Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode di Google Chrome, Auto Bikin Mata Tetap Sehat

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Selasa, 30 Juli 2024 17:15
Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode di Google Chrome, Auto Bikin Mata Tetap Sehat
Di zaman sekarang, banyak orang yang lebih nyaman menatap layar dengan dark mode atau mode gelap. Kamu juga bisa mengaktifkan dark mode di Chrome lho.

Cara mengaktifkan dark mode di Google Chrome itu gampang banget lho. Orang-orang di zaman sekarang hampir semua aktivitasnya berkaitan dengan yang namanya layar, baik itu layar HP maupun laptop. Aktivitas yang dilakukan pun bermacam-macam saat menatap layar tersebut, bisa karena bekerja, belanja online, atau hanya scroll-scroll media sosial.

Tetapi, menatap layar gadget secara terus-menerus atau dalam waktu lama nyatanya tidak baik untuk kesehatan mata lho. Maka dari itu, beberapa gadget memiliki fitur tersendiri agar mata kita bisa tetap sehat meskipun harus menatap layar dalam waktu lama.

Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan adalah dark mode atau mode gelap. Dark mode ini berfungsi untuk membuat tampilan aplikasi atau layar bakal cenderung lebih gelap atau hitam. Fitur ini cocok untuk kamu yang sering menatap layar di keadaan ruangan gelap.

Browser Google Chrome juga memiliki fitur ini lho. Cara mengaktifkannya juga terbilang gampang banget. Berikut ini adalah tata cara mengaktifkan dark mode di Google Chrome.

1 dari 4 halaman

Apa itu Dark Mode?

cara dark mode chrome© shutterstock.com

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengaktifkan dark mode di Google Chrome, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu dark mode. Dark mode adalah tampilan antarmuka pengguna (UI) dengan skema warna gelap, biasanya dengan latar belakang hitam atau abu-abu gelap dan teks berwarna terang. Dark mode telah menjadi populer di banyak aplikasi, sistem operasi, dan situs web karena berbagai alasan.

Untuk sejarahnya, dark mode pertama kali muncul untuk para pengguna komputer. Pada awal penggunaan komputer, para pengguna sering kali menggunakan latar belakang gelap (hitam) dengan teks berwarna terang (hijau atau kuning) karena keterbatasan teknologi tampilan CRT (Cathode Ray Tube). Ini adalah contoh awal dari dark mode, meskipun saat itu bukan karena preferensi estetika tetapi karena keterbatasan teknis.

2 dari 4 halaman

Kelebihan Dark Mode

cara dark mode chrome© shutterstock.com

Ada beberapa alasan mengapa dark mode sering digunakan orang-orang dalam berbagai gadget. Salah satunya tentu untuk menjaga kesehatan mata Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan dark mode pada layar gadget:

Mengurangi Ketegangan Mata

Dark mode membantu mengurangi ketegangan mata, terutama saat menggunakan gadget dalam kondisi pencahayaan rendah. Layar dengan latar belakang gelap dan teks terang lebih nyaman bagi mata di malam hari atau di ruangan yang redup.

Menghemat Baterai

Pada perangkat dengan layar OLED atau AMOLED, dark mode dapat menghemat daya baterai. Layar OLED mengonsumsi lebih sedikit daya saat menampilkan warna gelap karena piksel gelap tidak memancarkan cahaya.

Mengurangi Paparan Cahaya Biru

Dark mode mengurangi jumlah cahaya biru yang dipancarkan oleh layar. Cahaya biru berlebihan dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan ketegangan mata digital.

Meningkatkan Kontras dan Keterbacaan

Mode gelap seringkali meningkatkan kontras antara teks dan latar belakang, membuat teks lebih mudah dibaca bagi sebagian orang, terutama mereka yang memiliki masalah penglihatan.

Estetika dan Preferensi Pribadi

Banyak pengguna lebih menyukai tampilan estetika dark mode. Mode ini memberikan tampilan yang lebih modern dan elegan bagi beberapa aplikasi dan antarmuka pengguna.

Mengurangi Silau

Dark mode atau mode gelap mampu mengurangi silau pada layar, yang bisa menjadi masalah saat menggunakan perangkat di ruangan yang gelap atau minim pencahayaan.

Performa yang Lebih Baik di Beberapa Kondisi

Di lingkungan dengan cahaya rendah, dark mode dapat membantu pengguna fokus lebih baik pada konten yang ditampilkan di layar tanpa terganggu oleh cahaya latar yang terang.

3 dari 4 halaman

Kekurangan Dark Mode

cara dark mode chrome© shutterstock.com

Jika ada kelebihan, maka ada kekurangan. Walaupun fitur dark mode dibuat untuk memudahkan aktivitas dalam penggunaaan gadget, nyatanya mode satu ini juga punya kekurangan. berikut ini adalah beberapa kekurangan dari dark mode:

Mengurangi Keterbacaan di Kondisi Terang

Dalam kondisi pencahayaan terang, dark mode dapat mengurangi keterbacaan teks karena kontras antara teks terang dan latar belakang gelap tidak seefektif latar belakang terang dan teks gelap.

Tidak Cocok untuk Semua Konten

Dark mode mungkin tidak ideal untuk semua jenis konten, terutama yang memiliki banyak teks panjang. Membaca teks panjang di dark mode bisa membuat mata cepat lelah.

Pengalaman Visual yang Tidak Konsisten

Tidak semua aplikasi dan situs web mendukung dark mode dengan baik. Ini bisa menyebabkan pengalaman visual yang tidak konsisten saat berpindah antara aplikasi atau situs web yang berbeda.

Teks Kecil Susah Dibaca

Teks yang sangat kecil atau halus bisa sulit dibaca di dark mode karena kontras yang tidak cukup tinggi antara teks dan latar belakang.

Adaptasi Mata

Mata kita cenderung beradaptasi dengan cepat terhadap pencahayaan lingkungan. Berpindah dari dark mode ke mode terang, atau sebaliknya, bisa memerlukan waktu adaptasi mata yang lebih lama, menyebabkan rasa tidak nyaman untuk sementara waktu.

4 dari 4 halaman

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Google Chrome

cara dark mode chrome© shutterstock.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah tampilan Google Chrome menjadi dark mode. Berikut ini adalah cara mengaktifkan dark mode di Google Chrome:

1. Buka browser Google Chrome di laptop.

2. Klik ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas.

3. Klik Settings.

4. Klik Appearance.

5. Pada kolom Mode, pilih Dark.

Sudah tahu kan cara mengaktifkan dark mode di Google Chrome? Gampang banget bukan? Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar