Tata Cara Mengaktifkan Deep Sleep Pada Aplikasi di HP Samsung, Auto Hemat Baterai deh

Reporter : Yoyok
Jumat, 19 Juli 2024 18:16
Tata Cara Mengaktifkan Deep Sleep Pada Aplikasi di HP Samsung, Auto Hemat Baterai deh
Buat kamu yang ingin menghemat baterai di HP Samsung, ada cara khusus nih. Salah satu fitur yang bisa kamu manfaatkan adalah deep sleep.

Banyak yang ingin tahu cara mengaktifkan fitur Deep Sleep di aplikasi pada HP Samsung biar bisa hemat baterai. Kita semua tahu bahwa Samsung telah menjadi salah satu perusahaan teknologi ternama yang berasal dari Korea Selatan. Berbagai produk rumahan seperti televisi, kulkas, hingga kipas angin sekalipun Samsung hadirkan.

Salah satu produk andalan dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut adalah HP atau smartphone. HP Samsung terbilang nomor satu saat ini untuk pasar Android. Bahkan, tidak seidkit yang bilang kalau HP Samsung sudah setara dengan iPhone yang sudah teruji kualitasnya.

Ada beberapa fitur di Samsung yang mencuri perhatian publik. Salah satu fitur andalan Samsung adalah Deep Sleep. Apa sih fitur deep sleep itu? Lalu, bagaimana cara mengaktifkan atau menggunakan aplikasi deep sleep di HP Samsung? Yuk kita bahas Diazens.

1 dari 4 halaman

Apa Itu Fitur Deep Sleep?

cara deep sleep aplikasi samsung© shutterstock.com

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengaktifkannya, lebih baik kita kenalan dulu dengan fitur Deep Sleep tersebut. Fitur Deep Sleep yang ada di HP Samsung merupakan bagian dari manajemen baterai yang nantinya memungkinkan pengguna untuk mengatur aplikasi tertentu agar tidak berjalan di latar belakang atau background.

Fitur deep sleep merupakan mode yang ada pada perangkat elektronik seperti HP, tablet, atau laptop, yang dirancang untuk menghemat energi dengan mematikan atau mengurangi aktivitas sebagian besar komponen perangkat saat tidak digunakan untuk waktu tertentu.

Dalam mode ini, perangkat akan berada dalam kondisi daya rendah, sehingga memperpanjang masa pakai baterai. Namun, kekurangannya adalah beberapa aplikasi nantinya tidak akan berjalan dengan baik.

2 dari 4 halaman

Kelebihan Fitur Deep Sleep

cara deep sleep aplikasi samsung© shutterstock.com

Fitur deep sleep memberikan banyak manfaat pada HP. berikut ini adalah beberapa kelebihan fitur deep sleep yang perlu kamu ketahui.

Hemat Baterai

Deep sleep membantu mengurangi konsumsi daya dengan meminimalkan aktivitas aplikasi yang tidak diperlukan saat perangkat tidak digunakan. Ini memperpanjang masa pakai baterai dan mengurangi kebutuhan untuk sering mengisi daya.

Performa HP Jadi Meningkat

Dengan membatasi aktivitas aplikasi di latar belakang, deep sleep dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan. Ini mengurangi beban pada prosesor dan RAM, sehingga perangkat dapat berjalan lebih lancar.

Manajemen Aplikasi Jadi Lebih Baik

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola aplikasi mana yang diizinkan berjalan di latar belakang dan mana yang harus masuk ke mode deep sleep. Ini memberikan kontrol lebih besar atas penggunaan daya dan kinerja perangkat.

Privasi dan Data Makin Aman

Dengan membatasi aktivitas aplikasi di latar belakang, deep sleep dapat membantu mencegah aplikasi mengakses data atau mengirim notifikasi tanpa sepengetahuan pengguna. Ini meningkatkan privasi dan keamanan data.

Tidak Gampang Panas

Mengurangi aktivitas latar belakang berarti perangkat tidak bekerja terlalu keras, yang dapat membantu mengurangi panas berlebih dan menjaga suhu perangkat tetap stabil.

Notifikasi Jadi Lebih Selektif

Aplikasi dalam mode deep sleep tidak akan mengirim notifikasi sampai dibuka kembali, sehingga pengguna hanya menerima notifikasi dari aplikasi yang aktif. Ini bisa membantu mengurangi gangguan dan membuat pengguna lebih fokus.

Lebih Hemat Kuota

Dengan membatasi aktivitas aplikasi di latar belakang, deep sleep juga membantu menghemat penggunaan data seluler, terutama untuk aplikasi yang sering menyegarkan konten atau mengunduh data di latar belakang.

3 dari 4 halaman

Kekurangan Fitur Deep Sleep

cara deep sleep aplikasi samsung© shutterstock.com

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, begitu pula dengan fitur Deep Sleep. Kita sudah mengetahui beberapa kelebihan dari fitur deep sleep, sekarang kita bahas tentang kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari fitur deep Sleep.

Notifikasi Tidak Muncul

Aplikasi yang dimasukkan ke dalam mode deep sleep tidak akan menerima notifikasi hingga dibuka kembali, sehingga kamu mungkin melewatkan pesan atau pemberitahuan penting.

Update Jadi Pending

Aplikasi tidak akan update secara otomatis dalam mode deep sleep, yang berarti kamu mungkin menggunakan versi yang tidak terbaru hingga aplikasi dibuka kembali.

Fungsi Background Terbatas

Aplikasi yang berada dalam mode deep sleep tidak dapat menjalankan tugas-tugas latar belakang atau background, yang bisa mempengaruhi fungsi tertentu seperti sinkronisasi data atau tugas yang berjalan secara otomatis.

Pengaturan Ulang yang Merepotkan

Pengguna mungkin perlu mengelola ulang daftar aplikasi deep sleep secara berkala, yang bisa merepotkan jika ada banyak aplikasi yang perlu diatur.

4 dari 4 halaman

Cara Mengaktifkan Deep Sleep di Aplikasi Pada HP Samsung

cara deep sleep aplikasi samsung© shutterstock.com

Sekarang kita masuk ke " menu" utama. Berikut ini adalah tata cara mengaktifkan fitur deep sleep pada aplikasi di HP Samsung:

1. Buka menu Settings atau pengaturan di HP Samsung milikmu.

2. Scroll ke bawah lalu pilih opsi Device Care atau pemeliharaan Perangkat.

3. Klik opsi Baterai untuk melihat informasi dan pengaturan terkait penggunaan baterai.

4. Klik opsi Deep Sleep Mode. nantinya kamu akan melihat sederet aplikasi yang sedang berada dalam mode deep sleep.

5. Klik tombol Add apps di bagian bawah layar HP.

6. Pilih aplikasi yang ingin kamu tambahkan dalam daftar mode deep sleep.

Itulah langkah-langkah atau cara mengaktifkan fitur deep sleep pada aplikasi di HP Samsung. Kalau sudah begini, HP Samsung m,ilikmu jadi lebih hemat baterai deh.

Beri Komentar