Panduan Cara Cleaning Printer Paling Mudah Untuk Semua Merek dan Jenis

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 23 September 2023 10:46
Panduan Cara Cleaning Printer Paling Mudah Untuk Semua Merek dan Jenis
Cara cleaning printer kepala cetak atau printhead dan bagian luar printer untuk merawat dan mengoptimalkan kerja printer.

Printer merupakan salah satu alat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari khususnya bagi para pekerja kantor. Hampir semua pegawai dalam suatu kantor pasti akan menggunakan printer untuk mencetak berbagai dokumen yang diperlukan. Namun ternyata masih banyak yang menggunakan printer secara asal-asalan dan belum tau cara cleaning printer dengan benar.

Namun, ada permasalahan yang sering terjadi pada printer antara lain tinta yang macet, warna tinta tidak mau keluar, terdapat garis-garis putih yang menutupi hasil printer dan masih banyak lagi. Apabila hal itu terjadi secara terus menerus tentu akan sangat merepotkan dan bisa menghambat produktivitas.

Oleh karena itu, membersihkan printer sangat penting untuk kamu lakukan secara berkala untuk mencegah error dan kerusakan pada printer. Permasalahan yang Selain itu dengan membersihkan printer maka bisa membantu memperpanjang masa pakai, mengurangi kertas macet, dan dokumen kotor

Lantas, bagaimana cara cleaning printer yang baik dan benar? Berikut adalah langkah-langkah paling lengkap untuk cleaning printer yang bisa membantu kamu untuk merawat printer.

1 dari 5 halaman

Cara Cleaning Printer Kepala Cetak atau Printhead Melalui Windows

Cara Cleaning Printer

Kepala cetak printer atau printhead adalah salah bagian utama pada printer injekt. Printer injekt dapat mencetak dokumen dan foto dengan resolusi tinggi. Semua merk printer injekt pasti memiliki printhead yang berguna untuk menyimpan tinta dalam berbagai bentuk media.

Berikut adalah cara cleaning printer kepala cetak atau printhead melalui Windows:

  • Buka menu Kontrol Panel, kemudian gunakan ‘Power User Menu’ atau menu ‘Start’ tergantung pada versi Windows.

  • Pilih ‘Hardware and Sound’ atau ‘Printers and Other Hardware’ opsi itu tergantung versi Windows yang kamu gunakan.

  • Ketuk menu ‘Device and Printers’ atau ‘View Installed Printers or Fax Printers’.

  • Cari printer yang kamu gunakan, apabila sudah ketemu, klik kanan pada printer kemudian pilih menu ‘Properties’.

  • Pilih opsi pembersihan, seperti ‘Clean Heads’ atau ‘Clean Cartridges’. Jika terdapat pilihan printhead mana yang harus dibuka sumbatannya, pilih ‘All Colors’ jika terdapat opsi tersebut.

  • Klik ‘Ok’ atau ‘Start’ atau perintah serupa untuk mulai cleaning kepala printer. Ikuti petunjuk yang muncul di layar.

  • Ikuti setiap step yang terdapat di layar perangkat kamu dan printer akan memulai proses cleaning kepala printer sendiri. Mungkin printer akan meminta untuk mencetak halaman uji. Apabila kamu sudah puas dengan hasilnya proses cleaning kepala printer sudah selesai, namun apabila belum kamu bisa mengulangi proses ini lagi.

Apabila setelah kamu bersihkan hasil print masih buruk, kamu bisa mencoba cleaning kepala printer dengan menggunakan opsi ‘Deep Cleaning’. Membersihkan printer secara ‘Deep Cleaning’ akan membersihkan printer secara lebih menyeluruh daripada membersihkan dengan metode pembersihan biasa.

2 dari 5 halaman

Cara Cleaning Printer Kepala Cetak atau Printhead Melalui macOS

Cara Cleaning Printer

Berikut adalah cara cleaning printer kepala cetak atau printhead melalui macOS:

  • Kamu akan menemukan kontrol utilitas dan pemeliharaan di menu ‘System Preferences’, kemudian klik ‘Printers & Scanners’.

  • Klik satu kali pada printer yang ini kamu bersihkan di daftar printer.

  • Kemudian klik ‘Options and Supplies’.

  • Ketuk menu ‘Utility’.

Apabila kamu menggunakan printer Epson maka kamu bisa langsung klik ‘Clean Print Heads’ dan printer akan mulai membersihkan kepala printer.

Apabila kamu menggunakan printer Canon maka kamu bisa klik ‘Open Printer Utility’ kemudian akan muncul jendela printer. Klik opsi ‘Test Print’ di bagian atas dan ubah menjadi ‘Cleaning’, kemudian kamu bisa langsung memilih ospi cleaning printer yang tersedia.

