5 Cara Cek Kesehatan Hard Disk, Mudah dan Nggak Ribet

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 4 Januari 2024 12:10
5 Cara Cek Kesehatan Hard Disk, Mudah dan Nggak Ribet
Drive lemot? Ini cara cek kesehatan hardisk biar tahu

Cara cek kesehatan hardisk cukup penting untuk meminimalisir kerusakan atau risiko kehilangan data yang ada di dalam hard disk kamu. Walaupun sebagian besar komputer atau laptop saat ini sudah tidak menggunakan hard disk, ada beberapa merk atau jenis laptop yang masih dilengkapi hard disk. Apalagi, kalau laptop tersebut sudah lama.

Dilansir dari TechTarget, hard disk drive komputer merupakan perangkat penyimpanan data non-volatil yang mempertahankan data yang disimpan saat dimatikan. Layaknya tempat penyimpanan lain, hard disk berfungsi untuk menyimpan data-data yang ada di laptop kamu. Nah, cara cek kesehatan hardisk penting untuk memastikan hard disk kamu dalam keadaan baik.

Adapun cara cek kesehatan hardisk bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, bahkan tanpa harus mengeluarkan perangkat dari laptop kamu. Penasaran? Berikut Diadona telah mengulas lengkap cara-caranya. Simak ya, Diazens!

1 dari 6 halaman

Cara Cek Kesehatan Hardisk Lewat WMIC

Cara Cek Kesehatan Hardisk Lewat WMIC

Cara cek kesehatan hardisk yang pertama yaitu menggunakan alat bernama WMIC dari Windows kamu. TechTarget menjelaskan bahwa WMIC (Windows Management Interface Command) adalah sebuah tools perintah yang bisa digunakan untuk mengelola data dan operasi pada komputer Windows.

Berikut adalah langkah-langkah cara cek kesehatan hardisk lewat WMIC:

  1. Langkah pertama, buka tool command prompt di laptop kamu dengan cara menekan tombol Windows + R secara bersamaan di keyboard kamu.
  2. Kemudian, akan muncul tab tool command prompt di layar, klik tombol Run untuk menjalankannya.
  3. Lalu, pada tab command prompt yang terbuka, ketikkan perintah ‘WMIC diskdrive get statu’. 
  4. Disini akan otomatis muncul status hard disk kamu apakah mengalami masalah atau tidak. 
  5. Untuk melihat informasi hard disk secara lengkap, kamu bisa mengetikkan perintah ‘WMIC diskdrive get/?’ pada kolom command prompt yang tersedia.
  6. Terakhir, apabila tertulis TRUE pada bagian nilai Predict Failure, maka sedang terjadi kegagalan pada hard disk kamu.

2 dari 6 halaman

Cara Cek Kesehatan Hardisk Lewat CHKDSK

Cara Cek Kesehatan Hardisk Lewat CHKDSK

Cara cek kesehatan hardisk berikutnya yaitu melalui tools CHKDSK. Dilansir dari Avast, CHKDSK merupakan sebuah tool utilitas di Windows yang bisa melakukan scan terhadap hard drive untuk mengecek masalah sistem. Tools ini memungkinkan kamu untuk mengetahui masalah, memperbaiki, bahkan mengantisipasi.

Berikut cara cek kesehatan hardisk lewat CHKDSK:

  1. Langkah pertama, buka File Explorer di laptop kamu. 
  2. Kemudian, pilih jenis drive atau storage yang ingin kamu cek kesehatannya. Untuk hard disk, kamu bisa pilih drive hard disk yang kamu gunakan, misalnya Local Disk (C:).
  3. Lalu, klik kanan pada drive tersebut untuk menampilkan pilihan opsi menu lainnya, 
  4. Setelah itu, klik tombol Properties. Disini kamu akan masuk ke menu pengaturan drive tersebut.
  5. Pada menu properties drive, klik tab menu ‘Tools’. Kemudian, klik tombol ‘Check’ di bagian error checking.
  6. Lalu, akan muncul tab pop-up, klik tombol Scan Drive untuk melanjutkan.
  7. Setelah itu akan muncul keterangan yang menyatakan apakah hard disk drive kamu bermasalah atau tidak. Akan muncul dua opsi, yaitu memperbaiki kesalahan dan memindai bad sector.
  8. Lakukanlah centang pada kedua opsi tersebut, dan klik tombol Start untuk melanjutkan proses.
  9. Terakhir, tinggal menunggu sampai proses cara cek kesehatan hardisk dengan CHKDSK selesai.

3 dari 6 halaman

Cara Cek Kesehatan Hardisk Lewat Harddisk Sentinel

Cara Cek Kesehatan Hardisk Lewat Harddisk Sentinel

Selain menggunakan fitur bawaan Windows, cara cek kesehatan hardisk juga bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi pihak ketiga lain. Salah satunya yaitu Harddisk Sentinel. Aplikasi ini memang dirancang untuk mengecek segala hal yang yang berkaitan dengan drive.

Berikut langkah-langkah cara cek kesehatan hardisk pakai Harddisk Sentinel:

  1. Langkah pertama, kau perlu mengunduh dan menginstall aplikasi Hard disk Sentinel dulu melalui situs resminya.
  2. Jika sudah terinstal, coba buka atau jalankan aplikasi tersebut di laptop kamu.
  3. Kemudian pada menu utama aplikasi, buka tab menu Overview untuk menampilkan status kesehatan drive yang kamu digunakan.
  4. Selanjutnya, lihat bagian Health untuk mengetahui status kesehatan drive kamu. Apabila status bertuliskan Excellent, maka drive kamu aman.
  5. Terakhir, kalau kamu pengen mengecek lebih dari satu hard disk, kamu bisa mengklik terlebih dahulu disk yang kamu ingin cek.

4 dari 6 halaman

Cara Cek Kesehatan Hardisk Lewat Defrag Windows

Cara Cek Kesehatan Hardisk Lewat Defrag Windows

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa mengetahui kesehatan hard disk kamu dengan alat Defrag Windows. Cara cek kesehatan hardisk ini nggak cuma bisa mengetahui masalah, tapi juga turu mengoptimalkannya agar tidak lemot.

Berikut langkah-langkah cara cek kesehatan hardisk pakai Defrag Windows:

  1. Langkah pertama, buka kolom pencarian Windows dan ketikkan Defrag lalu cari.
  2. Lalu, buka menu Defragment and Optimise Drives yang muncul di kolom pencarian tersebut.
  3. Kemudian, kamu akan berpindah ke tab Optimise Drives. Untuk mengecek, klik drive yang kamu ingin cek, lalu klik tombol ‘Analyze’.
  4. Setelah itu, Windows akan melakukan pengecekan masalah di drive kamu. Apabila ada persenan fragmentasi yang terdeteksi, maka klik tombol Optimize.
  5. Terakhir, tinggal menunggu proses optimisasi sampai selesai, maka Windows akan memperbaiki masalah drive kamu secara otomatis.

5 dari 6 halaman

Cara Cek Kesehatan Hardisk Lewat Teknisi

Cara Cek Kesehatan Hardisk Lewat Teknisi

Terakhir, cara cek kesehatan hardisk bisa kamu lakukan lewat teknisi atau profesional khusus yang paham dengan teknologi laptop. Hal ini bisa kamu lakukan apabila kamu merasa ada kerusakan cukup parah pada hard disk laptop kamu.

Usahakan untuk membawa laptop kamu ke tempat servis yag resmi sesuai merk, atau yang terpercaya. Jangan coba-coba untuk membongkar hard disk kamu sendiri untuk menghindari risiko kerusakan yang semakin parah.

Sekian dulu Diazens ulasan terkait cara cek kesehatan hardisk. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Starky

Beri Komentar