3 Cara Daftar Alamat di Google Maps, Super Mudah

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Rabu, 26 Juni 2024 14:56
3 Cara Daftar Alamat di Google Maps, Super Mudah
Google Maps menjadi salah satu aplikasi navigasi yang banyak orang gunakan. Tidak cuma itu, kamu juga bisa melihat profil dan bisnis tertentu di Maps.

Banyak orang yang masih bingung tentang cara untuk mendaftarkan alamat di Google Maps Padahal kita semua tahu bahwa Google menjadi salah satu raksasa teknologi ternama di dunia. Berbagai produk dan aplikasi Google membantu banyak orang di seluruh dunia dalam beraktivitas.

Seperti halnya search engine Google yang bisa membantumu mencari banyak hal di internet, layanan email bernama Gmail, browser bernama Chrome, hingga aplikasi navigasi bernama Maps. Banyak orang terbantu akan adanya Google Maps ini. Ke mana-mana jadi tidak takut nyasar karena kamu bisa mengetahui lokasi dengan Google Maps.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat rating sebuah bisnis beserta profilnya di Google Maps. Tidak ketinggalan kamu juga bisa mendaftarkan alamat baru di Google Maps. Gak percaya? Berikut ini adalah cara daftar alamat di Google Maps?

1 dari 4 halaman

Keuntungan Mendaftarkan Alamat di Google Maps

cara daftar google maps© shutterstock.com

Sebelum kita membahas lebih jauh, perlu untuk kamu mengetahui beberapa keuntungan mendaftarkan alamat di Google Maps. Tidak hanya alamat tersebut bakal mudah dicari, memasukkannya ke dalam Google Maps juga bagus untuk usaha atau bisnis. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam mendaftarkan alamat di Google Maps.

1. Navigasi yang Lebih Baik: Google Maps dapat memberikan petunjuk arah yang lebih akurat dan efisien ke alamat yang terdaftar.

2. Pembaruan Informasi: Kamu dapat memperbarui informasi kapan saja, memastikan data selalu update atau terbaru.

3. Partisipasi dalam Komunitas: Berkontribusi pada peta digital membantu komunitas mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan akurat.

4. Memudahkan Teman dan Keluarga: Jika kamu mendaftarkan alamat rumah atau tempat penting, teman dan keluarga dapat dengan mudah menemukan lokasi tersebut.

5. Peningkatan Akurasi Peta: Menambahkan alamat baru membantu meningkatkan akurasi peta untuk semua pengguna.

6. Penggunaan untuk Perjalanan: Alamat yang terdaftar memudahkan perencanaan perjalanan dan navigasi menggunakan Google Maps.

7. Meningkatkan Visibilitas Online: Bisnis atau usahamu akan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan yang mencari produk atau layanan yang kamu tawarkan.

8. Aksesibilitas dan Kemudahan: Pelanggan dapat dengan mudah menemukan lokasi bisnismu, mendapatkan petunjuk arah, dan juga bisa menghubungimu secara langsung.

9. Informasi Lengkap: Kamu dapat menampilkan informasi penting seperti jam operasional, nomor telepon, situs web, dan foto usaha.

10. Review Pelanggan: Pelanggan dapat meninggalkan ulasan dan rating, yang dapat meningkatkan reputasi usaha milikmu.

11. Promosi Gratis: Mendaftarkan bisnis di Google Maps adalah cara promosi gratis yang efektif. Bisnismu dapat muncul dalam pencarian lokal tanpa biaya tambahan.

12. Integrasi dengan Google My Business: Kamu dapat mengelola profil bisnis melalui Google My Business, mengakses analitik, dan menjalankan iklan lokal.

2 dari 4 halaman

cara daftar google maps© shutterstock.com

Cara Daftar Alamat di Google Maps via PC

Kamu bisa mendaftarkan alamat di Google di berbagai device, baik itu lewat PC maupun hanya bermodalkan HP. Berikut ini adalah tata cara daftar alamat di Google Maps:

1. Pertama-tama, buka situs Google Maps. Atau, jika kamu menggunakan Google Chrome, klik ikon sembilan titik yang berada di pojok kanan atas.

2. Kemudian, klik ikon tiga baris horizontal di pojok kiri atas.

3. Lalu, klik Tambahkan Tempat yang nantinya akan muncul sebuah jendela pop up.

4. Setelah itu, isi data dari tempat atau alamat yang akan kamu daftarkan. Seperti nama tempat, alamat, kategori, website, nomor telepon, dan juga gambarnya.

5. Tempatkan pointer sesuai dengan alamat yang akan kamu daftarkan.

6. Jika sudah, maka klik Submit.

7. Kemudian, buka akun Gmail kamu. Nantinya, data dari tempat atau lokasi yang kamu tambahkan akan masuk ke Gmail.

8. Nanti Google akan meninjau alamat tersebut. Butuh beberapa hari atau minggu hingga Google selesai meninjau alamat tersebut.

3 dari 4 halaman

cara daftar google maps© shutterstock.com

Cara Daftar Alamat di Google Maps via HP

Seperti disebutkan sebelumnya, tidak hanya device PC yang bisa kamu gunakan untuk mendaftarkan alamat di Google Maps. Kamu juga bisa menggunakan HP lho. Berikut ini adalah cara daftar alamat di Google Maps dengan menggunakan HP:

1. Pertama-tama, buka aplikasi Google Maps di HP. Jika belum ada, kamu bisa download terlebih dahulu di Play Store atau App Store.

2. Setelah kamu buka, arahkan pointer pada lokasi atau alamat yang ingin kamu daftarkan.

3. Di menu yang muncul, klik opsi Tambah Tempat atau Add a missing place.

4. Masukkan informasi yang diperlukan seperti nama tempat, alamat, kategori, nomor telepon, dan gambar sekalipun.

5. Setelah semua informasi yang dibutuhkan telah diisi, klik Kirim atau Send.

6. Nanti Google akan meninjau alamat tersebut. Butuh beberapa hari atau minggu hingga Google selesai meninjau alamat tersebut.

4 dari 4 halaman

cara daftar google maps© shutterstock.com

Cara Daftar Alamat di Google Maps via Google My Business

Kamu juga bisa mendaftarkan alamat atau lokasi di Google Maps via layanan Google My Business. Google My Business merupakan tempat di mana kamu bisa mendaftarkan bisnis atau usaha agar nantinya muncul di Google Maps. nantinya bisnismu juga bisa menerima rating hingga komentar dari orang-orang. Berikut ini caranya:

1. Kunjungi situs Google My Business.

2. Masuk dengan akun Google milikmu atau buat akun baru jika belum punya.

3. Klik opsi Kelola Sekarang atau Manage now dan ikuti petunjuk untuk menambahkan bisnis baru.

4. Nantinya kamu mungkin perlu melakukan verifikasi melalui pos, telepon, atau email.

Itulah cara mendaftarkan alamat di Google Maps. Jadi, terjawab sudah kalau kamu bisa mendaftarkan alamat rumah atau bisnis di Google Maps. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar