klik tombol untuk menghasilkan QR code. Kamu biasanya akan diberikan beberapa opsi untuk men-download atau menyimpan QR code tersebut dalam berbagai format (PNG, SVG, dll).

7. Download barcode atau QR code yang telah dihasilkan dan bagikan kepada orang lain. Nantinya mereka bisa scan QR code tersebut menggunakan kamera HP untuk membuka lokasi di Google Maps.

Itulah cara membuat barcode link alamat Google Maps yang bisa coba kamu lakukan. Mudah banget kan Diazens? Semoga membantu ya.

Beri Komentar