Apabila kamu tidak menemukan opsi di atas, mungkin karena printer milikmu adalah keluaran paling baru. Kamu bisa cek printer kamu untuk mendapatkan petunjuk manual. Printer baru biasanya memiliki layar kontrol pada printer untuk membantu pengguna melakukan pemeliharaan printer.

 

3 dari 5 halaman

Cara Cleaning Printer Kepala Cetak atau Printhead Secara Manual

Cara Cleaning Printer

 

Sebelum mulai membersihkan kepala cetak atau printhead printer secara manual kamu perlu menyiapkan air, isopropil alkohol, kain mikrofiber lembut atau handuk, dan mangkuk. Berikut adalah cara cleaning printer kepala cetak atau printhead secara manual:

  • Matikan dan cabut kabel printer.

  • Keluarkan cartridge injekt secara perlahan. Untuk proses ini kamu bisa membaca panduan manual untuk informasi yang lebih  spesifik.

  • Keluarkan secara perlahan baki printhead printer tempat cartridge berada. Untuk proses ini kamu juga bisa membaca panduan manual untuk informasi yang lebih spesifik.

  • Campurkan setengah cangkir air dan setengah cangkir isopropil alkohol dalam mangkuk.

  • Tempatkan unit printhead printer ke dalam campuran. Jika cartridge memiliki printhead internal, masukkan cartridge ke dalam campuran satu persatu.

  • Tunggu dua menit hingga unit printhead atau cartridge terpasang.

  • Keluarkan unit printhead atau cartridge dan keringkan sepenuhnya dengan kain mikrofiber atau handuk.

  • Tempatkan unit printhead atau cartridge ke dalam printer dan cetak halaman uji. Jika pencetakannya normal, proses pembersihan sudah selesai. Jika kamu masih belum puas dengan kualitas cetakannya, kamu mungkin perlu merendam unit printhead atau cartridge lebih lama.

 

4 dari 5 halaman

Cara Cleaning Printer Bagian Luar

Cara Cleaning Printer

 

Sebelum membersihkan printer bagian luar kamu perlu mengetahui hal-hal di bawah ini terlebih dahulu. Berikut adalah cara cleaning printer bagian luar:

  • Pastikan perangkat printer sudah kamu matikan dan cabut sebelum dibersihkan.

  • Gunakan bahan pembersih yang sesuai. Kamu bisa menggunakan isopropil alkohol untuk menyeka mesin dengan lembut. Kamu juga bisa menggunakan tisu anti bakteri saat membersihkan, namun periksa untuk memastikan bahwa alkohol adalah satu-satunya bahan yang digunakan.

  • Semprotkan bahan pembersih ke kain/kain yang tidak berbulu, lalu seka permukaannya.

  • Kain/kain perca harus dibuang setelah sekali digunakan.

  • Gunakan pembersih kaca hanya pada permukaan kaca pelat dan lap dengan kain yang tidak berbulu.

  • Tunggu hingga permukaannya kering sebelum menyambungkan kembali perangkat.

Dalam cleaning printer bagian luar, kamu harus pastikan untuk menghindari hal-hal berikut:

  • Jangan gunakan produk pembersih umum yang mengandung pemutih, amonia, atau pelarut pembersih keras lainnya karena dapat mengubah warna permukaan layar sentuh dan merusak printer, mesin fotokopi, atau perangkat multifungsi (MFD).

  • Hindari penggunaan tisu basah dan produk konsumen lainnya yang mengandung bahan selain alkohol yang dapat merusak mesin

  • Jangan menyemprotkan bahan pembersih langsung ke layar, permukaan, atau komponen perangkat, karena cairan yang masuk ke dalam perangkat dapat merusak komponen internal.

  • Secara umum, saat membersihkan perangkat elektronik, jangan sekali-kali menggunakan kain yang sangat lembap atau tisu desinfektan untuk membersihkan perangkat. Jika Anda memiliki lap yang sangat lembap, mungkin perlu diperas untuk menghilangkan sebagian cairan berlebih sebelum digunakan agar tidak ada yang menetes atau bocor ke dalam mesin.

  • Jangan biarkan cairan apa pun menggenang di area yang sedang dibersihkan selama lebih dari beberapa detik.

  • Jangan sekali-kali menggunakan tisu atau kain kasar untuk mengeringkan kaca atau layar perangkat Anda, karena dapat menyebabkan goresan pada permukaannya.

Jadi, itu tadi ya cara cleaning printer paling mudah dan bisa dilakukan di semua merk printer. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar