Cara Mudah Cek PIP 2024 Lewat HP dan PC Tanpa Ribet

Reporter : Yoyok
Minggu, 30 Juni 2024 09:12
Cara Mudah Cek PIP 2024 Lewat HP dan PC Tanpa Ribet
Program Kemendikbud PIP sudah bisa sudah bisa dicek secara online. Kamu bisa memeriksa penerimaan bantuan PIP tersebut lewat HP atau PC.

Cara mengecek bantuan PIP lewat HP dan PC itu gampang banget lho Diazens. Seperti kita semua sadari, pendidikan menjadi hal wajib yang harusnya didapatkan oleh setiap warga negara Indonesia. Namun, keterbatasan dana menjadi jalan buntu untuk banyak orang bisa mengenyam pendidikan.

Dalam menanggulangi masalah pendidikan ini, pemerintah Indonesia menerapkan berbagai program untuk mengatasinya. Salah satu program dari Kemendikbud untuk mengatasi hal ini adalah menghadirkan PIP.

PIP adalah singkatan dari Program Indonesia Pintar yang akan membantu siswa dari keluarga kurang mampu untuk bisa mengenyam pendidikan. Nantinya pihak keluarga akan mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa uang untuk digunakan sebagai dana operasional sekolah siswa tersebut.

Pengumuman siswa yang akan menerima PIP juga sudah diumumkan. berikut ini adalah tata cara cek PIP yang bisa dilakukan lewat HP dan PC.

1 dari 3 halaman

Apa Itu PIP?

cara cek pip lewat hp© freepik.com/jcomp

Program Indonesia Pintar atau PIP merupakan inisiatif pemerintah Indonesia untuk membantu anak-anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu agar tetap dapat melanjutkan pendidikan. Program ini merupakan bagian dari Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan bertujuan untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada anak-anak dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat.

Tujuan dari program ini adalah agar anak-anak tidak putus sekolah karena masalah biaya. PIP juga diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

2 dari 3 halaman

Syarat Penerima PIP

cara cek pip lewat hp© shutterstock.com

Mereka yang mendapatkan bantuan PIP tidak bisa sembarangan. Dikutip dari situs resmi PIP Kemendikbud, berikut ini adalah mereka yang menerima bantuan PIP:

1. Peserta Didik pemegang KIP

2. Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan

3. Peserta Didik dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera

4. Peserta Didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan

5. Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam

6. Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah

7. Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah

8. Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya

Nah, berikut ini adalah beberapa syarat untuk bisa menerima bantuan sosial PIP 2024:

1. Usia: Anak usia sekolah yang berumur 6-21 tahun.

2. Status Sosial Ekonomi: Berasal dari keluarga kurang mampu, yang biasanya terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

4. Kartu Indonesia Pintar (KIP): Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Jika belum memiliki KIP, calon penerima dapat mengajukan permohonan dengan melampirkan bukti bahwa mereka berasal dari keluarga kurang mampu.

5. Status Pendidikan: Terdaftar sebagai siswa aktif di sekolah formal (SD, SMP, SMA/SMK) atau non-formal (seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM).

6. Rekomendasi Sekolah: Mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah atau lembaga pendidikan non-formal tempat anak tersebut belajar.

7. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM): Untuk mereka yang tidak terdaftar dalam DTKS atau tidak memiliki KIP, bisa menggunakan SKTM yang dikeluarkan oleh kelurahan/desa setempat sebagai bukti bahwa mereka berasal dari keluarga tidak mampu.

3 dari 3 halaman

Cara Cek PIP 2024 lewat HP dan PC

cara cek pip lewat hp© shutterstock.com

Dalam memeriksa atau mengecek PIP 2024, ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu melalui HP dan PC. Berikut ini adalah cara cek PIP 2024 lewat PC:

1. Buka situs PIP Kemdikbud di browser yang biasa kamu gunakan.

2. Isi kolom di bagian kanan layar dengan mengisi NISN dan NIK.

3. Isi kode captcha yang biasanya berupa jawaban penjumlahan.

4. Setelah itu, klik " Cek Penerima PIP" .

5. Nantinya tatus penerima PIP akan muncul secara otomatis.

Sedangkan berikut ini adalah cara cek PIP 2024 lewat HP:

1. Buka aplikasi browser yang ada di HP.

2. Setelah itu, buka situs resmi Program Indonesia Pintar (PIP) di pip.kemdikbud.go.id

3. Setelah terbuka, cari kolom “ Cari Penerima PIP”

4. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom yang tersedia

5. Masukkan kode captcha (biasanya berupa penjumlahan sederhana) pada kolom yang tersedia

6. Klik “ Cek Penerima PIP”

7. Hasil pencarian data akan muncul. Jika terdaftar sebagai penerima PIP 2024, silahkan konfirmasi ke pihak sekolah supaya dibuatkan surat keterangan penerimaan PIP.

Itulah langkah-langkah atau cara cek PIP 2024 lewat HP maupun di PC. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar